Mempunyai Cita Satu Keharusan

Mempunyai cita-cita adalah suatu keharusan. Dengan cita-cita maka seseorang akan mempunyai arah dan sasaran kehidupan. Karenanya buatlah cita-cita setinggi mungkin yang mampu kita capai. Maka cita-cita ibarat satu titik yang berada sangat jauh di depan, dimana titik tersebut menjadi tujuan dari setiap langkah kita. Maka seharusnya satu titik itu akan menjadi semakin jelas semakin kita melangkah ke depan. Artinya semakin hari kita harus semakin bisa mendekati apa yang menjadi cita-cita kita. Dan memang hal itu adalah hal yang tidak mudah butuh kerja keras untuk mewujudkannya. Butuh langkah yang sistematis untuk mencapai cita-cita.

Buatlah untuk mencapai cita-cita itu rencana-rencana, dari rencana mingguan,bulanan, dan tahunan.Hendaklah kita focus pada hal yang menjadi cita kita. Banyak sekali hal yang akan kita temui dalam kehidupan dan terkadang hal-hal itu kemudian membuat kita berpaling dari cita-cita awal kita. Jika kemudian keberpalingan kita itu adalah perubahan yang sangat bertolak belakang dari cita awal kita maka kita pasti harus merencanakan ulang semua langkah kita menuju cita.

Cita2 sangat perlu karena tanpa cita maka hidup seseorang menjadi tidak focus. Dia akan sibuk dengan hal2 yang serba tidak terencana. Maka hidupnya adalah hidup yang serba kebetulan kejadian demi kejadian, semua di luar kontrolnya sama sekali. Maka akibatnya banyak waktu yang akan terbuang percuma karena dia tidak punya rencana jelas dengan segala aktivitasnya . Dalam keadaan demikian maka kita terkadang menjadi sibuk melihat kepada orang lain. Jika bawahan kita sibuk menilai apa dan bagaimana pimpinan kita, jika kita bertetangga kita menjadi sibuk melihat apa dan bagaimana tetangga kita, jika kita berorganisasi kita tidak sibuk bagaimana agar organisasi kita menjadi cemerlang namun justru selalu mencari apa kesalahan teman2 kita. Seharusnya kita cukup focus saja pada apa tujuan kita dalam hal apa pun karena jika itu yang kita lakukan maka kita tidak akan punya kesempatan untuk melihat lagi kepada orang lain, kekurangan orang lain.


Fokus harus terus kita lakukan sampai apa yang menjadi tujuan hidup kita tercapai. Dengan demikian kita akan menjadi damai karena mencapai tujuan hidup adalah kebahagiaan tersendiri untuk hati semua manusia.