PERJALANAN MENUJU MAHAKAM ULU SANGAT MENYENANGKAN

Perjalanan ke Kabupaten Mahakam Ulu sangat menyenangkan. Suasana perjalananlah yang membuat semuanya menjadi menyenangkan. Bayangkanlah kita berada di atas satu speedboot dengan penumpang sebanyak 13 orang dan dengan di iringi oleh deburan ombak speed boot, angin yang kencang menerpa wajah, dan suasana pemandangan alami hijau menyegarkan sepanjang perjalanan menuju ibu kota mahulu yakni Ujoh Bilang. Di sanalah letak menyenangkannya, suasana alami sepanjang jalan menjadikan otak kita akan fresh kembali dengan satu syarat bahwa kita menikmati perjalanan(karena bila tidak justru yang akan kita dapatkan hanya strees semata, karena takut dan lelah).

Taksi air ke Mahakam Ulu
Memang perjalanan ke Mahakam Ulu sangat panjang dan melelahkan. Bayangkan untuk menuju Mahakam Ulu di Propinsi Kalimantan Timur kita harus menempuh perjalanan selama 13 jam dari Kota Samarinda ibu kota Kalimantan Timur.Perjalanan itu harus di tempuh dengan melalui jalan darat yang tidak mulus, banyak berlubang sekali pun pemandangan sepanjang jalan juga sangat indah antara Samarinda, melalui tenggarong, Barong Tongkok di Kutai Barat dan pada akhirnya Tering di mana speed boot menuju Mahakam Ulu berada. Speed boot ke Mahakam Ulu berangkat pertama sekitar pukul 08.00 sehingga jika kita ingin pas dan tidak ingin menginap di tering, berangkatlah sekitar pukul 8 atau 9 malam dari Samarinda. Jika kita berangkat pagi dari Samarinda, hampir pasti kita harus menginap di Tering. Di tering ini hanya ada penginapan penginapan kecil, berbeda dengan di Barong Tongkok yang berjarak sekitar 30 Km dari tering di mana di sana banyak terdapat hotel sebagai tempat transit yang nyaman sebelum melanjutkan perjalanan ke Mahakam Ulu, seperti di hotel Amar, hotel Sidodadi. Barulah pagi harinya kita bisa mencari travel meminta di antar ke Tering untuk melanjutkan perjalanan dengan speed boot.

Batu dinding

Perjalanan ke Mahakam Ulu berlangsung selama kurang lebih 5 jam, sehingga jika kita berangkat pukul 8 dari tering kita akan sampai kurang lebih pukul 1 siang di Ujoh Bilang dan kita masih akan sempat berurusan di sekolah atau di dinas dinas di ibu kota Mahakam ulu itu. Sepanjang jalan ke Mahakam Ulu kita bisa menjumpai pemandangan mengasikkan dari hutan menghijau sepanjang jalan, sungai Mahakam yang luas membentang dan penuh dengan aktivitas hilir mudik speed boot, kapal, perahu ketinting, nelayan pencari ikan, kampung kampung sepanjang sungai. Satu hal yang luar biasa ketika kita akan sampai di Ujoh Bilang yakni, kita akan menemui batu dinding yang lumayan lebar, yang sangat cocok menjadi obyek foto selfie. Jika nyali cukup besar kita bisa menjumpai riam riam deras yang sangat memancing adrenalin yakni riam panjang dan riam udang, selepas dari Ujoh Bilang dan Long Bagun jika kita mempunyai tujuan ke Long Pahangi dan Long Apari di hulu lagi dari Ujoh Bilang.

Untuk mencapai Ujoh Bilang biaya speed boot mencapai 300 rb s.d 350 rb dari Tering, sementara jika lanjut ke Long Pahangai biayanya bertambah sekitar 700 rb s.d 1 juta rupiah tergantung deras air dan jumlah penumpang yang di bawa. Penginapan di Mahakam Ulu cukup lumayan. Untuk penginapan penginapan kecil semacam Nur Janah dengan tarif cuma 100 ribuan, Yang lumayan besar Mariska dengan tariff sekitar 300 rb an sampai Hotel dengan kamar mandi di dalam dan ber Ac di hotel bintang 4 yang bertarif sekitar 650 rb.

Perjalanan ke Mahakam Ulu adalah perjalanan yang sangat menyenangkan, selama kita bisa menikmati. Dan dengan demikian kita laksana menjalani liburan di sela menjalankan kewajiban kita dalam dinas luar yang sedang kita laksanakan.