Perjalanan Ke Kutai Barat Selalu Mengesankan. Mungkinkah Air Laut Pernah Sampai Di sini

Perjalanan dinas luar ke Kab. Kutai Barat selalu menjadi perjalanan yang menyenangkan dan mengesankan sekalipun juga menjadi perjalanan yang sangat melelahkan. Bayangkan perjalanan harus di tempuh selama 8 jam dengan badan jalan yang banyak lubang di sepanjang perjalanan. Namun karena suasana yang demikian asri perjalanan akan menjadi terasa sangat asik.
                                               danau aco
Di Kutai Barat banyak terdapat obyek wisata yang sangat menarik di antaranya taman anggrek kersik luway, air terjun jantur gemuruh, jantur inar, jantur mapan, danau aco. Semua obyek wisata tersebut sangat menarik sehingga sangat patut untuk kita kunjungi. Kersik Luway misalnya dahulu sangat di kenal oleh banyak pecinta anggrek dari seluruh Indonesia, karena banyaknya jenis anggrek yang terdapat di sana, namun karena kebakaran yang berulang area di sana telah jauh menyusut demikian juga dengan jenis anggreknya. Dan untuk menikmatinya sudah tentu kita harus masuk kedalam areal semak belukar di dalam wilayah kersik itu karena di sanalah terdapat beraneka jenis anggreknya di sela sela tanaman perdu dan belukar. Air terjun di Kubar lumayan banyak, sekali pun umumnya tidak terlalu tinggi namun cukup akan dapat melegakan pikiran kita apabila kita mau sejenak menikmatinya.

Seandainya jalan jalan menuju obyek obyek wisata itu di sempurnakan dengan aspal sampai kepada lokasi niscaya semua obyek wisata itu akan ramai oleh kunjungan wisatawan, minimal wisatawan lokal yang ingin melepas penat sehabis seminggu larut dalam aktivitas pekerjaan, dan bukannya hanya ramai di waktu libur lebaran atau natalan. Jalan jalan yang perlu di sempurnakan pengaspalannya itu misalnya ke arah Kersik Luway dan Jantur gemuruh di wilayah sekolaq darat.
Kersik Luway Kutai Barat

Kersik Luway Kutai Barat
Taman Anggrek Kersik Luway
Kersik Luway Kutai Barat

Kutai barat mempunyai pasir yang berwarna putih. Ditambah dengan banyaknya jenis jenis pohon bakau menjadikan diri bertanya apakah dahulunya air laut pernah menjangkau dataran tinggi di Kutai Barat. Jika pernah bayangkan betapa tingginya air laut pernah mencapai ke wilayah ini mengingat kutai barat berada sangat jauh di pedalaman. Namun bila fenomena pole shift benar terjadi sangat mungkin Kalimantan dahulunya bukanlah berada di wilayahnya yang sekarang. Pole shift atau pergeseran lempeng lempeng bumi menjadikan lapisan bumi berpindah dari tempatnya. Dan hal itu tidak aneh setelah kita melihat dahsyatnya gempa palu dan likuifasi yang sempat terjadi di mana dataran berpindah sampai kiloan meter. Wallahu a'lam
air terjun jantur gemuruh kubar
Air Terjun Jantur Gemuruh
Air Terjun Jantur Inar

Air Terjun Jantur Mapan
kapal melak
                                      Km Motor Ke Kubar Mahulu