Pendidikan Ponpes Pun Bisa Gagal Membuat Anak Berkarakter

Anak adalah amanah yang harus dijaga dengan baik oleh orang tua. Maka mendidik anak di tempat tempat terbaik adalah satu keharusan dalam rangka mendapatkan hasil pendidikan terbaik.

Mendidik anak di pesantren sudah tentu dengan tujuan mendapatkan anak yang sholeh sholehah namun benar kata pimpinan ponpes Al Abqory tadi bahwa keberhasilan pendidikan anak tetap tergantung kepada anak sendiri tentang bagaimana motivasinya dalam belajar dan menuntut ilmu, bagaimana kecerdasannya dan bagaimana konsistensinya dalam menjalani semua. Tanpa ada semangat dari si anak pendidikan akan gagal. Barulah kemudian faktor guru/ustad di pesantren, faktor kurikulum dan segala hal dipesantren yang menentukan kesuksesan anak. Sekalipun pesantren sudah menyusun jadwal sedemikian padat, kitab kitab yang sedemikian lengkap tetap saja akan sia sia bila anak sendiri tidak sungguh sungguh dalam pendidikannya.

Mahad Al Abqory Serang Banten

Selain faktor di atas keberhasilan pendidikan anak juga di tentukan oleh faktor tidak langsung, salah satunya yakni faktor dukungan orang tua dan faktor kehalalan nafkah yang di pakai dalam pendidikan anak dipesantren. Tanpa keperdulian orang tua dengan pendidikan anak dalam artian kepasrahan orang tua tanpa lagi mau mengecek bagaimana progresnya. Ditambah dengan campuran nafkah tdk halal maka hampir dapat di pastikan pendidikan anak akan gagal sekalipun anak telah di titip di ponpes terbaik. Hal ini karena nafkah yang kurang baik akan berimbas pada beratnya anak menerima ilmu atau pada perilaku anak yang tidak baik sehingga menjadi bertolak belakang dengan upaya mendidik anak yang akan dilakukan ponpes dalam rangka memperbaiki akhlaknya. Wajar bila pihak ponpes mewanti wanti kami orang tua agar membiayai anak dengan harta yang benar benar hàlal.

Pendidikan adalah satu proses sangat panjang, tidak bisa instan. Pendidikan akan berlangsung sepanjang hayat maka siapa pun harus bersabar menjalani pendidikan yang tengah dijalaninya. Bila anak kita sudah masuk pondok kewajiban kita kemudian adalah mempercayakan sepenuhnya pendidikan kepada mereka para guru, ustadz ustadzah dan kyai di sana. Yang harus terus kita lakukan adalah mendoakan anak kita tanpa henti agar anak anak kita berhasil menggapai cita citanya. Berhasil menjadi anak yang sholeh sholehah. Aamiin