Mengelola Hidup Merencanakan Masa Depan

Mengikuti diklat di Bali menjadi pengalaman yang sangat berkesan. Perjalanan ke Bali telah memberikan kepada kami perbedaan pola pikir dan pandangan kepada makna hidup yang sesungguhnya. Sistem manajemen hidup versi Marwah Daud Ibrahim dengan Pelatihan Mengelola Hidup Merencanakan Masa Depan (MHMMD) telah memberikan sesuatu yang luar biasa. Bahwa bagaimana seseorang dapat mencapai kesuksesan dalam hidupnya maka yang terpenting adalah dengan membuat rencana sedetail mungkin dengan apa yang akan di capai dalam sejarah hidupnya selama kira-kira 70 tahun kehidupannya. Maka lihatlah apa yang telah kita lakukan selama ini dan apa yang akan kita tuju dalam kehidupan kita kedepan. Semua aspek harus terlibat menyangkut keseimbangan aspek spiritual dan kehidupan.

Manusia hendaknya mempunyai cita-cita yang focus dan tidak bersifat mengambang, misal cita 2 ingin menjadi makhluk yang berguna bagi bangsa dan Negara maka hal demikian sangat abstrak sifatnya. Alangkah lebih baik bila cita-cita ini di beri penajaman dengan misal menjadi manusia yang berguna bagi bangsa dan Negara dengan menjadi guru. Maka ketika seseorang sejak kecil telah mempunyai menjadi guru dia kemudian harus mempunyai langkah taktis dan strategis sejak dini untuk mewujudkan apa yang telah menjadi cita2 hidupnya tersebut. Karena keinginannya menjadi guru tersebut maka si anak harus teliti dan tekun belajar  selama 2 jam perhari di rumah, ketika SMA dia harus pula memilih mana jurusan yang harus dia pilih sesuai dengan jurusan yang akan dia ambil di bangku kuliah nantinya, apakah akan menjadi guru IPS  maka harus masuk jurusan IPS,apakah akan menjadi guru Biologi maka harus masuk ke jurusan IPA, atau menjadi guru teknik mesin maka dia harus masuk ke SMK jurusan mesin.

Demikianlah dia harus mampu menjabarkan titik sasaran dari cita-citanya dan bagaimana langkah dia menuju titik sasaran tadi. Agar lebih teratur dan terencana dengan baik maka sangat perlu membuat perencanaan yang bersifat harian, mingguan,bulanan dan tahunan. Dengan langkah yang sistematis maka langkah kita mencapai tujuan akan menjadi lebih mudah.


Mengelola Hidup Merencanakan Masa Depan menjadi salah satu metode yang sangat penting demi penguatan karakter bangsa. Kenyataan membuktikan bahwa dengan anugerah waktu yang sama 24 jam ada seseorang yang mampu mengelola Negara dengan menjadi seorang presiden, namun ada pula yang dengan 24 jam untuk mengelola dirinyapun dia tidak sanggup. Hal ini karena kita memang tidak didik dan di biasakan berencana atau membuat perencanaan dengan hidup kita sejak dini. Maka Mengelola Hidup Merencanakan Masa Depan menjadi salah satu metode terbaik untuk memberi bekal kepada siapa pun yang mau belajar darinya untuk merencanakan hidupnya sehingga kedepan dia akan mampu mengelola hidupnya dengan lebih baik lagi