DI HIASKAN SYAHWAT KEPADA HARTA TAHTA WANITA

[3:14] Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).

Telah di hiaskan kepada manusia kecintaan:
Kepada wanita
Kepada anak anak
Kepada harta
Kepada ternak dan sawah ladang

Maka kepada hal hal tersebut di ataslah salah satunya hati manusia akan sangat condong. Bila  manusia terlalai karena kecintaan yang berlebihan maka akan bisa jatuhlah kedudukan manusia. Sebanyak dan seberat apapun tarikan terhadap hal hal tersebut di atas manusia harus mampu menghadapinya.


Dijaman modern saat ini kecintaan kepada beberapa hal di atas sangat mudah sekali untuk hadir di dalam hati manusia. Terkadang kecintaan itu tumbuh begitu saja bukan kepada seharusnya, kepada teman, kepada istri tetangga, kepada harta tetangga, kepada tanah tetangga, kepada ternak tetangga. Akibatnya sangat berbahaya, perkelahian karena perselingkuhan, karena perebutan tanah, karena saling ejek akibat iri dengki. Maka benar bahwa kepada Allah lah kembali semua makhluk NYA. Bahwa semua Cuma ujian semata, apakah semua akan melalaikan manusia kepada sang pencipta-NYA, ataukah manusia tetap dengan Kecintaan kepada sang pencipta-NYA.