Cara Membuat Blog di Blogspot

Oleh Rudi Purwanto
Membuat blog di blogspot sangat mudah karena memang di blogspot sudah sangat banyak fasilitas tersedia untuk kita memulai ngeblog.
1.     Pertama carilah kata bloger, gampangnya ke sini aja langsung belajar : CaraMembuat Blog di Blogspot
2.     Kemudian dalam membuat blog ada beberapa hal yang harus di perhatikan:
a.     Buatlah Nama Blog yang bagus, sekiranya dengan nama tersebut blog kita akan muncul di banyak tempat di google. Misalnya untuk kata-kata pendidikan kita bisa buat http://Infopendidikansdsmpsmasmk.blogspot.com,  Perlu di ingat bahwa nama-nama bagus seperti tersebut di atas biasanya sudah ada pemiliknya, jadi carilah terus nama yang bagus sampai bertemu.
b.     Jika sudah mendapat nama yang bagus maka buatlah lagi judul blog yang bagus sebagai HEADER, misal jika tadi kita sudah mendapat nama http://servis-motor.blogspot.com buatlah judul SERVIS MOTOR, maka dengan demikian blog kita akan berpeluang masuk ke Google dengan kata kunci tersebut.
c.      Kemudian Jika sudah membuat nama blog dan judul blog yang bagus, selanjutnya untuk semakin membuat blog kita bagus di google, buatlah judul dan posting yang bagus. Judul posting harus sebagus mungkin dan berhubungan dengan isi posting. Jangan membuat judul posting yang panjang dan tidak berhubungan dengan isi. Judul cukup dengan 2 atau 3 kata, tidak perlu membuat sampai 10 an kata sebagai judul posting. Misal “usaha sampingan online”, atau “bisnis online”, tidak perlu membuat judul “usaha online sangat bagus untuk mendapatkan pendapatan sampingan di luar pekerjaan resmi”(ha...ha...ha..memang reporter TV). Lalu untuk posting buatlah posting yang banyak memuat kata kunci, terutama di awal posting dan di akhir posting karena kadang-kadang google suka mengeindeks awal dan akhir posting.
d.     Jangan lupa menuliskan label.
Banyak yang malas menulis label posting. Label posting adalah sesuatu yang juga sangat mungkin masuk ke google. Maka untuk posting bertema pendidikan dan sertifikasi misalnya buatlah label seperti sertifikasi, sertifikasi guru, sertifikasi pengawas, sertifikasi dalam jabatan, syarat sertifikasi, dll. Dengan kata kunci itu maka ada sangat peluang sangat besar untuk memunculkan blog kita di google.
  
Meninggikan blog di Google sangat penting karena dengan tingginya blog kita di google seperti berada di halaman 1 maka semakin banyak yang akan melihat dan semakin banyak yang belajar dari blog kita. Karenanya juga sebisa mungkin jangan mengcopy  paste tulisan dari blog lain, karena tulisan copy paste tidak akan mengangkat blog kita di google bahkan akan menjatuhkannya.
Mempunyai blog sangat penting, untuk aktualisasi diri kita, dan berbagai keperluan seperti meramaikan bisnis, memperbanyak sahabat, memperbanyak jaringan dan yang pasti menebar ilmu memperbanyak amal jariyah sebagai sebuah tabungan untuk di akhirat nanti.