KIAMAT SUDAH DEKAT

KIAMAT SUDAH DEKAT
Aku sangat heran dengan temanku yang namanya Deni itu. Deni itu sarjana, dia itu PNS tapi kenapa sangat percaya dengan ramalan. Berulangkali dia membawa berita tentang peristiwa-peristiwa yang akan terjadi pada masa mendatang. Waktu kedatangan Imam Mahdi, waktu kedatangan Dajjal, waktu kedatangan Nabi Isa, waktu perang akhir jaman, adalah hal-hal menyangkut masa depan yang sangat kerap dia bicarakan. Sepertinya dia itu menguasai banget yang namanya masa akhir jaman dan tanda-tandanya. Katanya sih dia sudah membaca puluhan buku dan ratusan artikel seputar kiamat.
“ Eh, kawan-kawan, tahu tidak, Kiamat sudah sangat dekat lho.” Kata Deni pagi itu. Seperti biasa dia bicara dengan mimic wajah sangat serius. Kami sudah hapal dengan apa yang akan di bicarakannya.“Iya, Imam Mahdi akan datang 2015 lho, lalu akan di susul Dajjal dan Nabi Isa, semuanya terjadi dalam 9 tahun begitu kemunculan yang pertama. Menurut informasi di bukunya Jabar Balousi begitu.”Deni menyambunng pembicaraan masih dengan wajah serius.
“ Wah, aku mesti siap-siap nih, Den. Kalau kiamat sudah dekat berarti aku mesti lebih banyak lagi beribadah.” kataku dengan sekenanya. Aneh juga tapi, ibadah kan mesti di lakukan, mau kiamat besok atau lusa atau seribu tahun lagi. Temanku yang sedang menulis menoleh kearahku seolah mendengar apa yang ku batinkan,” tahu sendiri tuh, kata mereka.”
“ Kemarin kalian dengar tidak tentang suara berisik mirip terompet yang terdengar di banyak Negara, jangan-jangan itu terompet malaikat Israfil yang mulai di siapkan untuk di tiup. Bukankah katanya terompet itu akan di tiup 3 kali, pertama untuk mengejutkan, kedua untuk mematikan dan ketiga untuk membangkitkan kembali.” Kami aneh dengan pembicaraannya kali ini. Tapi setelah googling sebentar dengan HP bututku ternyata memang benar di awal 2012 lalu pernah terdengar suara berisik dari langit dan terdengar di banyak Negara.
**********
Dewasa ini dunia tengah berada pada kondisi di mana suasana sangat penuh dengan gejolak . Suasana demikian utamanya  dapat kita lihat di daerah Timur Tengah . Negara Negara di Timur Tengah yang semula mengalami masa kediktatoran satu persatu telah tumbang dan mengalami pergantian rezim. Di awali tumbangnya Ben Ali dari Tunisia, lalu disusul Husni Mubarak di Mesir, Moamar Khadafi dari Libya, presiden Yaman. Suasana yang demikian penuh dengan konflik itu nyatanya masih terus terjadi dari waktu ke waktu. Mesir masih terus bergejolak, Libya, Yaman, artinya sebenarnya revolusi memang belum selesai,masih terus bergerak dan mencari bentuk system  baru dan mungkin juga orang baru.
Situasi yang tidak menentu di daerah Timur Tengah nyatanya bukanlah satu satunya sumber konflik yang tengah terjadi di dunia dewasa ini. Dunia juga tengah menyaksikan konflik-konflik baru yang terjadi di wilayah Afrika seperti di Somalia, di Mali, di Nigeria , di Sudan, di Afghanistan, di Pakistan, Burma, dan banyak lagi yang lain. Berita perang Suriah juga sangat santer terdengar. Peperangan antara Bashar Asad yang ingin mempertahankan posisinya dengan pihak oposisi yang bermaksud menggulingkan kekuasaannya menjadi peperangan yang sangat mematikan. Perang ini juga bisa berubah menjadi perang global jika semua pihak tidak menahan diri. Sekeliling Suriah sudah terlihat mulai turut bergejolak, Israel, Libanon, Turki, Iraq, Iran, Yordania dan Palestina.
Denilah yang bersemangat membahas berbagai perkembangan di Timur Tengah sana. Dia makin yakin bahwa masa akhir jaman sudah sangat dekat, dan akan di dahului dengan datangnya Imam Mahdi. Dia bilang dunia kondisi sekarang semua mengarah kepada timbulnya chaos. Dia juga bilang ke depan akan semakin banyak peperangan antar Negara, dan bahkan perang dunia ke tiga juga bisa jadi segera terjadi
Aku sebenarnya agak terpengaruh juga dengan ucapan-ucapan Deni. Memang keadaan dunia dewasa ini sudah demikian kacau. Perang, kerusuhan, bencana yang silih berganti seperti tanah longsor, banjir, tsunami, wabah penyakit, kekeringan. Korban sekali tsunami bahkan bisa mencapai ratusan ribu orang, sungguh mengerikan. Aku jadi membayangkan bagaimana jika perang nuklir benar-benar terjadi, karena menurut yang aku pernah dengan 1/6 nuklir Rusia saja sudah akan cukup untuk memusnahkan bumi dan segala isinya, apalagi jika nuklir Rusia, Cina, AS, Perancis, Inggris di gabunngkan dan di ledakkan secara bersamaan, mungkin bumi ini hanya tinggal secuil puing dan debu-debu yang berserakan.
**********
Satu malam kami asik ngobrol seperti biasa. Kali ini kami bercanda tentang banyak hal, tapi dasar Deni, kembali dia bicara banyak hal tentang kiamat. Rupanya pembicaraannya di dengar oleh seseorang di belakang mejanya.
“ Maaf, Mas, Kiamat tidak ada yang tahu.” Kata Bapak yang berada di belakang Deni setelah Deni berbicara panjang lebar. “ Benar, mungkin kiamat sudah sangat dekat, tapi untuk waktu tepatnya kan tidak ada yang tahu. Jadi lebih baik kita pakai waktu untuk bersiap-siap menyambut kiamat yang sudah pasti untuk kita, yakni habisnya umur. Tentang kiamat itu dia adalah rahasia yang tidak siapa pun tahu.” Kata-kata bapak itu singkat namun sangat menusuk tepat ke jantung.
“ Iya, benar pak, tapi kiamat kan di dahului tanda-tanda. “
“ Nah justru itu masalahnya. Jika tanda kiamat besar belum ada pasti kiamat belum akan terjadi kan.”
“Tapi tanda-tanda kiamat kecilkan sudah terlihat semua, jadi mestinya tanda yang besar juga akan segera muncul kan.” Deni masih tetap ngotot dengan pendapatnya.
“Iya, tapi tanda-tanda itu tidak akan muncul dengan tiba-tiba tentunya. Pasti dia akan muncul satu demi satu, waktu demi waktu.”
Kami tetap diam, demikian juga dengan Deni, akhirnya dia juga terdiam. Dan akhirnya kami hanya diam-diaman sampai acara makan malam kami selesai
Setelah kejadian itu,Deni agak berubah. Dia sekarang sudah sangat jarang berbicara seputar ramalan akhir jaman. Dia juga lebih banyak diam dan membisu. Kami cukup senang dengan perubahan sikapnya. Pengalaman di damprat orang itu sepertinya membuat Deni sangat malu. Sehari, seminggu, sebulan, Deni tetap banyak diam dan tidak banyak bicara.
**********
Satu hari kami sedang asik berkumpul , santai di rumah makan sembari makan siang disela-sela istirahat kantor kami. Tidak lama Deni datang sambil terlihat berpikir serius. Dia segera duduk di samping kami, dan lalu berkata,” Teman-teman, Komet Ison yang terangnya seperti bulan Purnama akan segera datang, sepertinya kiamat sekarang benar-benar sudah sangat dekat karena setelah Komet seterang purnama itulah dunia akan mulai bergejolak. Begitu yang sudah saya  baca dari banyak buku tentang akhir jaman. Nostradamus juga sudah meramalkan hal yang sama.” Ternyata kata-kata itu lagi yang keluar dari bibirnya. Kami Cuma diam dan berpandangan satu sama lain. Ah, ternyata Deni masih seperti yang dulu.
**********
Itu ceritaku dengan Deni dan kawan-kawanku dahulu, beberapa tahun lalu. Sekarang aku sudah pindah tugas ke daerah Kalimantan, tepatnya di Samarinda. Aku masih tetap dengan pekerjaanku seperti biasanya. Bekerja sebagai PNS itu sangat menyenangkan. Bekerja sebagai PNS pusat di kementerian keuangan membuatku harus berpindah-pindah wilayah kerja sesuai penugasan dari pimpinan pusat. Entah bagaimana kabar mereka sekarang, terlebih lagi kabar Deni. Terakhir aku mendengar Deni juga pindah kerja ke daerah Aceh, demikian juga dengan teman kumpul-kumpulku yang lain, ada yang ke Sulawesi, bahkan ada juga yang dikirim ke daerah Papua. Tidak apa, untuk kami semua adalah tugas yang harus di tunaikan.
Satu hari kami di kejutkan oleh munculnya pemberitaan di televisi tentang pengakuan seorang pemuda di Mekah yang mengaku sebagai Imam Mahdi. Seluruh dunia menjadi gempar oleh pengakuan tersebut, di timur, di barat,semua menjadi heboh luar biasa dengan berita tersebut. Dan setelah pengakuan pemuda timur tersebut aku mendengar perang besar mulai terjadi di timur tengah. Negara-negara sekitar Arab Saudi mengirimkan pasukan besarnya untuk datang dan menggempur pasukan yang di pimpin pemuda yang mengaku Imam Mahdi tersebut. Dan aku dengar kemudian gempa bumi besar menerjang bumi arab, sangat banyak korban jiwa berjatuhan.

Aku termenung melihat perkembangan yang terjadi ini. Apakah yang terjadi sekarang ini adalah yang dulu pernah di ceritakan oleh Deni. Benarkah kiamat akan segera datang, benarkah akhir jaman akan segera tiba, benarkah malaikat Israfil sudah akan segera meniup terompet yang sudah di pegangnya jutaan tahun. Aku lelah,  aku pasrah, aku serahkan diriku sepenuhnya kepada Tuhan yang mengatur semuanya.