Tips Perjalanan Wisata Ke Monas, Ancol Seaworld, Ragunan dan TMII

Liburan menjadi hal yang sangat menyenangkan. Sebagai ibukota Jakarta menjadi satu tujuan destinasi wisata utama bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Banyak hal harus di persiapkan ketika ingin melakukan perjalanan liburan. Salah satunya adalah menyiapkan fasilitas akomodasi transportasi. Masalah hotel tempat menginap menjadi salah satu masalah utama karena dari sanalah nanti kita akan melangkah menuju tempat tempat yang akan menjadi tujuan kita.
monas
Ini pengalaman kami ketika berniat melakukan perjalanan wisata ke Jakarta. Mula mula kami mendata kira kira kemana kami akan berwisata. Kami pun menetapkan Tanah Abang, Monas, Seaworld Ancol, Ragunan Kebun binatang dan TMII. Melalui searching dan tanya kawan sana sini kami pun menetapkan kawasan Tanah abang sebagai kawasan tempat menginap dengan alasan dikawasan tanah abang banyak penginapan karena sangat banyak pedagang dari seluruh Indonesia yang setiap hari hilir mudik ke Tanah abang. Dan ternyata memang benar info tersebut. Ketika sampai di jalan kebun kacang 5 yang hanya berjarak 5 menit jalan kaki ke Tanah abang kami mendapatkan Penginapan Pelangi dengan tarif kamar kami 275 rb dengan 2 bed. Tadinya kami sdh memesan kamar di penginapan Shafa Marwa dengan tarif 190 rb tetapi karena miss kamar pesanan kami terisi orang. Sebenarnya ada juga penginapan di penginapan depan penginapan Pelangi yakni penginapan hikmah dengan tarif per orang 90 rb atau penginapan Madinah dan beberapa penginapan lain. Jadi pilihan terserah kita masing masing. Adapun penginapan Pelangi menurut kami cukup bagus dengan bed 2 , tv, AC cukuplah untuk kita beristirahat.
Seaworld
Ketika turun pesawat di Bandara Soekarno Hatta pilihan taxi cukup banyak namun ada satu yg baru menurut kami yakni adanya Grab di sana. Kami tidak naik Grab tapi taxi reguler dengan biaya 250 rb. Untuk Grab ke tanah Abang kami sempat cek tarifnya yakni 138 rb. Wajarlah bila kemudian antrian Di counter Grab sampai menumpuk. Grab baru kami gunakan ke esokan harinya ketika hendak ke monas, dari monas ke Seaworld Ancol dan dari Seaworld balik Tanah abang. Lalu dari Tanah abang ke ragunan , ragunan ke TMII dan lalu balik tanah abang. Tarif dari Tanah abang ke kebun binatang ragunan 62 rb, dari ragunan ke TMII 46 rb dan dari TMII ke tanah abang 80 rb. Tarif grab dari Tanah abang ke Monas yakni 18 rb, dari monas ke Seaworld 128 rb, dari Seaworld balik ke Tanah Abang yakni bertarif 50 rb. Tentu jauh lebih murah di banding tarif taksi reguler dan carter mobil sistem harian yang bisa memakan biaya lebih dari 600 rb. Namun tarif bisa berbeda karena perbedaan jam kita memesan taxi karena berhubungan dengan kemacetan dll. Kami sendiri berusaha berangkat pukul 6 s.d 7 pagi dimana orang blm pada berangkat kerja dan peralihan dari satu lokaai ke lokasi lain pada jam makan siang selama 2 hari kami berjalan ke 4 lokasi wisata tersebut.
sea world
Saran kami berangkatlah pada pagi pagi ke monas karena pada pagi tersebut pengunjung masih sepi sehingga antrian naik lift menuju puncak masih sepi pula. Demikian juga bila ke Ragunan sebaiknya di pagi hari agar tidak panas ketika kita berkeliling di satu lokasi satwa ke lokasi lainnya. Di ragunan untuk berkeliling hanya terdapat kereta wisata yang memutar di jalan utamanya juga sepeda. Relatif lebih mudah di TMII yang kereta wisatanya selalu berputar juga sewaan sepeda motor dan sepeda relatif banyak. Belum lagi dengan mobil dan motor yang boleh masuk wilayah TMII. Sementara ke Seaworld tidak masalah bila siang hari karena suasananya sejuk di dalam ruangan tertutup.

Demikianlah perjalanan wisata harus direncanakan sebaik mungkin agar liburan menjadi sangat menyenangkan