Saran Saran Dalam Pelaksanaan Pemetaan Mutu Pendidikan
A. Kesimpulan
Berdasarkan pelaksanaan Bimtek Pemetaan
Mutu yang sudah di laksanakan:
1.
Mekanisme
pengumpulan data mutu sudah baik namun perlu penyesuaian dalam pelaksanaan di
daerah.
2.
Pelibatan
fungsi pengawas perlu di optimalkan dan perlu criteria terhadap pengawas yang
terlibat, terutama yang memahami IT, memahami system aplikasi
3.
Instrumen telah dapat memotret capaian sekolah dalam
standar yag di kehendaki namun ada harapan agar instrumen bisa di persingkat
4.
Sekolah pada umumnya sangat mengalami kesulitan dalam
pengiriman hasil pengisian aplikasi PMP.Penggunaan aplikasi di rasakan justru
menyulitkan dalam pelaksanaan pengumpulan data mutu.
5.
Dengan Bimtek yang di berikan di harapkan sekolah dan
pengawas lebih memahami akan mekanisme pelaksanaan pemetaan mutu.
B. Saran-saran
Bagi Sekolah,
1.
Melakukan
sosialisasi lebih banyak tentang penggunaan aplikasi PMP dan pemahaman terhadap
instrumen yang di pergunakan dalam pengumpulan data mutu pendidikan, sehingga dalam proses pemetaan mutu
kedepannya tidak mengalami kendala.
2.
Melalui
hasil pemetaan mutu tingkat sekolah dapat di tingkatkan hal-hal yang masih
kurang untuk kepentingan pengembangan kedepannya.
3.
Melakukan
perencanaan program dan kegiatan secara lebih baik dengan pedoman, panduan
aplikasi, dan berbagai share berkait pemetaan mutu pendidikan.
4.
Meningkatkan pencapaian pengiriman data hasil PMP ke
pusat dan terus melengkapi berbagai dokumen yang masih kurang, dan mengusahakan
agar semua bukti telah ada di dalam arsip sekolah.
Bagi Pemerintah daerah
1.
Bagi
Pemerintah Kabupaten/kota berdasarkan kewenanganya, wajib meningkatkan dan
memperbaiki terutama pada penyediaan fasilitas sekolah
2.
Berdasarkan
hasil pemetaan sekolah yang di
laksanakan dapat melakukan tindak lanjut berupa program peningkatan kualitas
pendidikan melalui peningkatan 8 standar SNP.
Bagi Lembaga Penjaminan Mutu
Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur
1.
Melakukan
pendampingan/Supervisi penjaminan mutu secara terus menerus di Kabupaten/Kota
umumnya, sehingga proses yang sedang berjalan tidak terputus begitu program
selesai dan dapat terus berkesinambungan. Dan data hasil pemetaan dapat menjadi
basic bagi perencanaan program pada masa mendatang.
2.
Melakukan
fasilitasi proses penjaminan mutu secara terus menerus dengan program-program
tindaklanjut sebagai respon dari permasalahan-permasalahan pendidikan yang di
alami oleh daerah/sekolah
Bagi Pemerintah Pusat
1.
Agar
dapat menyiapkan Pedoman dan Juknis khususnya dalam penggunaan aplikasi
Pemetaan Mutu Pendidikan agar dalam proses pengumpulan data mutu bisa
berlangsung dengan lebih lancar dan efisien.
2.
Pusat
perlu menyempurnakan aplikasi yang di pergunakan dalam Pemetaan Mutu
Pendidikan, agar semakin lebih mudah, lebih ringan dan lebih efisien.
3.
Pusat
perlu menyiapkan server yang lebih besar sehingga data yang di kirim dari semua
sekolah di Indonesia bisa terkirim dengan cepat dan tersimpan dengan baik.