Saran Saran Dalam Pelaksanaan Pemetaan Mutu Pendidikan


Saran Saran Dalam Pelaksanaan Pemetaan Mutu Pendidikan


A.      Kesimpulan
Berdasarkan pelaksanaan Bimtek Pemetaan Mutu yang sudah di laksanakan:
1.        Mekanisme pengumpulan data mutu sudah baik namun perlu penyesuaian dalam pelaksanaan di daerah.
2.        Pelibatan fungsi pengawas perlu di optimalkan dan perlu criteria terhadap pengawas yang terlibat, terutama yang memahami IT, memahami system aplikasi
3.        Instrumen telah dapat memotret capaian sekolah dalam standar yag di kehendaki namun ada harapan agar instrumen bisa di persingkat
4.        Sekolah pada umumnya sangat mengalami kesulitan dalam pengiriman hasil pengisian aplikasi PMP.Penggunaan aplikasi di rasakan justru menyulitkan dalam pelaksanaan pengumpulan data mutu.
5.        Dengan Bimtek yang di berikan di harapkan sekolah dan pengawas lebih memahami akan mekanisme pelaksanaan pemetaan mutu.

B.       Saran-saran
Bagi Sekolah,
1.      Melakukan sosialisasi lebih banyak tentang penggunaan aplikasi PMP dan pemahaman terhadap instrumen yang di pergunakan dalam pengumpulan data mutu pendidikan,  sehingga dalam proses pemetaan mutu kedepannya tidak mengalami kendala.
2.      Melalui hasil pemetaan mutu tingkat sekolah dapat di tingkatkan hal-hal yang masih kurang untuk kepentingan pengembangan kedepannya.
3.      Melakukan perencanaan program dan kegiatan secara lebih baik dengan pedoman, panduan aplikasi, dan berbagai share berkait pemetaan mutu pendidikan.
4.      Meningkatkan pencapaian pengiriman data hasil PMP ke pusat dan terus melengkapi berbagai dokumen yang masih kurang, dan mengusahakan agar semua bukti telah ada di dalam arsip sekolah.
  
Bagi Pemerintah daerah
1.      Bagi Pemerintah Kabupaten/kota berdasarkan kewenanganya, wajib meningkatkan dan memperbaiki terutama pada penyediaan fasilitas sekolah
2.      Berdasarkan hasil pemetaan sekolah  yang di laksanakan dapat melakukan tindak lanjut berupa program peningkatan kualitas pendidikan melalui peningkatan 8 standar SNP.
Bagi Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur
1.      Melakukan pendampingan/Supervisi penjaminan mutu secara terus menerus di Kabupaten/Kota umumnya, sehingga proses yang sedang berjalan tidak terputus begitu program selesai dan dapat terus berkesinambungan. Dan data hasil pemetaan dapat menjadi basic bagi perencanaan program pada masa mendatang.
2.      Melakukan fasilitasi proses penjaminan mutu secara terus menerus dengan program-program tindaklanjut sebagai respon dari permasalahan-permasalahan pendidikan yang di alami oleh daerah/sekolah
Bagi Pemerintah Pusat
1.      Agar dapat menyiapkan Pedoman dan Juknis khususnya dalam penggunaan aplikasi Pemetaan Mutu Pendidikan agar dalam proses pengumpulan data mutu bisa berlangsung dengan lebih lancar dan efisien.
2.      Pusat perlu menyempurnakan aplikasi yang di pergunakan dalam Pemetaan Mutu Pendidikan, agar semakin lebih mudah, lebih ringan dan lebih efisien.
3.      Pusat perlu menyiapkan server yang lebih besar sehingga data yang di kirim dari semua sekolah di Indonesia bisa terkirim dengan cepat dan tersimpan dengan baik.