RENCANA KERJA SEKOLAH


RENCANA KERJA SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2011/2012 S.D. 2014/2015


A.   ANALISIS LINGKUNGAN STRATEGIS

Era globalisasi yang tak terbendung akan membawa dampak perubahan pada berbagai bidang kehidupan masyarakat, baik dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, politik, keamanan, maupun kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Perkembangan dan perubahan di berbagai bidang tersebut secara langsung ataupun tidak langsung akan berpengaruh terhadap perkembangan dunia pendidikan. Pengaruh secara langsung yang dihadapi dunia pendidikan adalah perubahan sikap masyarakat terhadap dunia pendidikan. Perhatian masyarakat terhadap dunia pendidikan semakin tinggi. Masyarakat mempunyai harapan yang besar terhadap pendidikan. Pendidikan diharapkan mampu menjawab berbagai tantangan zaman dan menghasilkan output yang siap menghadapi tantangan zaman yang semakin kompetitif; sedangkan pengaruh tidak langsung, dunia pendidikan mau tidak mau harus terus berbenah agar keberadaannya benar-benar mampu menjawab kebutuhan zaman. Oleh karena itu, berbagai upaya inovasi dan perubahan baik, dari sisi filosofi maupun manajemen pendidikan harus selalu berubah dan berkembang selaras dengan paradigma perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Masyarakat modern dengan berbagai pergeseran corak budaya serta kehidupan sosial ekonomi dan politiknya  menuntut agar pendidikan benar-benar mampu mencetak genarasi yang paripurna, siap bersaing di kancah global.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat, mau tidak mau harus diakomodasi oleh lembaga pendidikan. Sosok sekolah harus mampu mengikuti arus perkembangan tersebut dan untuk selanjutnya mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi itu untuk membentuk output yang melek teknologi. Pendidikan yang berbasis ternologi adalah jawaban yang tidak bisa ditawar-tawar.
Pada intinya, perubahan pranata sosial, ekonomi, budaya, dan ilmu pengetahuan  serta teknologi harus senantiasa terakses dan terwadahi dalam rangka menentukan arah kebijakan pendidikan. Dengan demikian, pendidikan di Indonesia akan semakin berkualitas dan berdaya saing tinggi.

B.   ANALISIS PENDIDIKAN MASA DATANG
Berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, misalnya pengembangan kurikulum nasional dan lokal, peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan, pengadaan bahan ajar yang relevan,pengadaan dan perbaikan sarana dan prasarana pendidikan, serta peningkatan mutu manajemen sekolah. Berbagai produk perundangan dan kebijakan dalam bidang pendidikan pun sudah dicanangkan, misalnya pencanangan wajib belajar 9 tahun, Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, serta Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 dan 23 Tahun 2006.Berbagai usaha tersebut diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas pendidikan nasional yang dapat dilihat dari indikator ketercapaian sebagai berikut.
1.    Anak usia sekolah, terutama sekolah dasar dan menengah mendapat pelayanan pendidikan yang memadai tanpa membedakan gender, tingkat sosial ekonomi, agama, suku bangsa, dan sebagainya.
2.    Terpenuhinya standar nasional pendidikan yang mencakup standar isi, standar proses, standar lulusan, standar pendanaan, standar manajeman, standar sarana prasarana, standar pendidik dan tenaga kependidikan, dan standar penilaian pada semua jenjang pendidikan dasar dan menengah.

C.   ANALISIS PENDIDIKAN MASA SEKARANG
Salah satu permasalahan pendidikan dewasa ini yang dihadapi bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan di setiap jenjang. Menurut Human Development Index (HDI) tahun 2004, pendidikan di Indonesia menduduki peringkat ke-111 dari 147 negara. Bahkan pendidikan di negara kita jauh tertinggal dari negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, bahkan Vietnam.
Rendahnya kualitas pendidikan di negara kita tidak terlepas dari berbagai faktor penyebab, di antaranya adalah(a)  kondisi sosial ekonomi masyarakat yang masih terpuruk akibat krisis multidimensi yang mendera bangsa Indonesia 10 tahun terakhir, (b) masih rendahnya perhatian masyarakat terhadap pentingnya pendidikan, (c) masih kurang optimalnya dana yang disalurkan oleh pemerintah melalui APBN untuk sektor pendidikan, (d) letak geografis Indonesia sebagai negara kepulauan sehingga daya jangkau/akses pendidikan untuk daerah terpencil masih sangat minim, (e) jumlah penduduk yang besar dengan keragaman budaya, agama, suku, bahasa, dan adat-istiadat, (f) masih belum optimalnya pengelolaan manajemen pendidikan mulai dari tingkat sekolah sampai tingkat pusat sehingga arah pendidikan kurang jelas dan terfokus, dan (g) masih terjadinya ketimpangan mutu dan kondisi yang sangat jauh antara sekolah di kota dengan di daerah-daerah terpencilserta faktor-faktor yang lain.
            Dari sisi akses pendidikan, masih banyak bahkan jutaan anak Indonesia yang belum bisa menikmati dan mengenyam pendidikan minimal sampai tingkat menengah. Kondisi ini terjadi lebih disebabkan oleh keterbatasan faktor ekonomi keluarga dan tingginya biaya pendidikan, khususnya di sekolah-sekolah perkotaan. Kalau kondisi ini tidak tertangani secara serius, kita akan menjadi bangsa yang semakin terpuruk dan tergilas dalam arus global.          
D.   VISI SEKOLAH DAN INDIKATOR-INDIKATOR VISI
Terwujudnya Sekolah Unggul Bertartaraf Internasional Berdasarkan Iman dan Taqwaserta berbudaya lingkungan.
INDIKATOR VISI
1.    Sekolah yang mempunyai standar kompetensi lulusan Nasional plus adopsis dan adaptasi SKL Internasional (Cambridge)
2.    Sekolah yang memiliki kurikulum nasional (KTSP) plus adopsi dan adaptasi kurikulum Internasional (Cambridge)
3.    Guru memiliki kemampuan mengembangkan proses belajar mengajar berbasis IT melalui pembelajaran bilingual.
4.    Sekolah yang mampu bersaing dibidang akademik dan non akademik pada tingkat regional, nasional maupun internasional
5.    Sekolah memiliki kemampuan membentuk jejaring dengan lembaga-lembaga regional, nasional maupun internasional
6.    Sekolah mampu melaksanakan system manajemen berstandar internasional
7.    Warga sekolah yang taat melaksanakan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
8.    Warga sekolah yang mencintai tanah air
9.    Warga sekolah memiliki kepedulian dan kepekaan terhadap kelestarian lingkungan

E.   MISI SEKOLAH
1.    Melaksanakan kurikulum nasional (KTSP) yang diperkaya dengankurikulum Negara maju (Cambidge)
2.    Meningkatkan keunggulan inovasi pembelajaran berbasis IT dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
3.    Meningkatkan keunggulan prestasi akademik dengan pembelajaran efektif, efisien dan menyenangkan dengan memanfaatkan multi resources yang berbasis IT
4.    Meningkatkan keunggulan prestasi non akademik melalui pembinaan pengembangan diri yang berkualitas, efektif dan efisien
5.    Melaksanakan kerja sama dengan lembaga-lembaga sektoral, lintas sektoral, regional, nasional dan regional
6.    Melaksanakan manajemen berstandar Internasional melalui sertifikasi ISO 9001:2008
7.    Menumbuhkan penghayatan dan penerapan ajaran agama dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
8.    Mendorong dan membantu siswa mengenal dan mengembangkan potensi diri, dengan semangat keunggulan local dan global bernuansa tanah air
9.    Menumbuhkan kepedulian terhadap potensi dan konservasi serta pengembangan lingkungan hidup
10. Menyediakan sarana prasarana yang berstandar internasional.

F.   Nilai yang dikembangkan
1.    Prestasi
2.    Kejujuran
3.    Tanggungjawab
4.    Disiplin
5.    Demokrasi
6.    Agama
7.    Kerjasama
8.    Kreativitas
9.    Rasa senang
10. Persahabatan
11. tolereransi


G.   TUJUAN
1.    Sekolah  menghasilkan  lulusan yang mampu bersaing diera global , beriman, dan bertakwa dengan kompetensi bertaraf internasional
2.    Sekolah mampu menghasilkan kurikulum sekolah (KTSP) dan SKL  bertaraf internasional.
3.    Sekolah mampu menyelesaikan  akreditasi nasional dengan nilai “A” dan berakreditasi internasional melalui sertifikasi ISO 9001:2008
4.    Sekolah mampu menghasilkan proses pembelajaran yang inovatif, kreatif, variatif, dan berbasis IT dengan penerapan pembelajaran bilingual.
5.    Sekolah mampu menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang relevan, dan bertaraf internasional
6.    Sekolah mampu memberikan pelayanan dan pengembangan ekstrakurikuler  dalam rangka membentuk dan mengembangkan karakter siswa.
7.    Sekolah mampu menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan beretos kerja, tangguh, profesional, dan memiliki kompetensi bertaraf internasional
8.    Sekolah mampu menghasilkan prestasi bidang akademik dan nonakademik yang kompetitif tingkat nasional dan internasional
9.    Sekolah mampu mengembangkan budaya baca, budaya bersih, budaya takwa, dan budaya sopan santun
10. Sekolah mampu mewujudkan lingkungan sekolah yang nyaman, aman, rindang, asri, dan bersih sesuai dengan konsep adiwiyata dalam mendukung pencapaian prestasi tingkat internasional


H.   PROGRAM STRATEGIS
1.    Pencapaian Akreditasi Sekolah Tingkat Nasional dan Akreditasi Internasional:
a. mengembangkan  instrumen evaluasi diri;
b. melaksanakan evaluasi diri;
c. menjalin kerja sama dengan berbagai pihak terkait;
d. meningkatkan kinerja sekolah dan aspek-aspeknya.
2.    Pengembangan Standar Kompetensi Lulusan dan Prestasi Sekolah:
a. menginventarisasi SKL RSMA-BI, SKL per mata pelajaran baik dari dalam maupun luar negeri;
b. menyusun SKL RSMA-BI, SKL BI untuk  mata pelajaran Matematika, Kimia, Fisika, Bilogi, Bahasa Inggris, TIK, dan mata pelajaran lainnya;
c. menyosialisasikan SKL RSMA-BI, SKL BI untuk  mata pelajaran Matematika, Kimia, Fisika, Biologi, Bahasa Inggris, TIK, dan mata pelajaran lainnya;
d. mendokumentasikan SKL RSMA-BI, SKL BI untuk  mata pelajaran Matematika, Kimia, Fisika, Biologi, Bahasa Inggris, TIK, dan mata pelajaran lainnya;
e. meningkatkan prestasi sekolah baik akademik dan nonakademik pada tingkat provinsi, nasional, dan internasional
3.    Pengembangan Kurikulum Sekolah Bertaraf Internasional:
a.    menelaah KTSP dan kurikulum SBI dari dalam maupun luar negeri;
b.    menyusun KTSP dan kurikulum SBI dokumen I dan Dokumen II untuk semua mata pelajaran yang akan diberlakukan di sekolah;
c.    menyosialisasikan dan mendokumentasikan KTSP dan kurikulum SBI yang diberlakukan di sekolah;
d.    mengembangkan modul/bahan pembelajaran bertaraf internasional;
e.    mengadakan buku pelajaran  bertaraf internasional;
f.     mengembangkan panduan pembelajaran dan penilaian bertaraf internasional untuk semua mata pelajaran.
g.    Pengembangan Proses Pembelajaran Bertaraf Internasional:
h.    mengembangkan dokumen rencana kegiatan pengelolaan atau manajemen pembelajaran bertaraf internasional di kelas;
i.      mengadakan pendampingan guru dalam kegiatan pembelajaran bertaraf internasional di kelas RSMABI;
j.      mengembangkan model-model proses pembelajaran bertaraf internasional;
k.    mengadakan pendampingan proses pembelajaran berbasis IT;
l.      mengembangkan model-model penilaian bertaraf internasional beserta penerapan dan analisisnya yang berbasis komputer dan internet
4.    Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bertaraf Internasional:
1)    meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris bagi pendidik dan tenaga kependidikan semua mata pelajaran sampai mencapai nilai TOEFL minimal 450;
2)    meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan dalam bidang studinya atau latar belakang bidangnya sesuai tuntutan kurikulum internasional;
3)    meningkatkan manajerial dan kepemimpinan bagi kepala sekolah dan jajarannya;
4)    meningkatkan kemampuan komputer dan internet semua warga sekolah;
5)    meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, komputer, dan internet bagi peserta didik RSMABI;
6)    meningkatkan kemampuan pendidik menggunakan IT dalam pembelajaran.
5.    Pengembangan Sarana dan Prasarana atau Fasilitas Sekolah Bertaraf Internasional:
a.    menyusun dan mendokumentasikan rencana pengembangan fasilitas dalam jangka pendek dan panjang bertaraf internasional;
b.    pengadaan peralatan media pembelajaran di kelas internasional (TV, DVD, Tape, LCD, dan sound system pendukung);
c.    penambahan dan penyempurnaan jaringan internet di kelas internasional;
d.    rehabilitasi ruang kelas internasional;
e.    pengadaan fasilitas komputer untuk kelas internasional, ruang laboratorium IPA, laboratorium bahasa, ruang multimedia, dan laboratorium computer
6.    Pengembangan dan Implementasi Manajemen Sekolah Bertaraf Internasional:
  1. menyusun dokumen pengembangan manajemen sekolah bertaraf internasional, baik untuk jangka pendek, menengah, maupun panjang;
  2. operasionalisasi implementasi MBS dalam bentuk penyediaan bahan/alat administrasi maupun pelaksanaan (pelaporan dan kerja sama dengan media cetak dan atau elektronik);
  3. implementasi model manajemen sekolah dengan standar internasional melalui persiapan secara bertahap untuk  penerapan ISO 9001:2008 dan penerapan PAS secara bertahap;
  4. pendokumentasian berbagai panduan khusus pengelolaan bertaraf Internasional/ ISO dalam berbagai aspek pendidikan yang berbasis IT (manajemen kesiswaan, fasilitas perpustakaan, penilaian tenaga, penerapan website, dan sebagainya)
  5. memperoleh jalinan kerja sama dengan sekolah sederajat yang telah bertaraf internasional baik di dalam maupun di luar negeri.
7.    Pengembangan dan Penggalian Sumber Dana Pendidikan Bertaraf Internasional:
a.    pembuatan panduan-panduan program dan proposal khusus dalam upaya memperoleh sumber dana dari pihak lain;
b.    mendokumentasikan berbagai rencana kegiatan yang akan dilaksanakan;
c.    melakukan penggalian sumber dana dan penggalian dana dengan mengundang stakeholders (komite sekolah/orang tua peserta didik), dunia usaha/industri, dan melakukan kegiatan yang menghasilkan keuntungan ekonomi bagi sekolah;
d.    melaksanakan penelusuran dan pertemuan alumni dalam upaya penggalangan dana untuk sekolah.
8.    Pengembangan dan Implementasi Sistem Penilaian Bertaraf Internasional:
a.    menyusun dan mengembangkan konsep dan panduan standar internasional sistem penilaian, meliputi: standar nilai, standar metode penilaian, standar instrumen penilaian sesuai karakteristik masing-masing mata pelajaran, standar analisis nilai, standar kompetensi yang dinilai, dan lain-lain;
b.    mendokumentasikan konsep dan panduan standar internasional sistem penilaian, meliputi: standar nilai, standar metode penilaian, standar instrumen penilaian sesuai karakteristik masing-masing mata pelajaran, standar analisis nilai, standar kompetensi yang dinilai, dan lain-lain melalui penerapan PAS sistem penilaian;
c.    menyusun kisi-kisi kompetensi yang akan dinilai bertaraf internasional sesuai karakteristik masing-masing mata pelajaran;
d.    menyusun instrumen atau perangkat soal dalam berbagai jenis dan bentuk sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang sesuai tuntutan kurikulum internasional;
e.    melaksanakan penilaian dan analisis nilai oleh semua pendidik yang mengajar kelas internasional;
f.     mendokumentasikan nilai di sekolah.
9.    Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah
a.    mengembangkan budaya bersih
b.    mengembangkan budaya baca
c.    mengembangkan budaya tata krama (4S)
d.    menciptakan lingkungan sekolah yang sehat, asri, indah, rindang, dan sejuk (tamanisasi)
e.    merehabilitasi sistem sanitasi/drainasi
f.     membangun kerja sama dengan lembaga lain yang relevan dengan bidang 6K
g.    mengembangkan lomba-lomba kebersihan dan kesehatan.

I.     STRATEGI PENCAPAIAN
1.    Pencapaian Akreditasi Sekolah Tingkat Nasional dan Persiapan Akreditasi Internasional dilakukan dengan strategi penyiapan instrumen pendukung evaluasi diri dengan melakukan inventarisasi dan pengadaan bukti-bukti pendukung yang dibutuhkan,  mengadakan kerja sama dengan pihak-pihak terkait, dan menjalin komunikasi dengan sekolah bertaraf internasional.
2.    Pengembangan Standar Kompetensi Lulusan dan Prestasi Sekolah dilaksanakan melalui workshop penyusunan SKL, pembinaan intensif dalam  pengembangan prestasi siswa, serta melalui partisipasi aktif dalam berbagai lomba prestasi akademik maupun nonakademik tingkat kota, provinsi, nasional, dan internasional.
3.    Pengembangan Kurikulum Sekolah Bertaraf Internasional dilaksanakan dengan cara melaksanakan inventarisasi model-model kurikulum SBI, mengadakan kerja sama dengan SBI, dan workshop penyusunan kurikulum SBI.
4.    Pengembangan Proses Pembelajaran Bertaraf Internasional dilaksanakan dengan strategi studi pustaka, workshop penyusunan panduan proses pembelajaran, pendampingan pembelajaran di kelas, serta penyediaan sarana pendukung pembelajaran bertaraf internasional.
5.    Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bertaraf Internasional dilaksanakan melalui strategi pelatihan, seminar, workshop, pendampingan, guru tamu, monitoring/evaluasi pembelajaran, optimalisasi MGMPS, MGMP Kota, dan MGMP RSMABI, serta menyediakan sarana penunjang dan mengadakan kerja sama/studi banding ke SBI yang lebih berkualitas.
6.    Pengembangan Sarana dan Prasarana atau Fasilitas Sekolah Bertaraf Internasional dilakukan melalui strategi optimalisasi pemanfaatan sarana dan prasarana yang tersedia, pendataan kebutuhan sarana penunjang, rehabilitasi, pengadaan, dan perawatan, serta pengajuan bantuan pengadaan sarana prasarana kepada pemerintah pusat dan daerah serta stakeholders.
7.    Pengembangan dan Implementasi Manajemen Sekolah Bertaraf Internasional diwujudkan dengan strategi penyusunan instrumen pengelolaan manajemen, pengadaan bahan/alat pendukung implementasi MBS, workshop dan sosialisasi, pemersiapan pencapaian ISO 9001:2008, serta mengadakan jalinan kerja sama dengan lembaga terkait dan SBI di dalam maupun luar negeri.
8.    Pengembangan dan Penggalian Sumber Dana Pendidikan Bertaraf Internasional dilaksanakan dengan cara menjalin komunikasi dengan stakeholders, melakukan penggalian sumber dana dan penggalian dana dengan menjalin kerja sama dengan dunia usaha/industri, dan mengembangkan badan usaha/ekonomi milik sekolah.
9.    Pengembangan dan Implementasi Sistem Penilaian Bertaraf Internasional dilaksanakan melalui kegiatan workshop pengembangan instrumen dan model sistem penilaian bertaraf internasional, melaksanakan ujicoba, serta melaksanakan perencanaan, penilaian, serta tindak lanjut yang mengacu pada standar SBI.
10. Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah, strateginya adalah pengoptimalan program pengembangan diri, pengoptimalan kinerja tenaga kependidikan, serta pemeliharaan dan pengadaan berbagai sarana penunjang.

J.    INDIKATOR KEBERHASILAN (MILESTONE)
Hasil yang diharapkan dalam pengembangan sekolah selama 4 tahun adalah sebagai berikut.
1.     Terealisasinya Akreditasi Sekolah Tingkat Nasional dan Persiapan Akreditasi Internasional
2.     Terealisasinya Standar Kompetensi Lulusan dan Prestasi Sekolah bertaraf internasional.
3.     Terealisasinya pengembangan Kurikulum Sekolah Bertaraf Internasional.
4.     Terealisasinya Proses Pembelajaran Bertaraf Internasional.
5.     Terealisasinya Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bertaraf Internasional.
6.     Terealisasinya Sarana dan Prasarana atau Fasilitas Sekolah Bertaraf Internasional.
7.     Terealisasinya  Manajemen Sekolah Bertaraf Internasional.
8.     Terealisasinya penggalian sumber dana pendidikan bertaraf  internasional.
9.     Terealisasinya sistem penilaian bertaraf  internasional.
10.  Terealisasinya  Budaya dan Lingkungan Sekolah.
Indikator Keberhasilan Sekolah
No
Program
Tahun I
Tahun II
Tahun III
Tahun IV
1.
PENCAPAIAN AKREDITASI SEKOLAH

a.   mengembangkan  instrumen evaluasi diri;
b.   melaksanakan evaluasi diri;
c.   menjalin kerja sama dengan berbagai pihak terkait;
d.   meningkatkan kinerja sekolah dan aspek-aspeknya.
100% untuk akreditasi tingkat nasional
RSBI Jawa Timur , UM,UMM, UB
50% persiapan ISO 9001:2008
Penjajakan dengan Malaysia dan Singapura
75% persiapan ISO 9001:2008
MoU dengan Malaysia dan Singapura
100% persiapan ISO 9001:2008
Pertukaran guru dan siswa
2.
PENGEMBANGAN SKL DAN PRESTASI SEKOLAH

Peningkatan Prestasi





a.  Peningkatan  Ujian Nasional 1,00
b.  Peningkatan prestasi bidang akademik tingkat provinsi
c.   Peningkatan prestasi bidang nonakademik tingkat nasional
8,00

Juara Harapan
Juara provinsi
8,25

Juara III      -             
1 jenis lomba
8,50

Juara II       -
2 jenis lomba
8,75

Juara I       -
3 jenis lomba

Pengembagan SKL





a. menginventarisasi SKL RSMA-BI, SKL per mata pelajaran baik dari dalam maupun luar negeri;
b. menyusun SKL RSMA-BI, SKL BI untuk  mata pelajaran Matematika, Kimia,Fisika,Biologi, Bahasa Inggris, TIK, dan mata pelajaran lainnya;
c. menyosialisasikan SKL RSMA-BI, SKL BI untuk  mata pelajaran Matematika, Kimia,Fisika,Biologi, Bahasa Inggris, TIK, dan mata pelajaran lainnya;
d. mendokumentasikan SKL RSMA-BI, SKL BI untuk  mata pelajaran Matematika, Kimia,Fisika,Biologi, Bahasa Inggris, TIK, dan mata pelajaran lainnya;
e. meningkatkan prestasi sekolah baik akademik dan nonakademik pada tingkat provinsi, nasional, dan internasional
70% terinventa-risasi

1 SKL RSMA-BI dan 4 mapel



1 SKL RSMA-BI dan 4 mapel



1 SKL RSMA-BI dan 4 mapel



5 besar provinsi

80% terinventa-risasi

1 SKL RSMA-BI dan 8 mapel



1 SKL RSMA-BI dan 8 mapel



1 SKL RSMA-BI dan 8 mapel



3 besar provinsi

90% terinventa-risasi

1 SKL RSMA-BI dan 10 mapel



1 SKL RSMA-BI dan 10 mapel



1 SKL RSMA-BI dan 10 mapel



10 besar nasional


100% terinventa-risasi

1 SKL RSMA-BI dan 12 mapel



1 SKL RSMA-BI dan 12 mapel



1 SKL RSMA-BI dan 12 mapel



5 besar internasional


3.
PENGEMBANGAN KURIKULUM RSMABI
A
Mengembangkan perangkat mengajar semua mapel non RSMABI
1)
Mapel PKn
Mapel Bhs. Indonesia
Mapel Ekonomi
Mapel Penjaskes
Mapel Kesenian
Mapel Agama
Mapel Sosiologi
Mapel PLH
Mapel Sejarah
Mapel Sosiologi
Mapel Geografi
Mapel Antropologi
Mapel Bahasa Asing
Mapel Sastra
·  Merivisi dan memperbaiki Silabus, RPP kelas X semua mapel non RSMABI
·  Menyusun Modul kelas X semua mapel non RSMABI



·  Menyusun Panduan pembela-jaran bertaraf internasi-nal kelas X semua non RSMABI


·  Menyu-sun panduan Evaluasi Hasil Belajar bertaraf internasional kelas X untuk semua mapel RSMABI
·  Merivisi dan memperbaiki Silabus, RPP kelas XI semua mapel non RSMABI
·  Menyusun Modul kelas XI semua mapel non RSMABI



·  Menyu-sun Panduan pembela-jaran bertaraf internasi-nal kelas XI semua non RSMABI


·  Menyu-sun panduan Evaluasi Hasil Belajar bertaraf internasional kelas XI untuk semua mapel RSMABI

·  Merivisi dan memperbaiki Silabus, RPP kelas XII semua mapel non RSMABI
·  Meny-sun Modul kelas XII semua mapel non RSMABI



·  Menyu-sun Panduan pembela-jaran bertaraf internasi-nal kelas XII semua non RSMABI


·  Menyu-sun panduan Evaluasi Hasil Belajar bertaraf internasional kelas XII  untuk semua mapel RSMABI

·  Merivisi dan memperbaiki Silabus, RPP kelas XI semua mapel non RSMABI
·  Merimvi  dan memper-baiki Modul kelas X,XI,XII semua mapel non RSMABI
·  Merevisi dan memper-baiki Panduan pembela-jaran bertaraf internasi-onal kelas X,XI, & XII non RSMABI
·  Merevisi dan memper-baiki Panduan Evaluasi Hasil Belajar bertaraf internasional kelas X  ,XI , dan XII untuk semua mapel RSMABI
B
Menyusun dan mengembangkan Perangkat mengajar RSMABI
1)
Mapel Matematika:





a.  silabus bertaraf internasional
b.  RPP bertaraf internasional
c.   Bahan Ajar, Modul, Buku, dan sebagainya bertaraf internasional
d.  Panduan Pembelajaran bertaraf internasional
e.  Panduan Evaluasi Hasil Belajar bertaraf internasional
Tersusun-nya silabus, RPP, Bahan Ajar, Modul, Buku, Panduan Pembelajaran, dan Panduan Evaluasi Hasil Belajar kelas X yang bertaraf internasio-nal
Tersusun-nya silabus, RPP, Bahan Ajar, Modul, Buku, Panduan Pembelajaran, dan Panduan Evaluasi Hasil Belajar kelas XI yang bertaraf internasio-nal
Tersusun-nya silabus, RPP, Bahan Ajar, Modul, Buku, Panduan Pembelajaran, dan Panduan Evaluasi Hasil Belajar kelas XII yang bertaraf internasio-nal
Tersusun-nya silabus, RPP, Bahan Ajar, Modul, Buku, Panduan Pembelajaran, dan Panduan Evaluasi Hasil Belajar kelas X , XI, dan XII  bertaraf internasio-nal yang telah direvisi dan diperbaiki.
2)
Mapel (Kimia,Fisika,Biologi)





a.  silabus bertaraf internasional
b.  RPP bertaraf internasional
c.   Bahan Ajar, Modul, Buku, dan sebagainya bertaraf internasional
d.  Panduan Pembelajaran bertaraf internasional
e.  Panduan Evaluasi Hasil Belajar bertaraf internasional

Tersusun-nya silabus, RPP, Bahan Ajar, Modul, Buku, Panduan Pembelajaran, dan Panduan Evaluasi Hasil Belajar kelas X yang bertaraf internasio-nal
Tersusun-nya silabus, RPP, Bahan Ajar, Modul, Buku, Panduan Pembelajaran, dan Panduan Evaluasi Hasil Belajar kelas XI yang bertaraf internasio-nal
Tersusun-nya silabus, RPP, Bahan Ajar, Modul, Buku, Panduan Pembelajaran, dan Panduan Evaluasi Hasil Belajar kelas XII yang bertaraf internasio-nal
Tersusun-nya silabus, RPP, Bahan Ajar, Modul, Buku, Panduan Pembelajaran, dan Panduan Evaluasi Hasil Belajar kelas X , XI, dan XII  bertaraf internasio-nal yang telah direvisi dan diperbaiki.
3)
Mapel Bahasa Inggris





a.       silabus bertaraf internasional
b.       RPP bertaraf internasional
c.        Bahan Ajar, Modul, Buku, dan sebagainya bertaraf internasional
d.       Panduan Pembelajaran bertaraf internasional
e.       Panduan Evaluasi Hasil Belajar bertaraf internasional

Tersusun-nya silabus, RPP, Bahan Ajar, Modul, Buku, Panduan Pembelajaran, dan Panduan Evaluasi Hasil Belajar kelas X yang bertaraf internasio-nal
Tersusun-nya silabus, RPP, Bahan Ajar, Modul, Buku, Panduan Pembelajaran, dan Panduan Evaluasi Hasil Belajar kelas XI yang bertaraf internasio-nal
Tersusun-nya silabus, RPP, Bahan Ajar, Modul, Buku, Panduan Pembelajaran, dan Panduan Evaluasi Hasil Belajar kelas XII yang bertaraf internasio-nal
Tersusun-nya silabus, RPP, Bahan Ajar, Modul, Buku, Panduan Pembelajaran, dan Panduan Evaluasi Hasil Belajar kelas X , XI, dan XII  bertaraf internasio-nal yang telah direvisi dan diperbaiki.
4)
Mapel TIK





a.       silabus bertaraf internasional
b.       RPP bertaraf internasional
c.        Bahan Ajar, Modul, Buku, dan sebagainya bertaraf internasional
d.       Panduan Pembelajaran bertaraf internasional
e.       Panduan Evaluasi Hasil Belajar bertaraf internasional
Tersusun-nya silabus, RPP, Bahan Ajar, Modul, Buku, Panduan Pembelajaran, dan Panduan Evaluasi Hasil Belajar kelas X yang bertaraf internasio-nal
Tersusun-nya silabus, RPP, Bahan Ajar, Modul, Buku, Panduan Pembelajaran, dan Panduan Evaluasi Hasil Belajar kelas XI yang bertaraf internasio-nal
Tersusun-nya silabus, RPP, Bahan Ajar, Modul, Buku, Panduan Pembelajaran, dan Panduan Evaluasi Hasil Belajar kelas XII yang bertaraf internasio-nal
Tersusun-nya silabus, RPP, Bahan Ajar, Modul, Buku, Panduan Pembelajaran, dan Panduan Evaluasi Hasil Belajar kelas X , XI, dan XII  bertaraf internasio-nal yang telah direvisi dan diperbaiki.
4.
PENGEMBANGAN PROSES PEMBELAJARAN BERTARAF INTERNASIONAL
A
Standar Proses Pembelajaran

·  persiapan pembelajaran




















·  persyaratan pembelajaran














·  pelaksanaan pembelajaran
·  pelaksanaan penilaian pembelajaran









































·  pengawasan proses pembelajaran bertaraf internasional

Kepemilikan silabus oleh guru: 60%
Kepemilikan RPP oleh guru:50%
Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar:50%
Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman guru terhadap karakteristik siswa :60

Jumlah siswa perombel 32
Beban mengajar guru : 24

Rasio antara jumlah siswa dengan buku tes mapel 3:1
Pengelolaan kelas :100%
Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 70%
Variasi/model penilaian: 2model
Pengolahan/analisis hasil penilaian: 2 jenis manual

-   Pemanfaatan/ tindak lanjut hasil penilaian: 2 manfaat
Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 70%
Variasi/model penilaian: 2model
Pengolahan/analisis hasil penilaian: 1 jenis manual
-   Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian: 2 manfaat
-   Cakupan kegiatan pemantau-an pembelajaran: 40%
-   Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: 40%
-   Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: 40%
-   Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 40%
-   Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran: 60%
Kepemilikan silabus oleh guru: 80%
Kepemilikan RPP oleh guru:80%
Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar:80%
Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman guru terhadap karakteristik siswa :80

Jumlah siswa perombel 32
Beban mengajar guru : 24

Rasio antara jumlah siswa dengan buku tes mapel 2:1
Pengelolaan kelas :100%
Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 80%
Variasi/model penilaian: 2model
Pengolahan/analisis hasil penilaian: 3 jenis manual

-   Pemanfaatan/ tindak lanjut hasil penilaian: 3 manfaat
Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 90%
Variasi/model penilaian: 2model
Pengolahan/analisis hasil penilaian: 1 jenis manual
-   Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian: 3 manfaat
-   Cakupan kegiatan pemantau-an pembelajaran: 80%
-   Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: 80%
-   Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: 40%
-   Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 40%
-   Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran: 80%
Kepemilikan silabus oleh guru: 100%
Kepemilikan RPP oleh guru:80%
Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar:100%
Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman guru terhadap karakteristik siswa :100
Jumlah siswa perombe32
Beban mengajar guru : 24


Rasio antara jumlah siswa dengan buku tes mapel 1:1
Pengelolaan kelas :100%
Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 100%
Variasi/model penilaian: 2model
Pengolahan/analisis hasil penilaian: 4 jenis manual dan IT
-    Pemanfaatan/ tindak lanjut hasil penilaian: 4 manfaat
Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 90%
Variasi/model penilaian: 2model
Pengolahan/analisis hasil penilaian: 1 jenis manual
-    Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian: 4 manfaat
-    Cakupan kegiatan pemantau-an pembelajaran: 1000%
-    Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: 100%
-    Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: 40%
-    Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 40%
-    Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran: 100%
Kepemilikan silabus oleh guru: 100%
Kepemilikan RPP oleh guru:100%
Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar:100%
Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman guru terhadap karakteristik siswa :100
Jumlah siswa perombe32
Beban mengajar guru : 24


Rasio antara jumlah siswa dengan buku tes mapel 1:1
Pengelolaan kelas :100%
Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 100%
Variasi/model penilaian: 3 model
Pengolahan/analisis hasil penilaian: 5 jenis manual dan IT
Pemanfaatan/ tindak lanjut hasil penilaian: 4 manfaat
Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 100%
Variasi/model penilaian: 3 model
Pengolahan/analisis hasil penilaian: 2jenis manual
Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian: 4 manfaat
Cakupan kegiatan pemantau-an pembelajaran: 100%
Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: 100%
Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: 90%
Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 100%
Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran: 100%
B
 Proses Pembelajaran bertaraf internasional

·  persiapan pembelajaran bertaraf internasional




















·      persyaratan pembelajaran bertaraf internasional












·    pelaksanaan pembelajaran bertaraf internasional
·    pelaksanaan penilaian pembelajaran bertaraf internasional








































·    pengawasan proses pembelajaran bertaraf internasional

Kepemilikan silabus oleh guru: 60%
Kepemilikan RPP oleh guru:50%
Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar:50%

Pengem-bangan perangkat instrumen untuk pemahamn guru terhadap karakteris-tik siswa :60

Jumlah siswa perombel 32
Beban mengajar guru : 24
Rasio antara jumlah siswa dengan buku tes mapel 3:1
Pengelolaan kelas :100%

Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 70%
Variasi/model penilaian: 2model
Pengolahan/analisis hasil penilaian: 2 jenis manual

-   Pemanfaatan/ tindak lanjut hasil penilaian: 2 manfaat
Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 70%
Variasi/model penilaian: 2model
Pengolahan/analisis hasil penilaian: 1 jenis manual
-   Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian: 2 manfaat
-   Cakupan kegiatan pemantauan pembelajaran: 40%
-   Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: 40%
-   Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: 40%
-   Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 40%
-   Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran: 60%
Kepemilikan silabus oleh guru: 80%
Kepemilikan RPP oleh guru:80%
Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar:80%

Pengem-bangan perangkat instrumen untuk pemahamn guru terhadap karakteris-tik siswa :80

Jumlah siswa perombel 32
Beban mengajar guru : 24
Rasio antara jumlah siswa dengan buku tes mapel 2:1
Pengelolaan kelas :100%

Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 80%
Variasi/model penilaian: 2model
Pengolahan/analisis hasil penilaian: 3 jenis manual

-   Pemanfaatan/ tindak lanjut hasil penilaian: 3 manfaat
Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 90%
Variasi/model penilaian: 2model
Pengolahan/analisis hasil penilaian: 1 jenis manual
-   Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian: 3 manfaat
-   Cakupan kegiatan pemantauan pembelajaran: 80%
-   Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: 80%
-   Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: 40%
-   Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 40%
-   Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran: 80%
Kepemilikan silabus oleh guru: 100%
Kepemilikan RPP oleh guru:80%
Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar:100%
Pengem-bangan perangkat instrumen untuk pemahamn guru terhadap karakteris-tik siswa :100
Jumlah siswa perombel 32
Beban mengajar guru : 24

Rasio antara jumlah siswa dengan buku tes mapel 1:1
Pengelolaan kelas :100%

Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 100%
Variasi/model penilaian: 2model
Pengolahan/analisis hasil penilaian: 4 jenis manual dan IT
-    Pemanfaatan/ tindak lanjut hasil penilaian: 4 manfaat
Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 90%
Variasi/model penilaian: 2model
Pengolahan/analisis hasil penilaian: 1 jenis manual
-    Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian: 4 manfaat
-    Cakupan kegiatan pemantauan pembelajaran: 1000%
-    Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: 100%
-    Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: 40%
-    Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 40%
-    Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran: 100%
Kepemilikan silabus oleh guru: 100%
Kepemilikan RPP oleh guru:100%
Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar:100%
Pengem-bangan perangkat instrumen untuk pemaham-an guru terhadap karakteris-tik siswa :100
Jumlah siswa perombel 32
Beban mengajar guru : 24

Rasio antara jumlah siswa dengan buku tes mapel 1:2
Pengelolaan kelas :100%

Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 100%
Variasi/model penilaian: 3 model
Pengolahan/analisis hasil penilaian: 5 jenis manual dan IT
Pemanfaatan/ tindak lanjut hasil penilaian: 4 manfaat
Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 100%
Variasi/model penilaian: 3 model
Pengolahan/analisis hasil penilaian: 2jenis manual
Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian: 4 manfaat
Cakupan kegiatan pemantauan pembelajaran: 100%
Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: 100%
Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: 90%
Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 100%
Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran: 100%
5.
PENGEMBANGAN KOMPETENSI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN BERTARAF INTERNASIONAL

a.  Peningkatan kompetensi kepala Sekolah dan staf sekolah
b. Peningkatan kompetensi pendidik
b.  Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan
100% sesuai SNP
95% sesuai SNP

70% sesuai SNP
100% sesuai SNP
100% sesuai SNP
80% sesuai SNP

100% sesuai SNP
100% sesuai SNP
90% sesuai SNP

100% sesuai SNP
100% sesuai SNP
100% sesuai SNP


·      kompetensi tenaga kependidikan (kepala sekolah) bertaraf internasional





·      kompetensi pendidik (guru) bertaraf internasional









·      kompetensi tenaga kependidikan lainnya yang bertaraf internasional




















·    Studi Banding ke sekolah bertaraf Internasional
·    Work shop tentang  Rencana program  dan pelaksanaan RSMABI
Terpenuhi-nya pendidikan S2
Mahir berbahasa Inggris



Dapat mengoperasikan IT dengan trampil



Sarjana 100% bisa tercapai


mengikuti workshop 100 %,

Penguasaan berbahasa Inggris 50%
Penguasaan IT  50%



Sarjana 100% bisa tercapai

Berbahasa Inggris 50%

Penguasaan IT  50%




2 kali


 6  kali

Melanjut-kan ke S3
Mahir berbahasa Inggris



Dapat mengoperasikan IT dengan trampil dan dapat membuat product
Sarjana 100%
Melanjutkan S2 sejumlah 30 %
mengikuti workshop 100 %,

Penguasaan berbahasa Inggris 75%
Penguasaan IT  75% dan dapat membuat product
Sarjana 100%


Penguasaan berbahasa Inggris 75%
Penguasaan IT  75%
dan dapat membuat product

3 kali


6 kali

Melan-jutkan ke S3
Mahir berbahasa Inggris



Dapat mengoperasikan IT dengan trampil dan dapat membuat product
Sarjana 100%
Melanjutkan S2 :30 %

mengikuti workshop 100 %,

Penguasaan berbahasa Inggris 90%
Penguasaan IT  90% dan dapat membuat product
Sarjana 100%


Penguasaan berbahasa Inggris 90%
Penguasaan IT  90%
dan dapat membuat product

4 kali


6 kali

Tercapainya pendidikan S3(bertaraf Internasional)
Mahir berbahasa Inggris   (advance)
Dapat mengoperasi-kan IT dengan terampil dan dapat membuat product
S2 30 % tercapai


mengikuti workshop 100 %,

Penguasaan berbahasa Inggris 100%
Penguasaan IT  100% dan dapat membuat product
Sarjana 100%
Melanjut-kan S2

Penguasaan berbahasa Inggris 90%
Penguasaan IT  90%
dan dapat membuat product
5 kali


6 kali

6.
PENGEMBANGAN SARANA PRASARANA BERTARAF INTERNASIONAL

a.  Pemenuhan sarana dan prasarana minimal


b.  Pemenuhan sarana dan prasarana penunjang lainnya




c.   Pemenuhan fasilitas pembelajaran dan penilaian
70% terpenuhi sesuai SNP


70% terpenuhi sesuai SNP




70% terpenuhi sesuai SNP
80% terpenuhi sesuai SNP

80% terpenuhi sesuai SNP

80% terpenuhi sesuai SNP
90% terpenuhi sesuai SNP


90% terpenuhi sesuai SNP



90% terpenuhi sesuai SNP
100% terpenuhi sesuai SNP


100% terpenuhi sesuai SNP

100% terpenuhi sesuai SNP

a. menyusun dan mendokumentasikan rencana pengembang-an fasilitas dalam jangka pendek dan panjang bertaraf internasional;
b. pengadaan peralatan media pembelajaran di kelas internasional (TV, DVD, Tape, LCD, dan sound system pendukung);
c. penambahan dan penyempurnaan jaringan internet di kelas internasional;
d. rehabilitasi ruang kelas internasional;
e. pengadaan fasilitas komputer untuk kelas internasional, ruang laboratorium IPA(Kim, Fis, Bio) laboratorium bahasa, ruang multimedia, dan laboratorium komputer
100%





3 kelas





3 kelas



3 kelas

3 unit


Revisi





10 kelas





10 kelas



6 kelas

6 unit

Revisi





20 kelas





20 kelas



9 kelas

9 unit
Revisi





Semua kelas




Semua kelas


12 kelas

12 unit
7.
PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI MANAJEMEN RSMABI

a.     Pemenuhan perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja dan kegiatan sekolah
b.     Pemenuhan struktur organisasi dan mekanisme kerja sekolah
c.     Peningkatan supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah
d.     Peningkatan peran serta masyarakat dan kemitraan
e.     Pengembangan perangkat administrasi sekolah (Program Aplikasi Sekolah)
f.       Pengembang-an PAS sekolah
g.     Pengembangan standar ISO: 9001 : 2008
70% terpenuhi sesuai SNP

80% terpenuhi sesuai SNP

90% terpenuhi sesuai SNP

100% terpenuhi sesuai SNP


a.     menyusun dokumen pengembangan manajemen sekolah bertaraf internasional, baik untuk jangka pendek, menengah, maupun panjang;
b.     operasionali-sasi implementasi MBS dalam bentuk penyediaan bahan/alat administrasi maupun pelaksanaan (pelaporan dan kerja sama dengan media cetak dan atau elektronik);
c.     implementasi model manajemen sekolah dengan standar internasional melalui persiapan secara bertahap untuk  penerapan ISO 9001:2008 dan penerapan PAS secara bertahap;
d.     pendokumen-tasian berbagai panduan khusus pengelolaan bertaraf Internasional/ ISO dalam berbagai aspek pendidikan yang berbasis IT (manajemen kesiswaan, fasilitas, perpustakaan, penilaian tenaga, penerapan website, dan sebagainya)
e.     memperoleh jalinan kerja sama dengan sekolah sederajat yang telah bertaraf internasional baik di dalam maupun di luar negeri.
20% terpenuhi sesuai standar RSMABI
40% terpenuhi sesuai standar RSMABI
60% terpenuhi sesuai standar RSMABI
80% terpenuhi sesuai standar RSMABI
8.
PENGEMBANGAN SUMBER DANA PENDIDIKAN BERTARAF INTERNASIONAL

a.  Peningkatan sumber dana pendidikan
b.  Pengembang-an pengaloka-sian dana
c.   Pengembangan penggunaan dana
d.  Peningkatan transparansi dan akuntabilitas pelaporan penggunaan dana
e.  Peningkatan dokumen pendukung pelaporan penggunaan dana
f.    Pengembangan income generating unit/unit usaha sekolah
70% terpenuhi sesuai SNP

80% terpenuhi sesuai SNP

90% terpenuhi sesuai SNP

100% terpenuhi sesuai SNP


a. pembuatan panduan-panduan program dan proposal khusus dalam upaya memperoleh sumber dana dari pihak lain;
b. mendokumen-tasikan berbagai rencana kegiatan yang akan dilaksanakan;
c. melakukan penggalian sumber dana dan penggalian dana dengan mengundang stakeholders (komite sekolah/orang tua peserta didik), dunia usaha/industri, dan melakukan kegiatan yang menghasilkan keuntungan ekonomi bagi sekolah;
d. melaksanakan penelusuran dan pertemuan alumni dalam upaya penggalangan dana untuk sekolah.
50% terpenuhi sesuai standar RSMABI
60% terpenuhi sesuai standar RSMABI
70% terpenuhi sesuai standar RSMABI
80% terpenuhi sesuai standar RSMABI
9.
PENGEMBANGAN PENILAIAN BERTARAF INTERNASIONAL

a.       Peningkatan kualitas dan kuantitas ulangan harian
b.       Peningkatan pelaksanaan Ulangan Tengah Semester
c.       Pengembangan materi Ulangan Akhir Semester
d.       Pengembangan materi Ulangan Kenaikan Kelas
e.       Pengembangan teknik-teknik penilaian kelas
f.         Pengembangan instrumen  ulangan harian
g.       Pengembangan instrumen ulangan tengah semester
h.       Pengembangan instrumen ulangan akhir semester
i.         Pengembangan instrumen ulangan kenaikan kelas
j.         Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian oleh guru
k.       Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian oleh sekolah
l.         Pengembangan perangkat pendokumentasian penilaian
80% tercapai sesuai SNP

90% tercapai sesuai SNP

100% tercapai sesuai SNP

100% tercapai sesuai SNP


a. menyusun dan mengembang-kan konsep dan panduan standar internasional sistem penilaian.
b. mendoku-mentasikan konsep dan panduan standar internasional sistem penilaian, meliputi: standar nilai, standar metode penilaian, standar instrumen penilaian sesuai karakteristik masing-masing mata pelajaran, standar analisis nilai, standar kompetensi yang dinilai, dan lain-lain melalui penerapan PAS sistem penilaian;
c. menyusun kisi-kisi kompetensi yang akan dinilai bertaraf internasional sesuai karakteristik masing-masing mata pelajaran;
d. menyusun instrumen atau perangkat soal dalam berbagai jenis dan bentuk sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang sesuai tuntutan kurikulum internasional;
e. melaksanakan penilaian dan analisis nilai oleh semua pendidik yang mengajar kelas internasional;
f. mendokumentasikan nilai di sekolah.
4 mapel
7 mapel
10 mapel
10 mapel + 2 mulok
10
PENGEMBANGAN BUDAYA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH

a.     Pengembangan budaya bersih
b.     Pengembangan budaya baca
c.     Pengembangan budaya tata krama (4S)
d.     Penciptaan lingkungan sekolah yang sehat, asri, indah, rindang, dan sejuk (tamanisasi)
e.     Pemenuhan sistem sanitasi/drainasi
f.       Peningkatan kerja sama dengan lembaga lain yang relevan dengan bidang 6K
g.     Pengembangan lomba-lomba kebersihan dan kesehatan.
70%

70%

70%

60%

60%

2



2

80%

80%

80%

75%

75%

3



4

90%

90%

90%

90%

90%

4



6

100%

100%

100%

100%

100%

5



8




K.   SUPERVISI, MONITORING, DAN EVALUASI
Program supervisi, monitoring, dan evaluasi yang dilakukan sekolah dalam empat tahun ke depan adalah sebagai berikut.
  1. Mewujudkan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan pendidikan dan hasil-hasilnya.
  2. Mewujudkan supervisi klinis pengembangan SKL, Kurikulum, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Proses Pembelajaran, Manajemen Sekolah, Pembiayaan, Sarana dan Prasarana, serta Penilaian Bertaraf Internasional (membuat instrumen, memvalidasi, melaksanakan, menganalisis, membuat laporan, tindak lanjutnya)
  3. Mewujudkan supervisi klinis CTL, Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Aktif, dan sebagainya.
  4. Mewujudkan evaluasi kinerja sekolah secara internal pada setiap  akhir tahun pelajaran dengan tahapan: a) menetukan tim, b) membuat instrumen,c) memvalidasi, d) melaksanakan, e)menganalisis, f) membuat laporan, dan g)tindak lanjutnya.
Rincian Program Supervisi, Monitoring, dan Evaluasi SMA Negeri 1 Batu selama empat tahun adalah sebagai berikut.
No
Program
Tahun Pelaksanaan, Prioritas Program
2011/2012
2012/2013
2013/2014
2014/2015
1.
Pembentukan Tim Pelaksana Supervisi, Monitoring, dan Evaluasi Intern Sekolah
2.
Analisis Kebutuhan dan Pengadaan Instrumen Supervisi, Monitoring, dan Evaluasi
2.
Pemenuhan Supervisi Klinis  Administrasi Sekolah

a.   Kegiatan Pembelajaran

b.   Administrasi Kurikulum

c.   Administrasi Kesiswaan

d.   Administrasi Sarana Prasarana

e.   Administrasi Keuangan dan pembiayaan

f.    Administrasi Manajemen Sekolah

g.   Administrasi Ketenagaan (Ditendik)

h.   Administrasi Bimbingan Konseling

i.     Administrasi Budaya dan Lingkungan Sekolah
3.
Monitoring Pelaksanaan Program Sekolah

a.   Pemenuhan SKL dan Prestasi Sekolah/Siswa

b.   Pengembangan Standar Isi

c.   Pengembangan Proses Pembelajaran

d.   Pengembangan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

e.   Pemenuhan Sarana dan Prasarana

f.    Pemenuhan Standar Pengelolaan/Manajemen

g.   Pemenuhan Standar Pendanaan Pendidikan

h.   Pengembangan Standar Penilaian Pendidikan

i.    Pengembangan Budaya Sekolah

j.    Pengembangan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal
4.
Pemenuhan Evaluasi Kinerja Sekolah RSMABI
5.
Pemenuhan Evaluasi Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan
6.
Tindak lanjut hasil supervisi, monitoring, dan evaluasi

Pelaksanaan Supervisi, Monitoring, dan Evaluasi
a.    Internal
a)    Kepala sekolah
b)    Kepala sekolah dan wakil kepala sekolah
b.    Eksternal
c)    Komite sekolah
d)    Dinas Pendidikan Kota Batu
e)    Bawasda Kota
f)        Dinas Pendidikan Provinsi
g)    Direktorat Pembinaan SMA
h)   Irjen Depdiknas, BPKP, dan BPK

Waktu Pelaksanaan
a.  Supervisi dan Monitoring    
1.    Internal: dilaksanakan setiap dua bulan sekali
2.    Eksternal: sesuai jadwal monitoring
b. Evaluasi
1.    Internal: dilaksanakan akhir tahun pelajaran
2.    Eksternal: sesuai jadwal evaluasi

Sumber Data
c.    Dokumen
d.    Hasil Pengamatan
e.    Instrumen ME

Metode Pengumpulan Data
f.     Metode dokumentasi
g.    Metode wawancara
h.    Metode observasi
i.      Metode kuesioner

L.    RENCANA ANGGARAN DAN BELANJA SEKOLAH
RENCANA KEGIATAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS)

Nama Sekolah                        : SMA Negeri 1 Batu
Alamat                         : Jl. KH. Agus Salim No. 57
Kecamatan                 : Batu
Kab / Kota                   : Batu
Provinsi                       : Jawa Timur

R  K  AS
STANDAR
PROGRAM DAN KEGIATAN
SATUAN / VOLUME
SUMBER DANA DAN ALOKASI ANGGARAN
Rutin (Rp)
Bos (Rp)
BKSM/AUSKM(Rp)
Block Grand     (Rp)
Sumber lain(Rp)
Jumlah (Rp)



Isi
Workshoop peningkatan kinerja Tim Pengembang Kurikulum (TPK) sesuai dengan prosedur meliputi jadwal kegiatan, pelaksanaan kegiatan dan pelaporan kegiatan..
2x14x25000
700.000




700.000

Menambah pelajaran mulok sesuai dengan budaya dan potensi daerah Kota Batu sehingga dapat teradopsi dan menjadi sebuah karakter daerah salah satunya dengan Karawitan bagi kelas X
2x11x12x 50000
13.200.000




13.200.000
Memonitoring kegiatan remedial dan pengayaan dengan menggunakan intrumen yang sesuai

2X2X12X25000
1.200.000




1.200.000
Penambahan tenaga guru BK.
550000X12
6.500.000




6.500.000



Proses
Melakukan kegiatan workshop penyusunan RPP yang bersinergi dengan silabus yang memperhatikan aspek tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik
3X90X105.000



28.350000

28.350.000
Menambah  buku pelajaran sehingga memenuhi rasio 1 : 1 antara siswa dengan buku, dengan melibatkan pemerintah kota Batu.
25X18X50.000
22.500.000




22.500.000

Kompetensi Lulusan

Pelaksanaan remidi sehingga mencapai target untuk sejumlah siswa yang belum melampaui KKM
267X18X7.500
36.045.000




36.045.000
Pembinaan pada guru tentang tugas mandiri terstruktur dan tugas mandiri tidak terstruktur
1X90X35000
3.125.000




3.125.000
Pembinaan pada guru mata pelajaran untuk  memotivasi dan meningkatkan percaya diri yang tinggi bagi siswa
1X90X35000
3.125.000




3.125.000
Ditingkatkan budaya sapa, salam dan senyum dalam setiap aspek kehidupan sekolah, dengan melibatkan semua guru dan peserta didik dalam kegiatan : Halal Bihalal, Latihan kedisiplinan
2X125X50.000
12.500.000




12.500.000
Pelatihan motivasi terhadap peserta didik untuk memilih ekstrakurikuler yang sesuai dengan minatnya
1X900X12.500
2.250.000




2.250.000

Pengadaan buku rekaman ibadah untuk siswa yang beragama non muslim
25X1X42.500
1.062500






1.062500
PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
Penambahan guru TI, Olah Raga
2x12x550.000
13.200.000




13.200.000
Menigkatkan kualifikasi pendidik ke jenjang S-2 (Biologi dan Fisika)
2X1X7.500.000



15.000.000

15.000.000
Meningkatan jenjang pendidikan untuk tenaga kependidikan sampai sarjana (Katas)







Meningkatkan kemampuan bahasa inggris terutama guru MIPA (melalui kursus)
15X1X500.000



7.500000

7.500.000

SARANA DAN PRASARANA
Rehab 17 ruang kelas, ,Laboratorium Bahasa dan Laboratorium komputer. Sehingga memenuhi standar
19X47.500.000




902.500.000
902.500.000
Membangun  1 ruang kelas dan merehab 16 ruang kelas yang sesuai standar
1X75.000




75.000.000
75.000.000
Menambah jumlah komputer di laboratorium komputer yang sesuai standard, pada laboratorium bahasa dan multimedia perlu ditingkatkan jumlah maupun kualitas yang sesuai standar
10X4.500.000
45.000.000




45.000.000
Pemeliharaan bangunan sekolah secara berkala dan sesuai dengan SNP

40.000.000




40.000.000
Rehab kelas akselerasi (berkebutuhan Khusus) sesuai standar.
1X15.000.000
15.000.000




15.000.000
PENGELO LAAN
Menyusun RKS berdasarkan evaluasi diri sekolah, melibatkan semua komponen yang terkait
1x12x50.000
600.000




600.000
Di evaluasi secara berkala dan membuat program tindak lanjut dan peningkatan
1x12x50.000
600.000




600.000
Mereview RENSTRA dengan melibatkan seluruh komponen sekolah
1x12x50.000
600.000




600.000
Dilakukan program Penyusunan EDS secara berkelanjutan
1x12x50.000
600.000




600.000
Dibuatkan  parameter pengukuran kinerja yang baik
300.000
500.000




500.000

Dibuat program yang dapat memudahkan akses informasi sekolah

5.000.000
5.000.000




5.000.000

Dilakukan peningkatan akses dan pengupdate data
500.000
500.000




500.000

Dibuatkan perangkat monitoring tentang Kinerja pendidik dan tenaga kependidikan
125X1X3.500
437.500




437.500

Dilakukan  supervise tenaga pendidik dan kependidikan , hasilnya ditindak lanjuti
500.000
500.000




500.000

Dilibatkan semua warga sekolah berperan aktif dalan kegiatan akademis dan non akademis dalam bentuk pembinaan
12x100.000
1.200.000




1.200.000

Dilakukan tindak lanjut MoU yang telah dilakukan dengan pihak-pihak lain, yaitu UMM(backstopping aksel), Lemjiantek (PBB)
3x1.000.000
3.000.000




3.000.000
PEMBIAYAAN
 Menyusun RAPBS sesuai PP No.48
8X4X150.000
4.800.000




4.800.000
Sosialisasi penyusunan rencana keuangan sekolah terhadap pihak yang terkait
1X10X50.000
500.000




500.000
Laporan secara menyeluruh kepada pemerintah dan pemangku kepentingan
5X50.000
250.000




250.000
Rapat koordinasi dengan pengelola kantin, koperasi sekolah untuk mengoptimalkan hasil
3X15X50.000
2.250.000




2.250.000
Rapat koordinasi dengan dunia usaha dan dunia industri
2x500.000
1.000.000




1.000.000

Dibentuk Ikatan Alumni
250.000
250.000




250.000

Sekolah memberikan bentuan kepada siswa yang kurang mampu dengan subsidi silang
155X12X150.000




279.000.000
279.000.000
PENILAIAN PENDIDI KAN
Workshoop penyusunan intrumen penilaian
1X90X105.000



9.450.000

9.450.000
Diadakan pelatihan untuk penyusunan KKM melalui analisis Indikator
1X90X50.000
4.500.000




4.500.000
Guru membuat RPP nya sendiri







Workshoop penyusunan intrumen penilaian
1X90X105.000



9.450.000

9.450.000
Melaksanaan analisis hasil belajar dan analisis butir soal sebagai bahan remedial
1X90X35.000
3.150.000




3.150.000

Rapat orang tua siswa dalam rangka meningkatkan peran sertanya terhadap sekolah
2X900X5.500
9.900.000




9.900.000
JUMLAH





1.581.795.000

CATATAN    Untuk menyempurnakan  RKAS/M  Saudara  merujuk pada juknis penyusunan RAKS di bahan bacaan :7


PENUTUP

Demikian rencana kegiatan sekolah kami buat dengan harapan rencana tersebut diatas dapat terimplementasikan ke dalam rencana pengembangan sekolah dan menjadi acuan bagi pemangku kepentingan ( Dinas Pendidikan Kota, Pemerintah Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, Kementerian Pendidikan Nasional ) sebagai bahan pertimbangan untuk membantu sekolah dalam upaya memenuhi delapan standar Nasional Pendidikan yang berdampak kepada primanya layanan bagi peserta didik, orangtua, masyarakat, dan pemangku kepentingan.



                                                                        Kepala SMA Negeri 1 Batu


                                                                        Drs. SUPRANTIYO, MM
                                                                        NIP. 19590923 198703 1 009