Panduan Kegiatan Monev Simulasi Asesmen Nasional

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.                Latar Belakang

            Asesmen Nasional terdiri dari tiga bagian yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar. AKM merupakan instrumen untuk mengukur aspek kognitif peserta didik yaitu kemampuan literasi membaca dan numerasi. Sedangkan Survey karakter di tujukan untuk mengukur aspek nin kognitif peserta dididk dan Survey Lingkungan Belajar di tujukan untuk mengukur aspek non kognitif berdasarkan perspektif peserta didik, guru dan kepala sekolah.

            Dalam mengimplementasikan Asesmen Nasional, mode yang sedang di persiapkan adalah            moda asesmen berbasis komputer daring (online) dan semi daring (semi online). Salah satu keunggulan moda berbasis komputer adalah asesmen dapat di laksanakan secara obyektif, yaitu ujian yang benar benar dapat mengukur kemampuan siswa. Di samping itu peluang untuk terjadinya kecurangan (kebocoran kunci jawaban) dapat di minimalisir,  di samping efisiensi dalam pelaksanaannya.

            Asesmen Nasional di laksanakan mulai tahun 2021 bagi seluruh satuan pendidikan setiap jenjangnya (SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA, dan SMK/MAK sederajat), namun untuk peserta didik akan di pilih secara sampling di setiap satuan pendidikan. Dengan melihat implementasi Asesmen Nasinal di lakukan secara masal di setiap satuan pendidikan di Indonesia, maka perlu kiranya di persiapkan langkah langkah terukur dalam pelaksanaannya.

            Hal hal yang perlu di persiapkan di antaranya adalah verifikasi kesiapan satuan pendidikan, SDM dan sarana prasarana yang memadai. Beberapa kebijakan yang dapat di lakukan seperti penambahan sarana komputer, berbagi sumber daya (resource sharing), pelatihan proktor, dan penyiapan siswa merupakan kunci keberhasilan pelaksanaan Asesmen Nasional di tingkat satuan pendidikan. Pada akhirnya satuan pendidikan dapat melaksanakan Asesmen Nasional dengan baik.

Asesmen Nasional dilaksanakan oleh seluruh sekolah di seluruh jenjang. Namun ada sekolah yang akan melaksanakan secara madiri dan ada yang akan melaksanakan menumpang di sekolah lain. Asesmen Nasional akan berlangsung secara online dan semi online. Sistem ofline tidak di laksanakan karena tidak efektif dan efisien dalam menghadapi masalah dan kendala saat penyiapan bahan Asesmen sampai dengan penggandaan dan distribusi naskah soal, kecurangan selama pelaksanaan Asesmen, juga proses pemeriksaan soal (scanning LIK dan scoring) yang memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Menghadapi pelaksanaan Asesmen Nasional jenjang SD yangng dilaksanakan pada bulan ............................ 2022, LPMP Propinsi ........................ mengadakan Kegiatan Monitoring dan Evaluasi untuk Pelaksanaan Simulasi Asesmen Nasional jenjang SD .

 

B.     Dasar Hukum

Dasar hukum pelaksanaan Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Simulasi Asesmen Nasional jenjang SD adalah:

1.      Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301);

2.      PP Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.

3.      Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan (Lembaran Negara Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5157);

4.      Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 45 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2019 Nomor 1673) sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 9 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 45 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2020 Nomor 124);

5.        Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 14 Tahun 2015 sebagaimana diubah dengan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan.

6.        Permendikbud Nomor 26 dan Nomor 27 Tahun 2018 tentang Rincian Tugas dan Unit Kerja di Lingkungan LPMP

7.        Permendikbud Nomor 28 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah.

8.        DIPA dan RKA-KL Tahun Anggaran 2021 satker LPMP Propinsi ........................ No. SP DIPA – 023.03.2.417799/2020 tanggal 23 Nopember 2020

 

 

C.    Tujuan

 

1.        Kegiatan ini sebagai bagian dari proses pengawasan terhadap pelaksanaan Simulasi Asesmen Nasioanl.

2.        Mengetahui keterlaksanaan pelaksanaan Simulasi Asesmen Nasional.

3.        Menemukan permasalahan pelaksanaan Simulasi Asesmen Nasional.

4.        Menemukan pemecahan permasalahan dalam pelaksanaan Simulasi Asesmen Nasional.

 

D.    Hasil yang Di harapkan

 

Setelah di laksanakan kegiatan ini, di harapkan:

1.        Diperoleh data tentang pelaksanaan Simulasi Asesmen Nasional di daerah.

2.        Kelancaran pelaksanaan Simulasi Asesmen Nasional

3.        Segala hambatan dan permasalahan Simulasi Asesmen Nasional dapat teratasi dengan baik.

4.        Pelaksanaan Asesmen Nasioanal di jenjang SD atau Asesmen Nasional pada masa mendatang dapat lebih baik.

  

 

 

BAB II

PELAKSANAAN KEGIATAN

 

A.       Mekanisme Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan Monev Simulasi Asesmen Nasional Jenjang SD dilaksanakan dengan melakukan pengumpulan data dengan instrumen yang telah di siapkan. Pengumpulan data di lakukan dengan wawancara, dengan melakukan observasi, menggunakan dokumentasi, menganalisis dan menginterpretasikan data dan mengembangkan usulan atau rekomendasi.

 

B.       Waktu dan Tempat

Kegiatan Monev Simulasi Asesmen Nasional Jenjang SD Tahun 2022, di laksanakan di 10 Kabupaten/Kota di Propinsi ........................ pada tanggal .................................. 2022.

 

C.  Petugas Kegiatan

Petugas dalam Kegiatan Monev Simulasi Asesmen Nasional Jenjang SD Tahun 2022  adalah : Tenaga Struktural dan Staf dari LPMP Propinsi ........................

 

D.  Sasaran  Kegiatan

Sasaran Kegiatan Monev Simulasi Asesmen Nasional Jenjang SD yaitu pejabat/penanggung jawab yang menangani pelaksanaan asesmen nasional di Kabupaten/Kota dan sekolah yang menyelenggarakan Simulasi Asesmen Nasional secara mandiri atau di tumpangi oleh sekolah lain.

 

E.  Pembiayaan

Biaya untuk perjalanan dan akomodasi selama berlangsung kegiatan di bebankan kepada LPMP Propinsi ........................

 

 

BAB III

PENUTUP

 

Kegiatan Asesmen nasional adalah salah satu program utama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai bagian upaya peningkatan mutu pendidikan. Asesmen merupakan salah satu proses penting dalam pendidikan yang berguna untuk menilai efektivitas pembelajaran dan ketercapaian kurikulum. Proses asesmen sangat penting dilakukan untuk mengevaluasi sekaligus memperbaiki proses pembelajaran. Asesmen Nasional bertujuan untuk memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil melalui serangkaian tahapan. Hasil dari Asesmen Nasional tidak digunakan untuk melakukan pemeringkatan sekolah, melainkan untuk perbaikan kualitas belajar di sekolah-sekolah yang pada akhirnya diharapkan meningkatkan hasil belajar murid.

Panduan pelaksanaan kegiatan ini disusun untuk dijadikan referensi bagi para pelaksana kegiatan agar pelaksanaan dan hasil kegiatan ini sesuai dengan yang di harapkan.Panduan ini memberikan acuan yang bersifat umum tentang pelaksanaan Monev Simulasi Asesmen Nasional Jenjang SD tahun 2022