BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa Sistem
Pendidikan Nasional adalah
keseluruhan komponen pendidikan
yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional,
yaitu untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan
martabat manusia Indonesia. Selanjutnya sebagaimana diamanatkan di dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia
Nomor 19 tahun 2005, yang selanjutnya telah mengalami dua kali perubahan
menjadi Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun
2013 dan Peraturan Pemerintah nomor 13 tahun 2015 bahwa setiap Satuan Pendidikan
pada jalur formal dan nonformal wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan.
Penjaminan mutu pendidikan tersebut bertujuan untuk memenuhi atau melampaui
Standar Nasional Pendidikan.Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) merupakan suatu
kegiatan yang meliputi Sistem
Penjaminan Mutu Internal
(SPMI) dan Sistem
Penjaminan Mutu Eksternal
(SPME). SPMI merupakan kegiatan penjaminan mutu yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan
yang dilaksanakan dalam satu siklus penjaminan mutu pendidikan meliputi tahap
penetapan standar, tahap pemetaan mutu, tahap
perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap monitoring dan evaluasi. Selain SPMI, pemerintah
juga telah menetapkan berbagai program kegiatan lain yang dilakukan dalam upaya
peningkatan mutu, termasuk peningkatan kompetensi dan kapabilitas peserta
didik, antara lain program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Kurikulum 2013, dan Gerakan Literasi Sekolah. Semua program
tersebut selayaknya dilakukan secara terpadu,
bukan terpisah-pisah yang akan mempermudah satuan pendidikan melaksanakan
pencapaian mutu.
Penguatan pelaksanaan SPMI di sekolah
perlu untuk selalu
dilakukan termasuk dalam kaitannya dengan pembentukan sekolah
sehat berkarakter. Pelaksanaan SPMI yang terintegrasi dengan
pelaksanaan PPK, K13, dan literasi
perlu dipahami oleh seluruh komponen satuan Pendidikan Dasar dan
Menengah. Oleh karena itu perlu dilakukan Bimtek SPMI terhadap satuan Pendidikan
Dasar dan Menengah. Panduan ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi LPMP dalam
melaksanakan kegiatan Bimtek
SPMI bagi sekolah bukan binaan, sehingga dapat dicapai hasil
seperti yang diharapkan.
B.
DASAR HUKUM
Dasar hukum pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai
berikut :
1.
UU
Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional.
2.
PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan dan PP
Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun
2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
3.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 14 Tahun 2015 sebagaimana diubah dengan Permendikbud Nomor
6 Tahun 2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan.
4.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 tahun 2015 tentang
Penumbuhan Budi Pekerti (Gerakan Literasi Sekolah).
5.
Permendikbud Nomor 28 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah.
6.
Permendikbud Nomor 26 dan Nomor 27 Tahun 2018 tentang Rincian Tugas dan
Unit Kerja di Lingkungan LPMP
7.
Permendikbud No. 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada
Satuan Pendidikan Formal.
8.
DIPA dan RKA-KL
Tahun Anggaran 2019
satker LPMP ........................
No. DIPA – 023.03.2.417799/2019 tanggal 05 Desember 2018.
- MAKSUD DAN TUJUAN
Kegiatan Bimtek SPMI bagi sekolah bukan binaan bertujuan untuk :
1)
Memberikan informasi
dan pemahaman tentang Sistem Penjaminan Mutu Internal ( SPMI ) bagi satuan Pendidikan Dasar dan
Menengah.
2) Memberikan bimbingan kepada peserta sebagai pelaksana penjaminan mutu di satuan Pendidikan agar dapat melakukan Penjaminan Mutu Internal, sesuai dengan peran dan tanggung jawab masing – masing secara tepat dan berkesinambungan.
D. Hasil yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan Bimtek SPMI Bagi Sekolah bukan Binaan
Tahun 2019 adalah:
1.
Tercapainya pemahaman Sistem Penjaminan Mutu Internal di tingkat
Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dalam
pencapaian Standar Nasional Pendidikan.
2.
Terlaksananya Sistem
Penjaminan Mutu Internal di tingkat satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN
A. Waktu Pelaksanaan Dan Tempat
Pelaksanaan Kegiatan Bimtek SPMI bagi sekolah
bukan Binaan dilaksanakan pada tanggal 9
s.d 12 Desember
2019 dan tanggal 15 s.d 18 Desember 2019 di LPMP ........................
B. Peserta
Peserta Pelaksanaan
Kegiatan Bimtek Penjaminan Mutu Pendidikan Pendidikan adalah Kepala
sekolah dan Guru tingkat Sekolah Dasar dan Menengah Pertama di 10 kab / Kota di
Provinsi .........................
C. Narasumber/Fasilitator
Sebagai narasumber pada
kegiatan ini adalah Widyaiswara LPMP ........................ yang telah
mengikuti pelatihan Fasilitator tingkat nasional.
STRUKTUR PROGRAM
BIMBINGAN TEKNIS SPMI BAGI SEKOLAH BUKAN BINAAN
TAHUN 2019
LPMP PROVINSI ........................
No |
Program |
Materi |
Alokasi Waktu |
Penyaji |
A. B. C. |
Umum Pokok Penunjang |
1.
Kebijakan 2.
Orentasi Program 3.
Sistem Penjaminan Mutu
Pendidikan (PMP) 4.
Sistem Penjaminan Mutu
Pendidikan Internal (SPMI) 5.
SNP, Indikator, dam
Instrumen 6.
Workshop Analisis hasil Peta Mutu/Rapor Mutu 7.
Workshop Penyusunan Rencana Kerja Sekolah 8.
Workshop Penyusunan
Laporan Pemenuhan Mutu 9. Simulasi Audit Internal 10. Penyusunan Tim SPMI Sekolah 11. Rencana Tindak Lanjut 12. Pembukaan/Penutupan |
2 2 2 2 6 6 6 3 2 2 |
Kepala LPMP ........................ Narasumber LPMP ......................../Widyaiswara |
J um l a h |
33 JP |
|
- Jadwal
JADWAL BIMBINGAN TEKNIS SPMI BAGI SEKOLAH BUKAN BINAAN |
|
|||||
LPMP ........................ |
|
|||||
TANGGAL : 9 s.d 12 DESEMBER
2019 |
|
|||||
(
TAHAP 1 ) |
|
|||||
WAKTU |
Hari / Tanggal |
|||||
Senin, 9 Desember 2019 ( Hari 1 ) |
Selasa, 10 Desember 2019 ( Hari 2 ) |
Rabu, 11 Desember 2019 ( Hari 3) |
Kamis, 12 Desember 2019 ( Hari 3 ) |
|||
1 |
07.30 – 08.30 |
Registrasi |
B.6 |
B.7 |
B.9 |
|
2 |
08.30 – 09.30 |
Registrasi |
B.6 |
B.7 |
B. 10 |
|
|
09.30 – 10.00 |
ISTIRAHAT |
||||
3 |
10.00 – 11.00 |
Pembukaan /A2 |
B.6 |
B.8 |
B. 10 |
|
4 |
11.00 – 12.00 |
A.2 |
B.6 |
B.8 |
C.11 |
|
|
12.00 – 13.30 |
ISHOMAIshoma |
||||
5 |
13.30 – 14.30 |
B.3 |
B.6 |
B.8 |
C.11 |
|
6 |
14.30 – 15.30 |
B.3 |
B.6 |
B.8 |
Penutupan |
|
|
15.30 – 16.00 |
ISHOMA |
|
|||
7 |
16.00 – 17.00 |
B.4 |
B.7 |
B.8 |
|
|
8 |
17.00 – 18.00 |
B.4 |
B.7 |
B.8 |
|
|
|
18.00 – 20.00 |
ISHOMA |
||||
9 |
20.00 – 21.00 |
B.5 |
B.7 |
B.9 |
|
|
10 |
21.00 _ 22.00 |
B.5 |
B.7 |
B.9 |
|
|
JADWAL BIMBINGAN TEKNIS SPMI BAGI SEKOLAH BUKAN BINAAN |
|
|||||
LPMP ........................ |
|
|||||
TANGGAL : 15 s.d 18 DESEMBER
2019 |
|
|||||
(
TAHAP 2 ) |
|
|||||
NO |
WAKTU |
Hari / Tanggal |
||||
Minggu, 15 Desember 2019 ( Hari 1 ) |
Senin, 16 Desember 2019 ( Hari 2 ) |
Selasa, 17 Desember 2019 ( Hari 3) |
Rabu, 18 Desember 2019 ( Hari 3 ) |
|||
1 |
07.30 – 08.30 |
Registrasi |
B.6 |
B.7 |
B.9 |
|
2 |
08.30 – 09.30 |
Registrasi |
B.6 |
B.7 |
B.
10 |
|
|
09.30 – 10.00 |
ISTIRAHAT |
||||
3 |
10.00 – 11.00 |
Pembukaan /A2 |
B.6 |
B.8 |
B.
10 |
|
4 |
11.00 – 12.00 |
A.2 |
B.6 |
B.8 |
C.11 |
|
|
12.00 – 13.30 |
ISHOMAIshoma |
||||
5 |
13.30 – 14.30 |
B.3 |
B.6 |
B.8 |
C.11 |
|
6 |
14.30 – 15.30 |
B.3 |
B.6 |
B.8 |
Penutupan |
|
|
15.30 – 16.00 |
ISHOMA |
|
|||
7 |
16.00 – 17.00 |
B.4 |
B.7 |
B.8 |
|
|
8 |
17.00 – 18.00 |
B.4 |
B.7 |
B.8 |
|
|
|
18.00 – 20.00 |
ISHOMA |
||||
9 |
20.00 – 21.00 |
B.5 |
B.7 |
B.9 |
|
|
10 |
21.00 _ 22.00 |
B.5 |
B.7 |
B.9 |
|
|
- Biaya
Biaya Pelaksanaan Kegiatan Bimtek SPMI
bagi Sekolah Bukan Binaan tahun 2019
dibebankan pada Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) LPMP ........................ Tahun Anggaran 2019.
BAB III
TATA TERTIB
1.
Setiap peserta diharapkan
segera melapor kepada panitia Peserta wajib memenuhi segala aturan yang
ditetapkan penyelenggara.
2.
Semua peserta diwajibkan
mengisi daftar hadir serta formulir isian data dan segera dikembalikan kepada
panitia.
1.
Melaporkan diri kepada
panitia untuk melakukan registrasi dan memperoleh informasi tentang akomodasi
konsumsi dan informasi lain terkait Kegiatan.
2.
Berpakaian
rapi selama mengikuti kegiatan.
3.
Datang
mengikuti Kegiatan tepat waktu.
4.
Mengikuti
seluruh kegiatan hingga selesai.
5.
Bekerjasama
dengan baik efektif, kolaboratif demi tercapainya tujuan dan sasaran Kegiatan
BAB IV
PENUTUP
Panduan pelaksanaan kegiatan ini disusun
untuk
dijadikan referensi
bagi
para
pelaksana kegiatan agar pelaksanaan dan hasil kegiatan ini sesuai dengan
yang diharapkan. Panduan ini memberikan acuan yang bersifat umum tentang pelaksanaan kegiatan Bimbingan
Teknis SPMI Bagi Sekolah bukan Binaan Tahun 2019 .