Perang Baratayudha Antara Pandawa dan Kurawa Akan Selalu Berulang, Pandawa Pasti Akan Selalu Mengalahkan Kurawa


Perang Baratayudha adalah perang yang terjadi antara Pandawa dan Kurawa. Perang ini terjadi karena penolakan anak anak destarata si Duryadana cs yang jumlahnya 100 menyerahkan tahta kepada anak anak pandu yang lebih berhak menerima tahta si Yudistira cs.

Dengan kelicikannya Duryudana cs kemudian memainkan permainan dadu dan berakibat pada mengungsinya pandawa ke hutan selama 13 tahun. Pasca pengungsian ini kemudian perang akhirnya tidak terelakkan karena Duryudana cs tetap tidak bersedia mengembalikan tahta. Sekali pun Kresna telah berusaha menjalin perdamaian perang memang akhirnya harus benar benar pecah dan kita sudah tahu bagaimana keakhirannya.

Perang Baratayudha muncul karena intrik intrik dalam perebutan kekuasaan. Antara status Quo dan penantang akan adu strategi, adu kekuatan dan bahkan adu kelicikan untuk mengalahkan lawannya.

Perang Baratayudha adalah perang antara kebaikan dan keburukan. Situasi laksana medan tempur Kurusetra selalu akan terjadi di setiap waktu. Bahwa kebaikan dan keburukan selalu akan bertarung sampai kelak jaman berakhir. Namun fitrahnya adalah kebaikan pasti akan menang pada akhirnya. Pandawa di jaman apa pun pasti akan mengalahkan Kurawa.