Omzet Pedagang Pada Anjlok, Tidak Usah Tanya Lagi Apa Sebabnya

Pedagang di pasar heran kenapa omzet mereka di ramadhan kali ini justru menurun. Jika tahun lalu mereka bisa menjual 2 kwintal daging ayam per hari kini tinggal 1,5 . Demikian juga dengan penjual daging sapi yang menyebut omsetnya menurun 50%, demikian juga dengan penjual telur dan pedagang pedagang lainnya. Semua mengeluh.

Sesungguhnya semua sudah sangat jelas bahwa hal ini adalah dampak dari pelemahan ekonomi rakyat. Bahkan pengusaha sekelas James Riady pun sekarang mengeluh karena melemahnya ekonomi telah menghambat bisnisnya terlebih bisnisnya adalah properti yang membutuhkan uang sangat besar. Kami punya sebidang tanah yang kami ingin jual seharga 78 jt padahal kami membelinya 86 jt sampai sekarang sdh berjalan 3 bulan belum juga laku. Ekonomi sekarang memang sulit, aset di obral, barang di obral, jualan di obral, tapi pembelinya yang kurang, daya belinya yang kurang.

Bila keadaan seperti sekarang terus di pertahankan sudah hampir dapat di pastikan bukan hanya pedagang kecil yang mati bahkan sampai pedagang sekelas konglomerat akan benar benar jatuh. Semua pilihan ada ditangan kita masing masing di 2019 nanti