ANGOLA DAN ZIMBABWE BANGKRUT KARENA UTANG, APAKAH INDONESIA JUGA AKAN MENGALAMI KEBANGKRUTAN

Angola dan Zimbabwe di sebut sebut mengalami kebangkrutan, salah satunya di sebut karena banyaknya utang akibat pembangunan infrastruktur yang luar biasa disana oleh Cina. Indonesia sedang dalam tahap pembangunan besar besaran infrastruktur sebagiannya oleh Cina. Namun menurut hemat kami keadaan Indonesia dan Angola serta Zimbabwe sangat jauh berbeda sehingga tidak akan pernah terjadi kasus yang sama dengan kita di Indonesia. Bahwa keadaan perekonomiaan bisa jadi memburuk, namun faktor potensi luar biasa yang di miliki Indonesia menjadikan Indonesia akan selalu bisa melewati permasalahan sebesar apa pun, sesulit apa pun. Yang akan terjadi kemungkinan besar hanyalah situasi situasi semacam tahun 1965 atau pun tahun 1998, dimana terjadi kekacauan secara politik, ekonomi, sosial, dan  kemudian maksimal akan terjadi pergantian kekuasaan pemerintahan. 

Indonesia negara superbesar dan punya super potensi luar biasa yang akan menjamin tetap berdirinya sebagai satu bangsa/state. Lihatlah besar penduduknya, lihatlah luas wilayahnya, lihatlah kekayaan alamnya, lihatlah potensi geografisnya, lihatlah hasil hasil pertanian, perkebunan dan peternakan. Bila di masing masing propinsi atau masing masing kabupaten kota 1 saja punya komoditi utama seperti Padi, Ikan, Karet, sapi, Kambing, Kopi, Teh, dan kemudian semuanya saling berbarter , di embargo 100 tahun pun Indonesia tetap akan kokoh berdiri. Lalu seandainya gunung emas yg dikuasai freefort, migas yg dikuasai puluhan perusahaan multinasional semuanya dikelola negara betapa luar biasa kayanya kita. Bayangkan berapa banyak di butuhkan prajurit untuk menutup seluruh wilayah Indonesia yang luas daratan Indonesia adalah 1.919.440 km² dan luas lautannya 3.273.810 km² .Sesungguhnya negara kita negara super dlm segala hal hanya kita tidak menyadari itu


Namun kejadian Angola dan Zimbabwe mungkin akan bisa juga terjadi di Indonesia, dimana pemerintahan akan jatuh bila terus menerus membiarkan utang menumpuk dan membuat perekonomian jatuh karena utang menumpuk akan meningkatkan pajak untuk membayarnya, sehingga satu waktu rakyat akan sampai pada beban puncak , daya tahannya tidak mampu lagi menahan kesulitan yang di hadapinya. Mudah mudahan Indonesia tetap bisa bertahan menghadapi kesulitan sebesar apa pun di depan.


Ingat lagu yang sering kita nyanyikan tempo dulu nampak pas dgn kondisi kita
Ku lihat ibu pertiwi
Sedang bersusah hati
Air matanya berlinang
..........