CONTOH CONTOH NASKAH PEMBACA ACARA

Contoh Naskah Pembawa Acara : PERINGATAN HUT KEMERDEKAAN RI

Yang kami hormati Bapak Lurah Kec. Tanjungpinang Barat
Bapak-bapak Ketua RW seluruh Kec. Tanjungpinang Barat
Ibu-ibu, Bapak-bapak dan hadirin yang berbahagia.

Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat malam dan selamat sejahtera, dengan mengucapkan syukur alhamdulillah, marilah kita bersama-sama berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena dengan rahmat-Nyalah kita semua bisa hadir bersama-sama di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.
Atas nama panitia kami menyampaikan terima kasih kepada hadirin, yang telah dengan tulus ikhlas menyempatkan diri menghadiri undangan kami dalam rangka ikut bersama-sama memeriahkan, memperingati hari besar nasional, hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indnesia yang ke-… yang kita cintai bersama ini. Semoga amal baik Bapak-bapak, Ibu-ibu dan hadirin semuanya itu mendapatkan balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Amin!

Hadirin yang kami muliakan, untuk memanfaatkan waktu baiklah segera saja kami bacakan susunan acara malam ini sebagai berikut :
1. Pembukaan
2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
3. Mengheningkan cipta
4. Sambutan Bapak Ketua Panitia
5. Sambutan Bapak Lurah kec. Tanjungpinang Barat
6. Pembagian hadiah
7. Pembacaan doa
8. Acara hiburan, dan
9. Penutup

Demikianlah susunan acara tersebut, selanjutnya marilah kita sama-sama masuk ke acara berikutnya, yakni acara kedua ialah menyanyikan lagu Indonesia Raya. Untuk itu rekan kami Saudara Bambang kami persilahkan memimpinnya, dan hadirin kami persilahkan berdiri.
***** ACARA MENYANYIKAN LAGU INDONESIA RAYA *****
Terima kasih, hadirin kami persilahkan tetap berdiri sejenak, sementara itu Saudara Bambang akan memimpin acara mengheningkan cipta. Kami persilahkan!
***** ACARA MENGHENINGKAN CIPTA *****
Terima kasih, hadirin kami persilahkan duduk! Bapak-bapak. Ibu-ibu, dan hadirin yang kami muliakan, tibalah sekarang acara berikutnya, yakni sambutan-sambutan. Sambutan pertama ialah dari Bapak Ketua Panitia Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-…. Untuk itu kami persilahkan yang terhormat Bapak Drs.Budi Sanjaya
***** SAMBUTAN BAPAK KETUA PANITIA *****
Terima kasih, Bapak Drs. .Budi Sanjaya, acara berikutnya ialah sambutan Bapak Lurah kec.Tanjungpinang Barat. Untuk itu segera kami berikan kesempatan ini kepada Bapak Lurah. Yang kami hormati Bapak ...... kami persilahkan!
***** SAMBUTAN BAPAK LURAH*****
Demikian hadirin sambutan Bapak Lurah kec.Tanjungpinang Barat, semoga kita semuanya mampu melaksanakan semua himbauan yang disampaikan Bapak Lurah tadi. Terima kasih Bapak .

 Hadirin yang kami hormati, acara berikutnya ialah pembagian hadiah. Pembagian hadiah ini merupakan hasil lomba yang diselenggarakan oleh adik-adik kita Karang Taruna, yang dengan sukses ikut partisipasi secara aktif memeriahkan peringatan ulang tahun kemerdekaan ini. Untuk itu acara berikut kami serahkan sepenuhnya kepada adik Irawan , ialah pembagian hadiah kepada para pemenang lomba. Adik Irawan kami persilahkan!
***** ACARA PEMBAGIAN HADIAH OLEH KARANG TARUNA *****
Acara demi acara telah kita lampaui. Sebelum menuju ke arah puncak, baiklah kita ikuti dahulu acara pembacaan doa, yang dalam hal ini akan dipimpin oleh Bapak Modin selaku sesepuh desa. Untuk itu yang kami hormati Bapak H. Mohammad Syaifullah kami persilahkan!
***** ACARA PEMBACAAN DOA *****
Terima kasih, Bapak H. Mohammad Syaifullah.
Hadirin yang kami hormati, tibalah sekarang pada acara yang kita tunggu-tunggu bersama, ialah acara hiburan yang akan ditampilan oleh adik-adik remaja desa kita. Untuk itu kami persilahkan hadirin mengikutinya sambil duduk santai dan menikmati hidangan yang telah kami sediakan. Sepenuhnya acara ini segera saja kami serahkan kepada pemandu acara Saudara kita Irfan Mursyid.
Atas nama panitia, kami mohon maaf jika seluruh acara malam ini masih belum sempurna. Dalam kesempatan terakhir ini sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada hadirin. Semoga puas dan berbahagia menikmati acara malam ini. Untuk acara hiburan, inilah Saudara Antoni. Kami persilahkan! Wabillahi taufiq wal hidayah,
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Naskah Pembawa Acara (Mc) Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW :

Bismillaahirrahmaanirrahiim,
Assalamualaikum..Wr..Wb..
Alhamdulillaahi robbil ‘alamiin, wassolaatu wassalaamu’alaa asrofil anbiyaa ii wal mursaliin sayyidina muhammadin, wa’ala alihi wa’ashabihi ajma’in, Robbi srohli sodri wahsirli amri wahlul ukdatammi lisaani yafkohul kauli amma ba’du.

Al Ustad Bapak . ………………………………
Yang kami hormati Bpk………………… selaku camat/lurah .............
Yang kami hormati Ketua Takmir dan segenap Pengurus Masjid..................
Yang kami hormati Panitia Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW
dan Bapak-bapak Serta Ibu-ibu yang berbahagia.

Puji syukur Al-hamdulillah marilah selalu kita panjatkan kehadirat Allah SWT. atas limpahan Rahmat, Taufiq, Hidayah serta Inayyah-Nya kepada kita semua sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul di Majelis ini untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1434 Hijriyah. dengan tanpa ada halangan suatu apapun(amin).

Sholawat serta salam muda-mudahan selalu tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW. yang telah menunjukkan kita jalan yang benar dan terhindar dari jalan yang sesat serta gelap gulita. Berkat bimbingan beliau kita sekarang berada pada jalan yang benar dan diridhoi.
 .
Selanjutnya disini saya sebagai pembawa acara akan membacakan susunan acara pada hari ini. Adapun susunan acaranya sbb:
1. Pembukaan
2. Pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an
3. Pembacaan Rawi/Sholawat Nabi
4. Sambutan-sambutan
5. mau’idoh hasanah serta do’a
6. penutup

Bapak/Ibu, para hadirin sekalian yang dimuliakan Allah SWT.

Untuk mempercepat waktu, marilah acara kita mulai :

Acara yang pertama pembukaan. Marilah acara pada hari ini kita buka dengan membaca Basmalah ……. (Bismillahirohmanirohim)

Dilanjutkan dengan acara yang kedua pembacaan ayat-ayat suci al-Qur’an.
 Kepada yang Bertugas kami persilahkan.!

Acara selanjutnya pembacaan Rawi/Sholawat Nabi.
 Kepada yang bertugas kami persilahkan..!

Dilanjutkan dengan acara yang keempat sambutan-sambutan,
  • Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh ketua panitia. Kepada beliau Bapak .......... kami Persilahkan.
  • Sambutan yang kedua akan disampaikan oleh Bpk. Camat kepada Beliau Bapak……………………………… Kami Persilahkan.
Acara yang kelima yaitu acara yang kita nanti nantikan yaitu MAUHIDOH HASANAH yang akan dilanjutkan dengan do’a.
Kepada Beliau Bapak ………………………………. Kami persilahakan. 
Demikianlah Mauhidoh Hasanah yang telah disampaikan oleh Bapak.......  
Sedikit kami simpulkan : Satu hal yang paling utama Marilah kita tingkatkan ketakwaan kita kepada Allah dan sebagai momentum untuk mengenang jasa-jasa beliau dalam memperjuangkan umat Muslim untuk menuju jalan kebaikan yang diridhoi oleh Allah SWT. dengan cara meningkatkan rasa taqwa kita terhadap Allah SWT

Bapak/Ibu, para hadirin sekalian yang dimuliakan Allah SWT.

Sebelum acara saya tutup, perkenankanlah saya disini mengucapkan terimakasih atas kehadiran bapak-Ibu dalam acara pengajian ini. Dan apabila saya dalam membawakan acara terdapat kesalahan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. .

Marilah acara pada hari ini kita tutup dengan membaca hamdalah ….
Wabilahii taufiq wal hidayah…… Wassalamualaikun wr.wb.


Assalaamu 'alaikum wr wb..
Bapak-bapak, ibu-ibu dan saudara-saudari yg berbahagia.
Pertama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt,atas rahmat dan berkah-Nya. Sehingga kita bisa berkumpul dalam rangka memperingati salah satu hari besar Islam,yakni Isra' Mi'raj Nabi Muhammad Saw.
Kedua,Shalawat dan salam senantiasa terlimpahkan dan tercurahkan kepada Nabi kita Muhammad saw. yg telah membimbing umat manusia ke jalan yg lurus:jalan yg diridhai oleh Allah Swt.
Hadirin hadirat, kaum muslimin muslimat yg kami hormati ! selanjutnya atas nama Panitia PeringatanPertama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt,atas rahmat dan berkah-Nya. Sehingga kita bisa berkumpul dalam rangka memperingati salah satu hari besar Islam,yakni Isra' Mi'raj Nabi Muhammad Saw.
Kedua,Shalawat dan salam senantiasa terlimpahkan dan tercurahkan kepada Nabi kita Muhammad saw. yg telah membimbing umat manusia ke jalan yg lurus:jalan yg diridhai oleh Allah Swt.
Hadirin hadirat, kaum muslimin muslimat yg kami hormati ! selanjutnya atas nama Panitia Peringatan Isra' Mi'raj. Kami mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian hadirin, yg dengan ikhlas sudi memenuhi undangan kami, untuk bersama-sama mendengarkan ceramah agama dalam memperingati Isra' Mi'raj Nabi Muhammad saw.
Hadirin hadirat, kaum muslimin muslimat yg kami hormati ! dalam peringatan Isra' Mi'raj kali ini akan kami bacakan susunan mata acara sebagai berikut:
1.pembukaan
2.pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an
3.sambutan ketua panitia
4.sambutan aparat pemerintah
5.ceramah agama,dilanjutkan do'a
5.Penutup
Demikianlah susunan acara peringatan Isra' Mi'raj malam ini,selanjutnya mari kita dengarkan dengan seksama pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an yg akan disampaikan oleh Saudara Yazied. Yg terhormat saudara Yazied kami persilahkan.
(PEMBACAAN AYAT-AYAT SUCI AL-QUR'AN)
Terima kasih saudara Yazied,semoga dengan bacaan Al-Qur'an tadi bermanfaat bagi yg membacanya,dan bagi kita semua.. Aamieen
Hadirin kaum muslimin muslimat yg kami hormati,selanjutnya marilah kita ikuti acara berikutnya, yakni sambutan-sambutan. Untuk sambutan pertama akan disampaikan oleh Bapak Taufiq selaku ketua panitia , kepada Bapak Taufiq kami persilahkan.
(SAMBUTAN KETUA PANITIA)
Terima kasih Bapak Taufiq,semoga amal baik kita diterima oleh Allah Swt. Aamien
Hadirin kaum muslimin muslimat yg kami hormati ! sambutan kedua akan disampaikan oleh Bapak Kades selaku penasehat dan pelindung peringatan Isra' Mi'raj ini. Kepada Pak Kades dipersilahkan.
(SAMBUTAN PAK KADES)
Terima kasih kepada Bapak Kades.
Hadirin kaum muslimin muslimat yg kami muliakan, tibalah kita pada acara inti, yaitu ceramah agama yg akan disampaikan oleh yg mulia KH.M.GHAZY AL-GIFARY, waktu dan tempat kami persilahkan.
(CERAMAH AGAMA)
Hadirin kaum muslimin dan muslimat yg kami hormati ! Demikian tadi ceramah agama yg telah kita ikuti bersama.Mudah-mudahan berguna dan bermanfaat bagi kita semua.
Acara selanjutnya do'a dan penutup.Untuk memimpin do'a, kami persilahkan kepada KH.M.GHAZY AL-GIFARY.
(DO'A>
Demikianlah hadirin kaum muslimin muslimat, telah selesai rangkaian acara peringatan Isra' Mi'raj malam ini, Atas nama Panitia Penyelenggara sekali lagi menyampaikan banyak terima kasih atas perhatiannya.dan mohon maaf jika dalam penyelenggaraan peringatan ini kurang berkenan.Dan kami sebagai pembawa acara bila ada ucapan dan tingkah laku yg kurang berkenan dihati hadirin kami mohon maaf yg sebesar-besarnya.
Contoh Naskah pembawa acara halal bihalal

 Di bawah ini saya tulis contah teks pembawa acara sebagai panduan untuk sdra/i menjlnkan tugas sebagai mc/pembawa acara pada Halal BIhalal yang akan datang, 

Bismillahirahmanirahiim
Assalamualaikum Wr.Wb 
Yang saya hormati Saudara Ketua Panitia (Saudara Muntholib)
Bapak Kyai Sholehan
Bapak dan Ibu, Tuan dan Puan
Hadirin Sekalian
Dan teman-teman/Saudara2ku yang saya cintai 
Alhamdulillahirobbil alamin
Ahamdulillahiladzi… Anzalasakinatafikululbilmukminin..Liyadzdadu imanan ma’a Imanihim..
Allohummasalli’ala sayyidina Mohammad wa’ala alihi waashabihi wasalim ajma’in ammaba’du
Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehinggga 
pada hari yang berbahagia ini kita msh saja diberi kenikmatan, sehingga kita dapat bertemu bersilaturahmi, khususnya dalam acara halal bihalal, dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Fitri yang berbahagia ini dan yang juga bertepatan dengan bulan kemerdekaan RI dan hari merdeka Negara Malaysia. tak lupa sholawat serta salam tercurahkan kepada Nabi besar kita yaitu, Nabi Muhammad SAW. Yang sangat kita harapkan syafaatnya besok dihari Kiamat. Allohumma… amiin

Hadirin dan hadirat yang berbahagia.
Sebagai umat Islam sudah selayaknya kita berlapang dada, khususnya terhadap sesama muslim dan muslimah, yang sudah barang tentu dalam kehidupan sehari-hari memiliki rasa khilaf, rasa salah dan rasa berdosa. Untuk itu dalam kesempatan yang berbahagia ini kami mengajak hadirin dan hadirat, untuk melapangkan dada, membuka hati dengan rasa sabar, atas ridhla Allah meminta maaf dan memberi maaf atas kesalahan di antara kita baik yang disengaja atau yang tidak disengaja.
Selaku pribadi dan selaku pembawa acara, dalam kesempatan ini pula, kami memohon maaf kepada hadirin jika ada sesuatu selama ini yang kurang berkenan di hati para hadirin sekalian. Semoga Allah mengampuni dosa dan kesalahan di antara kita dan memberikan kekuatan lahir dan bathin. Amin..dan saya ingin sekali merakamkan ucapan Selamat Hari raya Aidil Fitri 1432H.Minnal aidin Wal Faizin, Mohon maaf lahir dan bathin
 Pada hari ini kita semua merayakan Hari Raya yang selalu kita tunggu-tunggu kedatangannya dengan penuh haru dan syahdu yaitu HARI RAYA AIDIL FITRI,
 sebelum acara dimulai, terlebih dahulu saya bacakan susunan acara pada hari ini
sebagai berikut:
1. Pembukaan
2. Pembacaan Sholawat Nabi
3. Sambutan Ketua Panitia
4. Ceramah Agama
5. Pembacaan Doa
6. Penutup
Demikianlah susunan acara pada hari ini. Marilah hadirin, kita Awali acara pertama ini dengan membaca ummul kitab.
Liridhlaullahitaala lahumul Fatihah…

Terima kasih para hadirin, semoga dengan bacaan Al-Fatihah tadi, kita diberi semangat untuk dapat melanjutkan acara ini dengan lancar. 
 Baiklah, acara yang kedua adalah pembacaan sholawat nabi, yang akan di bacakan oleh saudari Melly dan kawan-kawan. Dengan hormat saudari Melly kami persilahkan.
( Pembacaan Sholawat Nabi )
Terima kasih kepada saudari Melly beserta kawan-kawan. Semoga dengan pembacaan sholawat tadi kita makin dekat dengan nabi Muhammad SAW dan Allah SWT.
 Acara selanjutnya adalah Sambutan yang akan disampaikan oleh ketua panitia saudara Muntholib kami persilahkan.
( Sambutan Ketua Panitia )
 Terima kasih atas sambutanya semoga apa yang beliau sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua. Hadirin semua acara selanjutnya adalah Ceramah Agama yang akan disampaikan Oleh Al-Ustadz Bapak Sholehan. Kepada Al-Ustadz Bapak Sholehan kami persilahkan

( Ceramah Agama )
Terima kasih kami ucapkan kepada  Al-Ustadz Bapak Sholehan . Semoga apa yang beliau ucapkan dapat dilaksanakan oleh kitas semua.
 Tidak terasa acara demi acara telah kita lewati. Sebelum menuju acara yang terakhir Kita dahulukan dengan membaca doa. Doa akan dipimpin oleh Bapak Arifin. Dengan hormat bapak Arifin dipersilahkan.
( Pembacaan doa )
Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak Arifin. Hadirin yang saya hormati tibalah di akhir acara.
Saya selaku pembawa acara mengucapkan minta maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kesalah kata dan terima kasih kepada hadirin semua atas segala perhatiannya
( Penutup )


Contoh Naskah Pembawa Acara :MC Acara Buka Puasa Bersama

Assalaamu alaikum wr wb.
Salam sejahtera bagi kita semua.
Yang terhormat, Bpk Bupati Sumba Barat, Bpk/Ibu Kepala Kantor Dinas Badan, Bpk /Ibu Tokoh Agama dan Alim ulama, serta Bpk/ibu tamu undangan sekalian.
Al hamdulillah, segala puji bagi Allah SWT Tuhan Seru Sekalian Alam, Yang telah memperkenankan kita semua bertemu dan berkumpul pada hari ke 22 di bulan Ramadhan ini untuk mengikuti acara Buka Puasa Bersama.
Solawat serta salam senantiasa tercurah limpah, kepada junjungan kita Baginda Rosulullah SAW, kepada shahabat-shahabatnya, keluarga dan siapa saja yang mengikuti ajarannya hingga akhir zaman.
Bulan Ramadhan, bulan yang terdapat di dalamnya satu malam yang lebih mulia dari seribu bulan, bulan yang penuh ampunan. Bulan yang sangat dirindukan oleh umat Islam, karena di bulan itu Allah melipat gandakan pahala semua ibadah. Bulan yang jika kita mengetahui seluruh kemuliaannya, niscaya kita ingin semua bulan sepanjang tahun adalah bulan Ramadhan.

Bapak Bupati  dan Para Hadirin yang kami mulyakan.
Acara pada sore hari yang indah ini akan diawali dengan lantunan ayat suci Al Quran yang akan dibawakan oleh saudara Mustamin dan Saritilawah oleh Darmawati Abdul Hamid S.Sos.
Selanjutnya marilah kita simak bersama. Taushiyah Hikmah Ramadhan. Akan di sampaikan oleh Al Ustad Drs. H. Pua Monto Umbu Nay.
Demikianlah Taushiyah yang telah disampaikan oleh Al Ustad Drs H. Pua Monto Umbu Nay, semoga kita dapat memetik hikmah daripadanya. Amiin.
Rangkaian acara berikutnya adalah sambutan-sambutan
Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh Bapak Ketua MUI Kabupaten Sumba Barat, yg terhormat bpk H. Abdullah A. Bamualim kami silahkan.
Sambutan yang kedua akan disampaikan oleh Bapak Bupati Sumba Barat, Yang terhormat bpk Drs, Jubilate Piter Pandango Msi kami silahkan.
Bapak Ibu Yang kami mulyakan, tibalah kita pada penghujung acara Buka Puasa Bersama, marilah kita menundukkan kepala bermunajat kepada Allah Azza Wajalla dalam doa yang akan dipimpin oleh Al Ustad H. Ahmad Rubaya S.Ag.
Amiin Ya Robbal Alamin,
Bapak Bupati dan para tamu undangan sekalian, sebelum acara ini kami tutup, perlu kami sampaikan beberapa hal, bahwasanya waktu berbuka puasa pada hari ini jatuh pada pukul 18.03 WITA, dan akan diawali dengan menyantap hidangan ta’jil atau pembuka, kemudian kaum muslimin dan muslimat akan segera melaksanakan sholat maghrib yang akan dipimpin oleh Al Imam H. Muhammad Assegaf. Sementara  itu  Bapak Bupati beserta tamu undangan yang lain kami silahkan untuk bersantai sejenak selama kurang lebih 10 menit. Dan Setelah selesai pelaksanaan sholat maghrib berjamaah, kami persilahkan kepada kita sekalian untuk menikmati hidangan santap malam bersama.
Demikianlah Bapak Bupati dan bapak Ibu yang terhormat, seluruh rangkaian acara yang telah kita lewati bersama sepanjang petang hari ini, semoga kebersamaan kita yang harmonis ini menambah erat tali persaudaraan kita dan setiap langkah yang mengantar kita menuju majlis ini mendapat ridho dan ampunan dari Allah SWT. Amiin.
Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Ibu sekalian yang telah berkenan hadir, mohon maaf bilamana ada hal-hal yang kurang berkenan di hati.
Wassalamu alaikum wr wb.
Salam sejahtera.
Kami mohon kepada Bapak Imam H. Muhammad Assegaf, untuk memimpin doa berbuka puasa.