TINGKATAN MANUSIA, DIMANAKAH KITA

4 Tingkatan manusia dan kualitas keimanannya

-         Manusia yang berbuat kejahatan dan tidak berpikir
Pada saat ini manusia masih berada dalam masa kejahiliyahan. Dia tahu kejahatan, dia tahu sesuatu itu buruk namun sesuatu yang buruk itu tetap saja dia kerjakan dengan sadar diri. Berbuat kejahatan telah menjadi kebiasaannya. Hari-harinya selalu saja di penuhi dengan berbuat kesalahan dan maksiat.

-         Manusia yang berbuat kejahatan dan berpikir
Pada tingkatan ini manusia sudah lebih baik. Dia sudah menyadari bahwa sesuatu itu salah, namun karena kelemahannya sesuatu yang buruk itu tetap saja di kerjakan. Dan dia akan selalu terpikir dengan keburukannya itu.

-         Manusia yang berbuat kebaikan dan berpikir
Pada tingkatan ini manusia sudah tahu tentang keburukan dan dia sudah mulai bisa meninggalkannya. Dia tahu tentang kebaikan dan berusaha berbuat kebaikan. Namun dia masih berpikir ketika akan berbuat kebaikan. Dia berpikir dulu sebelum sedekah, dia berpikir dahulu sebelum membantu orang, dsb.

-         Manusia yang berbuat kebaikan dan tidak berpikir

Pada tingkatan ini manusia telah mencapai kesempurnaannya. Dia akan mengerjakan kebaikan tanpa lagi berpikir. Berbuat kebajikan sudah menjadi kebiasaannya. Hari-harinya selalu saja di penuhi dengan amal kebajikan yang tiada putus.