DAFTAR PERTANYAAN UNTUK MENGEKSPLORASI KOMPETENSI PADA DIMENSI PROSES KOGNITIF DAN KOGNITIF


DAFTAR PERTANYAAN UNTUK  MENGEKSPLORASI KOMPETENSI PADA DIMENSI PROSES KOGNITIF DAN KOGNITIF

Level Berpikir Rendah (Low Order Thinking/LOT)
Pertanyaan untuk Mengingat:
Apakah itu…….?
Dimanakah….?
Kapan…..terjadi?
Siapakah pelaku utamanya…? Yang mana….?
Dapatkah saya mengungkapkan kembali arti …?
Bagaimana kejadiannya….?
Bisakah saya menceritakan kembali …?
Pertanyaanuntuk Memahami:
Bisakahsayamengelompokanjenis…? Apakahbisamelihatperbedaan .... dengan....?
Apakahsayabisamengungkapkankembalihasilpemikiranitudengan kata-kata sayasendiri…?
Bisakahsayamenuliskancaramenyelesaikan....?
Apagagasanutama…?
Pernyaan mana yang mendukung…? Pernyatan mana yang melemahkan ...?
Bagaimanameringkas meringkas….. sehingga menjadi rumusan baru?

Pertanyaanuntuk Menerapkan
Bagaimanasayamenggunakan…?
Bagaimanasayamemecahkan…. ?
Bagaimana menggunakan media ....agar sayadapat menerapkan....?
Contohapa yang dapatsayatemukanuntuk…?
Bagaimanasayamenyusun …untukmenunjukkan…?
Bagaimanasayamenerapkan …. yang sayapelajari?
Bagaimanatahapkegiatannya ... sehinggasayadapatmembuatini?
Apaadacara lain yang akangunakanuntuk…?
Apa yang akanterjadijika…? Dapatkahsayamenggunakaninformasiiniuntuk…?
Bahanapa saja yang akansayagunakanuntukmengubah…?

Level Berpikir Tinggi (Higher Order Thinking/HOTS)
     PertanyaanUntuk levelAnalisis
Apayang menjadi bagiandari…?
Bagaimana…..terkaitdengan… sehingga ..... berfungsi baik?
Bagian mana yang ........? Apayang mendorong saya untuk mengetahui......?
Dapatkahsayamenulikan daftarbagian-bagian…?
Kesimpulan apa yang bisasaya rumuskangambar…? –
Dapatkahsayamengidentifikasibagian-bagian yang berbeda…?
Bukti-bukti apa yang bisasayatemukan….?
Apakah ada hubunganantara…?
 Hal apa manakah yang membedakan keuatan.....dengan .....?
 Apa fungsi.....?
 Apa buktinya...?
 Apa pendapat saya...?
 Menurut asumsi saya …?
 Apa pernyataan yang sesuai  mengenai....?
 Apa motif di balik ....?
Kesimpulannya....?
 Apakah keyakinan pengarang di balik teks.....?
Apa ada hubungan antara.... dengan....?

Pertanyaanuntuk Level Evaluasi:
Apa yang akan terjadi jika ...? Dapatkah alasannya ...?
Bagaimana ....beradaptasi.... untuk membuat menjadi kondisi yang lebih  ...?
Apa yang sebaiknya dilakukan ...? Bagaimana mengujinya...?
Bagaimana memperkirakan hasil ...? Apa yang bisa dilakukan untuk meminimalkan kegagalan…?
Dapatkah Anda membangun sebuah model yang akan mengubah ...? • 
Bukti apa yang bisa Anda temukan ...? • Apa hubungan antara ...?
Dapatkah Anda membuat perbedaan antara ...? • Apa fungsi dari
Apakah ..... menjadi solusi yang lebih baik?
Apakah ...... baik atau buruk?
Apakah ...... dapat dipercaya?
Bagimana ..... bisa menjadi yang baik?
 Apakah konsekuensi dari.....?
Mengapa .... sebagai sesuatu yang bernilai?
Apakah ....  sebagai pilihan yang lebih baik?
Bagaimana akan mengevaluasi  ...? 
Bagaimana cara membandingkan ...  teman-teman?Mana yang lebih baik?
 
Pertanyaan Level Berkreasi :
Apakah saya dapat mendesain ....?
Apakah saya dapat melihat ada data yang lebih mendukung memecahkan....?
Dapatkah menggunakan teori ..... untuk memecahkan masalah ....?
Dapatkah anda menemukan solusi untuk .... ?
Apabila kekuatan baru , bagaimana cara anda mengatasi ....?
Apa resiko yang harus dihadapi jika....?
Berapa banyak cara untuk mengatasi.....?
Dapatkah ada ide baru yang dapat digunakan ....?
Bagaiman cara menguji ..... untuk membuktikan dapat kita pilih?
Ajukan alternatif ......Apakah tak bertentangan dengan aturan?