Level Berpikir
Rendah (Low Order Thinking/LOT)
Pertanyaan untuk
Mengingat:
Apakah itu…….?
Dimanakah….?
Kapan…..terjadi?
Siapakah pelaku utamanya…? Yang
mana….?
Dapatkah saya mengungkapkan
kembali arti …?
Bagaimana kejadiannya….?
Bisakah saya menceritakan
kembali
…?
Pertanyaanuntuk Memahami:
Bisakahsayamengelompokanjenis…?
Apakahbisamelihatperbedaan .... dengan....?
Apakahsayabisamengungkapkankembalihasilpemikiranitudengan
kata-kata sayasendiri…?
Bisakahsayamenuliskancaramenyelesaikan....?
Apagagasanutama…?
Pernyaan mana
yang mendukung…? Pernyatan mana yang melemahkan ...?
Bagaimanameringkas meringkas….. sehingga menjadi rumusan baru?
Pertanyaanuntuk Menerapkan
Bagaimanasayamenggunakan…?
Bagaimanasayamemecahkan….
?
Bagaimana menggunakan media ....agar sayadapat menerapkan....?
Contohapa yang
dapatsayatemukanuntuk…?
Bagaimanasayamenyusun
…untukmenunjukkan…?
Bagaimanasayamenerapkan
…. yang sayapelajari?
Bagaimanatahapkegiatannya
... sehinggasayadapatmembuatini?
Apaadacara lain
yang akangunakanuntuk…?
Apa yang
akanterjadijika…? Dapatkahsayamenggunakaninformasiiniuntuk…?
Bahanapa saja yang akansayagunakanuntukmengubah…?
Level Berpikir
Tinggi (Higher Order Thinking/HOTS)
PertanyaanUntuk levelAnalisis
Apayang menjadi bagiandari…?
Bagaimana…..terkaitdengan… sehingga ..... berfungsi baik?
Bagian mana yang ........? Apayang mendorong saya untuk mengetahui......?
Dapatkahsayamenulikan daftarbagian-bagian…?
Kesimpulan apa
yang bisasaya rumuskangambar…? –
Dapatkahsayamengidentifikasibagian-bagian
yang berbeda…?
Bukti-bukti apa yang bisasayatemukan….?
Apakah ada hubunganantara…?
Hal apa manakah yang membedakan
keuatan.....dengan .....?
Apa fungsi.....?
Apa buktinya...?
Apa pendapat saya...?
Menurut asumsi saya …?
Apa pernyataan yang sesuai mengenai....?
Apa motif di balik ....?
Kesimpulannya....?
Apakah keyakinan pengarang di balik
teks.....?
Apa ada hubungan antara.... dengan....?
Pertanyaanuntuk Level Evaluasi:
Apa yang akan terjadi jika ...? Dapatkah alasannya ...?
Bagaimana ....beradaptasi.... untuk membuat menjadi kondisi yang lebih ...?
Apa yang sebaiknya dilakukan ...? Bagaimana mengujinya...?
Bagaimana memperkirakan hasil ...? Apa yang bisa dilakukan untuk meminimalkan kegagalan…?
Dapatkah Anda membangun sebuah model yang akan mengubah ...? •
Bukti apa yang bisa Anda temukan ...? • Apa hubungan antara ...?
Dapatkah Anda membuat perbedaan antara ...? • Apa fungsi dari
Apakah ..... menjadi solusi yang lebih baik?
Apakah ...... baik atau buruk?
Apakah ...... dapat dipercaya?
Bagimana ..... bisa menjadi yang baik?
Apakah konsekuensi dari.....?
Mengapa .... sebagai sesuatu yang bernilai?
Apakah .... sebagai pilihan yang lebih baik?
Bagaimana akan mengevaluasi ...?
Bagaimana cara membandingkan ... teman-teman?Mana yang lebih baik?
Pertanyaan Level
Berkreasi :
Apakah saya dapat mendesain ....?
Apakah saya dapat melihat ada data yang lebih mendukung memecahkan....?
Dapatkah menggunakan teori ..... untuk memecahkan masalah ....?
Dapatkah anda menemukan solusi untuk .... ?
Apabila kekuatan baru , bagaimana cara anda mengatasi ....?
Apa resiko yang harus dihadapi jika....?
Berapa banyak cara untuk mengatasi.....?
Dapatkah ada ide baru yang dapat digunakan ....?
Bagaiman cara menguji ..... untuk membuktikan dapat kita pilih?
Ajukan alternatif ......Apakah tak bertentangan dengan aturan?