BEKERJA DENGAN NIAT IBADAH

Bekerja merupakan sebuah kewajiban untuk seorang kepala keluarga:
1.     Bekerja wajib karenanya bekerja harus  harus di halalkan dengan bekerja secara sungguh-sungguh.Bersungguh-sungguh artinya menyelesaikan semua tanggung jawab yang di bebankan padanya dan tidak mengelak dari beban pekerjaannya.
2.     Tidak membolos dari pekerjaan tanpa alasan syar’i seperti sakit, anak sakit, dsb. Terkadang dapat terjadi kita tidak berangkat kekantor untuk bekerja karena kemalasan semata. Padahal hal demikian semestinya tidak di lakukan. Tidak masuk kerja hanya di perbolehkan dengan alasan yang sangat kuat seperti hujan yang sangat deras, sakit, anak sakit, istri/suami sakit, orang tua sakit.
3.     Bekerja adalah ibadah untuk keluarga. Maka langkah bersungguh sungguh dalam bekerja adalah sebuah usaha untuk menyempunakan kewajiban kita sebagai seorang abdi, seorang pegawai atau seorang buruh.
4.     Ditambah niat ibadah pekerjaan berdimensi dunia akhirat. Niat menjadikan pekerjaan sebagai suatu ibadah sebagaimana sholat, sedekah, puasa.Maka bekerja yang demikian akan panjang pahala yang di dapatnya, tidak terbatas hanya sampai dunia, tapi juga akhirat.
5.     Bercanda, bicara, tertawa adalah bagian dari komunikasi dalam dunia pekerjaan maka tentu saja bekerja tetap harus saling dalam komunikasi yang akrab. Kurangnya komunikasi justru dapat membawa pada kesalahpahaman. Namun sangat penting untuk menjaga etika pergaulan dalam pekerjaan, jangan sampai justru menjadi kontraproduktif terhadap hasil pekerjaan.
6.     Fasilitas bukan untuk melalaikan dari pekerjaan pokok namun untuk menunjang pekerjaan utama. Keberadaan internet, laptop, computer dan fasilitas-fasilitas lainnya adalah sebagai penunjang dalam pelaksanaan pekerjaan, karenanya semua fasilitasi harus di pergunakaan untuk sebesar-besarnya kelancaran pekerjaan
7.     Adanya keharusan melaksanakan pekerjaan secara sungguh-sungguh, melayani secara maksimal, tidak malas-malasan, tidak berat hati, tidak menuntut uang tambahan. Pekerjaan adalah sesuatu yang sudah di tetapkan pengaturannya, jam kerjanya, tata aturan, dan besarnya kompensasi/gaji yang di terima, karenanya harus dapat di hindari semaksimal mungkin mengharapkan imbalan dari sesuatu pekerjaan yang memang adalah tugas kita
8.     Dapat mengajak pada kebaikan dan mencegah dari keburukan dalam bekerja menyebabkan pahala yang tiada habis.

Beberapa hal di atas sangat penting jika ingin pekerjaan berjalan dengan lancar. Banyak lagi hal yang harus di perhatikan dalam dunia pekerjaan, hal di atas hanyalah sekelumit kiat-kiat untuk memperlancar jalannya pekerjaan.