Penulisan isi RPP perlu memperhatikan ketentuan yang ada dalam komponen
RPP, keterampilan abad 21 (komunikasi,
kreatif, kolaboratif, berfikir kritis), penguatan karakter, dan
integrasi literasi.
PETUNJUK
PENYUSUNAN SETIAP KOMPONEN RPP
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : … (Misal:
SMP …)
Mata Pelajaran : ... (Misal: IPA)
Kelas/Semester : … (Misal: VII/Satu)
Materi Pokok :
... (Misal: Pengukuran)
Alokasi
Waktu : … (Misal: 6 Pertemuan (15 JP))
A. Kompetensi Inti
Petunjuk: Tulis keempat KI.
CONTOH
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan
perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan
lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
- Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah
konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Petunjuk:
1. Rumuskan
2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi untuk setiap KD.
2.
Indikator merupakan jabaran dari KD.
3. Indikator pencapaian kompetensi adalah: (a) perilaku
yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk kompetensi dasar (KD) pada
kompetensi inti (KI)-3 dan KI-4; dan (b) perilaku yang dapat diobservasi untuk
disimpulkan sebagai pemenuhan KD pada KI-1 dan KI-2.
4. Indikator KD dari KI-3 mencakup pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan/atau metakognitif sesuai tuntutan/kandungan KD
dengan kemampuan kognitif mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis,
mengevaluasi, dan/atau mencipta.
CONTOH
KD
|
Indikator
|
KD dari KI-1 (bila ada)
|
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian
kompetensi (bila ada KD-nya).
|
KD dari KI-2 (bila ada)
|
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian
kompetensi (bila ada KD-nya).
|
KD dari KI-3
|
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian
kompetensi.
|
KD dari KI-4
|
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian
kompetensi.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Petunjuk:
1.
Rumuskan 1 (satu) atau lebih tujuan
pembelajaran untuk setiap indikator pencapaian kompetensi.
2.
Dalam hal indikator pencapaian kompetensi
sangat specific dan tidak dapat diuraikan lagi, rumusan tujuan pembelajaran
sama dengan indikator pencapaian kompetensi tersebut.
3.
Apabila sebuah indikator pencapaian kompetensi
masih dapat dirinci lagi, indikator pencapaian kompetensi tersebut dijabarkan
ke dalam lebih dari 1 (satu) tujuan pembelajaran.
4.
Tujuan pembelajaran mengandung unsur:
audience (A), behavior (B), condition (C), dan degree (D).
5.
Tujuan pembelajaran dirumuskan untuk
masing-masing pertemuan.
CONTOH
Pertemuan
pertama
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1. ...
2. ...
3. ...
Dst.
Pertemuan
kedua
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1. ...
2. ...
3. ...
Dst.
Pertemuan
ketiga
Dst.
Fokus penguatan karakter:
(Tulis
satu, dua, atau tiga nilai sikap utama yang hendak secara terencana
ditanamkan/ditumbuhkan melalui pembelajaran yang direncanakan melalui RPP ini.
Nilai-nilai sikap utama yang dimaksud adalah nilai-nilai sikap sebagaimana
terkandung dalam kompetensi inti sikap spiritual dan sikap sosial serta nilai-nilai
utama yang diprioritaskan oleh pemerintah dan satuan pendidikan yang
bersangkutan. Nilai-nilai yang dijadikan fokus dipilih berdasarkan kesesuaiannya
dengan materi/kompetensi yangdibelajarkan dan/atau metode pembelajaran yang
diterapkan. Butir nilai sikap dituliskan dalam kata benda).
Contoh:
kejujuran, kedisiplinan
D. Materi Pembelajaran
Petunjuk:
1. Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi yang dicakup untuk materi
pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.
2. Butir-butir materi yang dimaksud harus relevan
dengan indikator pencapaian kompetensi yang mencakup pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan/atau
metakognitif sesuai tuntutan/kandungan KD
CONTOH
1.
Materi pembelajaran reguler
… (Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau
butir-butir materi sebagaimana dicakup
oleh KD).
2.
Materi pembelajaran pengayaan
… (Tulis sejumlah butir materi (kompetensi)
pengayaan/perluasan/pendalaman dari yang dicakup oleh materi pembelajaran
reguler).
3.
Materi pembelajaran remedial
… (Tulis sejumlah butir materi reguler yang
diperkirakan sulit dikuasai oleh sebagian/seluruh peserta didik).
E. Metode Pembelajaran
Petunjuk:
1. Tulis satu atau lebih metode pembelajaran yang diterapkan.
2. Metode pembelajaran yang dipilih adalah pembelajaran
aktif yang efektif dan efisien memfasilitasi peserta didik mencapai
indikator-indikator KD beserta kecakapan abad 21.
CONTOH
Pembelajaran dengan Metode Ilmiah
F. Media
dan Bahan
Petunjuk:
1.
Media
Tulis spesifikasi semua media pembelajaran
(video/film, rekaman audio, model, chart, gambar, realia, dsb.).
CONTOH
a.
Video/film: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
b.
Rekaman audio: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
c.
Model: Nama model yang dimaksud
d.
Gambar: Judul gambar yang dimaksud
e.
Realia: Nama benda yang dimaksud
2.
Bahan
Tulis spesifikasi (misalnya nama, jumlah, ukuran)
semua bahan yang diperlukan.
G. Sumber
Belajar
Petunjuk:
Tulis
spesifikasi semua sumber belajar (buku siswa, buku referensi, majalah, koran,
situs internet, lingkungan sekitar, narasumber, dsb).
CONTOH
1.
Buku siswa: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota
penerbitan: Penerbit (halaman)
2.
Buku referensi: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota
penerbitan: Penerbit (halaman).
3.
Majalah: Penulis artikel. Tahun terbit. Judul artikel. Nama majalah,
Volume, Nomor, Tahun, (halaman).
4.
Koran: Judul artikel, Nama koran, Edisi (tanggal terbit), Halaman, Kolom
5.
Situs internet: Penulis. Tahun. Judul artikel. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
6.
Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar yang dimaksud
7.
Narasumber: Nama narasumber yang dimaksud beserta bidang keahlian
dan/atau profesinya
8.
Lainnya (sesuai dengan aturan yang berlaku)
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
Petunjuk:
1.
Tulis kegiatan pembelajaran untuk setiap
pertemuan yang mencakup kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan
penutup.
2.
Kegiatan pembelajaran pada KEGIATAN
PENDAHULUAN dan KEGIATAN PENUTUP ditulis dalam rumusan kegiatan yang dilakukan
oleh guru yang DAPAT dilengkapi dengan rumusan kegiatan peserta didik secara
terintegrasi – tidak dalam kalimat terpisah.
3.
Kegiatan pembelajaran pada KEGIATAN INTI
ditulis dalam rumusan kegiatan peserta didik YANG DAPAT dilengkapi dilengkapi dengan rumusan kegiatan
guru – dalam kalimat terpisah.
4.
Langkah-langkah dan aktivitas pembelajaran
pada KEGIATAN INTI menyesuaikan sintaks dan prinsip-prinsip belajar dari metode
yang diterapkan.
5.
Tulis jumlah JP untuk setiap pertemuan dan
alokasi waktu untuk kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
CONTOH
1.
Pertemuan Pertama: 2 JP
a.
Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
CONTOH
1) Guru … untuk mengondisikan suasana belajar yang
menyenangkan.
2) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya,
yaitu … dengan cara ….
3) Guru menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai, yaitu … dan menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu ….
4) Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu ….
5) Guru menyampaikan
lingkup penilaian, yaitu … dan teknik penilaian yang akan
digunakan, yaitu ….
b.
Kegiatan Inti (60 menit)
CONTOH
DENGAN METODE SAINTIFIK:
— Mengamati
Misal: Peserta didik mengamati gunung
Merapi yang meletus yang disajikan melalui tayangan video dan mencatat apa saja
yang belum diketahui terkait dengan penanggulangan meletusnya gunung Merapi;
menyaksikan video pertumbuhan dan perkembangan tanaman dan mencatat apa saja
yang belum diketahui terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan tanaman.
Catatan:
Fenomena yang diamati oleh peserta didik
dapat berupa fenomena sebagaimana adanya di alam (pada situasi alami) dan/atau
dalam bentuk model, gambar/foto, teks, grafik/tabel, diagram, charta, audio,
video, dan/atau animasi.
— Menanya
Misal: Peserta didik merumuskan pertanyaan
tentang hal-hal yang belum diketahui terkait dengan penanggulangan bencana gunung
Merapi atau pertumbuhan dan perkembangan tanaman.
Pertanyaan 1: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 2: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 3: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 4: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 5: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 6: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 7: … (pengetahuan prosedural)
Pertanyaan 8: … (pengetahuan metakognitif)
Pertanyaan …
— Mengumpulkan
informasi/data/mencoba – menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 1 (MISALNYA
untuk pertanyaan 1, 2, dan 3)
Peserta didik mewawancarai ahli vulkanologi
dan/atau membaca buku siswa halaman … untuk mengetahui kapan gunung Merapi
meletus (tahun berapa saja dan dalam periode berapa tahunan), korban letusan
terdahsyat, dan tanda-tanda gunung Merapi akan meletus (fenomena gunung
meletus). Kemudian peserta didik menuliskannya pada selembar kertas untuk
ditempelkan pada papan pajang pekerjaan peserta didik.
c.
Kegiatan Penutup (12 menit)
— Guru
memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir
simpulan mengenai
….
— Guru
bersama-sama peserta didik melakukan
identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan
mengamati …, merumuskan pertanyaan, mengumpulkan informasi dengan cara …,
menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh, dan mengomunikasikan
jawaban dengan cara ….
— Guru
guru memberi umpan balik peserta
didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan
cara ….
— Guru
menyampaikan kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR yaitu ….
— Guru
memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya,
yaitu ….
2.
Pertemuan Kedua: 2 JP
a.
Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
CONTOH
1)
Guru mengondisikan suasana belajar yang
menyenangkan dengan ….
2)
Guru mengecek
penguasaan
kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3)
Guru menyampaikan kegiatan
pembelajaran dan penilaian yang akan dilakukan, yaitu ….
b.
Kegiatan Inti (60 menit)
CONTOH (LANJUTAN DENGAN METODE SAINTIFIK):
— Mengumpulkan
informasi/data/mencoba – menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 2 (MISALNYA
untuk pertanyaan 4 dan 5)
…
— Mengumpulkan
informasi/data/mencoba – menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 3 (MISALNYA
untuk pertanyaan 6)
…
·
Dst.
c.
Kegiatan Penutup (12 menit)
— Guru
memfasilitasi peserta didik (a) membuat butir-butir
simpulan mengenai
….
— Guru
bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan
pembelajaran (yaitu kegiatan mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab
pertanyaan dengan informasi yang diperoleh dengan …, dan mengomunikasikan
jawaban dengan cara ….
— Guru
memberi umpan balik peserta
didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan
cara ….
— Guru
melakukan melakukan penilaian dengan teknik ….
— Guru
menyampaikan kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR yaitu ….
— Guru
memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya,
yaitu ….
3.
Pertemuan Ketiga: 2 JP
a.
Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
CONTOH
1)
Guru mengondisikan suasana belajar yang
menyenangkan dengan ….
2)
Guru mengecek
penguasaan
kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3)
Guru menyampaikan kegiatan
pembelajaran dan penilaian yang akan dilakukan, yaitu ….
b.
Kegiatan Inti (60 menit)
CONTOH (DENGAN METODE SAINTIFIK):
— Mengumpulkan
informasi/data/mencoba – menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 4 (MISALNYA
untuk pertanyaan 7 dan 8)
·
…
·
Mencipta
Misal:
Peserta didik membuat petunjuk tindakan penanggulangan menjelang, saat, dan
paska letusan gunung api atau merumuskan gagasan pembudidayaan tanaman yang
cepat pertumbuhan dan perkembangannya.
c.
Kegiatan Penutup (12 menit)
— Guru
bersama-sama peserta didik membuat butir-butir
simpulan terkait
….
— Guru
bersama-sama peserta didik melakukan
identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan
mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan informasi yang
diperoleh dengan …, dan mengomunikasikan jawaban dengan cara …; serta mencipta …
— Guru
melakukan penilaian dengan teknik ….
— Guru
memberitahukan pembelajaran remedi, yaitu …
— Guru
memberitahukan pembelajaran program pengayaan, yaitu …
— Guru
memberitahukan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya, yaitu ….
I. Penilaian
1.
Teknik penilaian
a.
Sikap spiritual
Tulis satu atau lebih teknik penilaian sikap
spiritual dan tuangkan dalam tabel.
CONTOH
No
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observa si
|
Jurnal
|
Lihat Lampiran ...
|
Saat
pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk
dan pencapaian pembelajaran (assessment
for and of learning)
|
2
|
Penilaian diri
|
|
Lihat
Lampiran ...
|
Saat
pembelajaran usai
|
Penilaian
sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
3
|
Penilaian antar
teman
|
|
Lihat
Lampiran ...
|
Setelah
pembelajaran usai
|
Penilaian
sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
b. Sikap sosial
Tulis satu atau lebih teknik penilaian sikap sosial
dan tuangkan dalam tabel.
CONTOH
No
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observa si
|
Jurnal
|
Lihat Lampiran ...
|
Saat
pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk
dan pencapaian pembelajaran (assessment
for and of learning)
|
2
|
Penilaian diri
|
|
Lihat
Lampiran ...
|
Saat
pembelajaran usai
|
Penilaian
sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
3
|
Penilaian antar
teman
|
|
Lihat
Lampiran ...
|
Setelah
pembelajaran usai
|
Penilaian
sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
c. Pengetahuan
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Lisan
|
Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka
|
Lihat Lampiran ...
|
Saat
pembelajaran berlangsung
|
Penilaian
untuk pembelajaran (assessment for
learning)
|
2
|
Penugasan
|
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk esei,
pilihan ganda, benar-salah, menjodohkan, isian, dan/atau lainnya
|
Lihat Lampiran ...
|
Saat
pembelajaran berlangsung
|
Penilaian
untuk pembelajaran (assessment for
learning) dan sebagai pembelajaran (assessment
as learning)
|
3
|
Tertulis
|
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk esei,
pilihan ganda, benar-salah, menjodohkan, isian, dan/atau lainnya
|
Lihat Lampiran ...
|
Setelah
pembelajaran usai
|
Penilaian
pencapaian pembelajaran (assessment of
learning)
|
4
|
Portofolio
|
Sampel pekerjaan terbaik hasil dari penugasan atau
tes tertulis
|
|
Saat pembelajaran
usai
|
Data
untuk penulisan deskripsi pencapaian pengetahuan (assessment of learning)
|
d. Keterampilan
No
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Praktik
|
Tugas (keterampilan)
|
Lihat Lampiran ...
|
Saat pembelajaran berlangsung dan/atau setelah usai
|
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)
|
2
|
Produk
|
Tugas (keterampilan)
|
Lihat Lampiran ...
|
Saat pembelajaran berlangsung dan/atau setelah usai
|
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)
|
3
|
Proyek
|
Tugas besar
|
Lihat Lampiran ...
|
Selama atau usai pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)
|
4
|
Portofolio
|
Sampel produk terbaik dari tugas atau proyek
|
|
Saat pembelajaran usai
|
Penilaian untuk pembelajaran dan sebagai data untuk penulisan deskripsi
pencapaian keterampilan
|
2. Pembelajaran Remedial
Tulis kegiatan
pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
•
pembelajaran ulang
•
bimbingan perorangan
•
belajar kelompok
•
pemanfaatan tutor
sebaya
bagi peserta didik
yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.
3. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian,
peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan
pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi
(kompetensi) antara
lain dalam bentuk tugas mengerjakan soal-soal
dengan tingkat kesulitan lebih tinggi,
meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber.