Soal HOTS. Tidak gampang membuat soal-soal yang menuntut keterampilan berpikir tingkat
tinggi (Higher Order Thinking Skills – HOTS). Padahal soal-soal
semacam ini harus dikembangkan oleh guru dengan baik dan diterapkan di kelas
yang diampunya. Saat ini, di Indonesia, siswa-siswa kita masih lemah dalam
keterampilan berpikir tingkat tinggi ini. Salah satu penyebabnya karena guru
belum biasa memberikan soal-soal semacam ini kepada mereka. Guru sendiripun
harus memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi untuk membuat soal-soal
macam ini. Pada tulisan kali ini, saya akan mencoba memberikan sebuah cetakan
(template) untuk membuat beragam soal-soal yang menantang karena mengedepankan
penggunaan keterampilan berpikir tingkat tinggi.
Sebagai catatan: soal yang bagaimanapun bentuknya atau bagaimanapun sulitnya akan turun tingkatannya ketika informasi tentang jawaban pertanyaan itu telah dipaparkan di kelas saat pembelajaran atau telah tersedia di buku teks. Soal yang meminta penerapan keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills) itu selalu menggunakan hal-hal baru dan belum pernah “disentuh” secara langsung pada buku teks atau pembelajaran.
Mengingat (Ingatan/recall)
Contoh cetakan (template) soal:
·
Kapan terjadi .........?
·
Sebutkan .......!
·
Apa yang dimaksud dengan
.......?
·
Apa pengertian dari
.......?
·
Siapakah ....?
Analisis
Contoh cetakan (template) soal:
·
Bagaimanakah cara kerja
.........?
·
Apa makna dari simbol
.......?
·
Apa makna lambang .......?
·
Perhatikan tabel
.............., buatlah analisis dari .......!
·
Perhatikan grafik
.............., buatlah analisis dari .......!
·
Perhatikan gambar
.............., buatlah analisis dari .......!
·
Perhatikan diagram
.............., buatlah analisis dari .......!
·
Apa saja penyebab
............?
·
Temukan contoh-contoh
......... pada teks .........!
·
Klasifikasikan ............
berdasarkan ..........!
·
Kelompokkan ............
berdasarkan ...............!
·
Buatlah diagram untuk
mengilustrasikan ...........dari cerita di atas!
·
Pola apa yang tampak dari
..........?
·
Buatlah sebuah outline
mengenai .............!
·
Perhatikan ............,
pilah-pilah dan jelaskan setiap komponen penyusunnya!
·
Berikan contoh
...............!
·
Informasi apa saja yang
diperlukan untuk ............?
·
Berdasarkan ..............,
buatlah sebuah diagram!
·
Berdasarkan
................, buatlah sebuah grafik!
·
Teknik-teknik apa yang
digunakan dalam ...............?
·
Ke dalam kategori-kategori
apa saja, ........... dapat dikelompokkan?
·
Termasuk jenis apakah
........... ini?
·
Dari beberapa .............
di atas, yang manakah yang bukan termasuk kelompok ...........?
·
Apa fungsi dari ..........?
·
Apa tujuan dari
...........?
·
Apa hubungan antara
............ dengan ..............?
·
Ukurlah .............!
·
Informasi-informasi
.............. manakah yang relevan?
Membandingkan
·
Contoh cetakan (template)
soal:
·
Bandingkan antara
..................dengan...............!
·
Apa perbedan antara
...............dengan.................?
·
Apa persamaan antara
..............dengan ................?
·
Bandingkan ................
sebelum dan sesudah di ................!
·
Bandingkan karakter tokoh
..........di awal dengan di akhir cerita!
·
Pilah-pilah antara
................dengan .................!
·
Pada hal apa saja kamu
dapat membuat perbandingan antara ............dengan .............?
·
Yang manakah dari
...............yang paling tinggi/tua/bagus/tepat/sesuai/cocok?
Menginferensi
Contoh cetakan (template) soal:
·
Buatlah sebuah hipotesis,
apa yang akan terjadi bila .............!
·
Prediksikan apa yang akan
terjadi pada .............!
·
Buatlah pemecahan masalah
dari ...............!
·
Bagaimana sudut pandang
penulis tentang ............?
·
Prediksilah bagaimana akhir
dari cerita .........!
·
Apa gagasan utama cerita
..............?
·
Apa tema besar dari cerita
................?
·
Apa pesan moral dari cerita
............?
·
Kembangkan sebuah rencana
untuk .............!
·
Apa kesimpulan yang dapat
ditarik dari .......... ini?
·
Usulkan dan deskripsikan
sebuah penemuan baru yang dapat menyelesaikan masalah .................!
·
Tulislah sebuah laporan
peneletian tentang .............!
·
Berdasarkan bahan bacaan
tersebut, apa yang dapat kamu simpulkan tentang ...........?
·
Buatlah sebuah ...........!
·
Desain sebuah
................!
·
Rancang sebuah ...........!
Mengevaluasi
Contoh cetakan (template) soal:
·
Apakah biaya yang digunakan
untuk ................. sepadan dengan hasilnya?
·
Apakah usaha yang dilakukan
untuk .................. sepadan dengan hasilnya?
·
Apakah ............ telah
bertindak secara tepat?
·
Apa yang akan kamu lakukan
dengan situasi ............. ini, mengapa?
·
Apakah penelitian
............ ini telah dirancang dengan baik? jelaskan!
·
Keputusan apakah yang
sebaiknya diambil tentang masalah ...............ini? mengapa?
·
Apakah keputusan yang
dipilih oleh ..............bijaksana menurutmu? Mengapa?
·
Jika kamu seorang hakim,
apa putusanmu? Jelaskan!
·
Manakah yang terbaik dari
...........? mengapa?
·
Alasan apa yang paling
tepat untuk ..............? mengapa?
·
Reviu langkah-langkah
percobaan ............. yang telah dilakukan, bagaimana menurutmu tentang
langkah-langkah itu?
·
Gunakan rubrik penilaian
berikut untuk menilai ............!
·
Apa yang akan kamu lakukan
pada situasi .............. semacam ini, mengapa?
Demikian contoh template atau cetakan untuk membuat soal-soal yang menguji keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills).
Sumber Materi Bimtek SPMI Kemdikbud Mei 2019