PENYAKIT TEKANAN DARAH TINGGI HARUS DI KENDALIKAN JIKA KITA SAYANG JIWA

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah penyakit yang umum di idap oleh orang Indonesia, apalagi telah berusia 40 tahun keatas seperti penulis. Bila dalam 3 kali pengecekan tekanan, tekanan kita selalu di atas 140/90, maka hampir pasti kita telah terkena penyakit tekanan darah tinggi. Banyak penyebab penyakit ini, utamanya adalah dari sebab pola hidup: pola makan, jarang olah raga, kurang istirahat malam. Beberapa faktor tersebut dapat di jabarkan lagi dalam gemar makan fast food, makanan serba asin dan berlemak seperti rawon atau kikil atau bakso, sangat banyak mengkonsumsi minuman manis seperti teh, kopi,sangat gemar mengkonsumsi mie tanpa mengurangi bumbu penyedapnya. Lalu pola hidup tak teratur seperti tidur larut malam dan bangun dini hari tanpa kepentingan, dan selama hidup jarang berolah raga secara rutin. Beberapa hal di ataslah yang penulis rasakan sebagai pemicu hadirnya penyakit tekanan itu di usia penulis yang baru 42 tahun sekarang ini di 2019. Selain memang penulis pun mengakui bahwa kakek dan orang tua penulis semuanya juga adalah pengidap hipertensi, sehingga bisa jadi faktor gen turut mempengaruhi.

Apabila penyakit ini telah hadir maka hanya pencegahan yang bisa kita lakukan, menjaga agar penyakit ini dalam keadaan terkendali. agar pembuluh darah kita tidak terus menyempit, agar kerja jantung tetap optimal, dengan obat tekanan secara rutin setiap hari dengan amlodipine atau captopril setiap hari. Namun kiranya beberapa hal berikut akan sangat membantu dalam pengendalian penyakit hipertensi ini:
1. Olah raga secara teratur minimal 30 menit perhari, 3-5 kali/minggu. Olah raga akan membantu kerja jantung tetap optimal. Olah raga rutin juga akan membakar lemak lemak sehingga mencegah dari penyempitan pembuluh darah.
2. Mengkonsumsi buah buahan penurun tekanan, penulis khususnya pada buah yang mudah kita dapatkan dan berharga murah:
- Pisang
- Jeruk
- Alpukat
- Melon
- Semangka
- Nanas
- Tomat
- Pepaya
3. Menjaga hal hal berikut:
- Makanan dan minuman yang berasa terlalu asin
- Mengurangi konsumsi gula
- Mengurangi makanan berlemak
- Menghilangkan kebiasaan meminum minuman yang mengandung kafein: kopi , teh
4. Melakukan hal hal berikut:
- Aktif bergerak, dalam pekerjaan, termasuk olah raga
- Usahakan memakan makanan yang di masak sendiri sehingga bisa mengendalikan pemakaian garam
- Jangan mudah stress

Penyakit tekanan darah tinggi adalah penyakit yang tidak bisa di sembuhkan bila telah terjangkit, dia hanya bisa kita kendalikan. Mengendalikan tekanan darah agar stabil adalah keharusan agar tekanan kita tidak terus meninggi dan pada akhirnya akan menimbulkan komplikasi dengan merembet pada jantung, ginjal, dan paling menakutkan bila tiba tiba pembuluh darah kita sampai pecah, terkena stroke, dan takutnya nyawa kita pun hilang pada saat itu.