MENDIDIK ANAK DENGAN HAPALAN AL QURAN

MENDIDIK ANAK DENGAN HAPALAN AL QURAN
Membaca Al Quran sudah di akui sebagai perbuatan yang sangat mulia, membawa pembacanya pada amalan surga yang nantinya akan memberi safaat untuk ke surga, dan menenteramkan untuk siapa pun yang mau mendawamkan(merutinkan) setiap harinya.

Dalam kehidupan dunia dewasa ini yang penuh dengan hiruk pikuk dan serba permisife, membolehkan apa pun dalam keseharian termasuk dalam pergaulan, maka mendidik anak adalah satu hal yang sangat penting agar anak kita tidak menjadi anak yang liar dan tidak mempunyai tata karma serta tertinggal dalam capaian akademiknya. Maka membaca dan menghapal Al Quran adalah salah satu metode yang dapat di kembangkan untuk pendidikan dini usia pada anak.

Tujuan:
·       Mengenalkan anak sejak dini usia pada kitab sucinya
·       Memudahkan anak mengenali bacaan kitab sucinya.
·       Memperbanyak hapalan anak.
·       Membiasakan anak membaca Al Quran agar terbiasa sampai dewasanya.
·       Membuka memori anak dengan memperbesar kapasitas otaknya.

Hasil Yang di Harapkan:
·       Hapalan anak minimal juz amma dalam masa sampai 5 tahun.
·       Anak rutin mengaji setiap hari min 1 lembar.
·       Kecepatan anak dalam belajar setelah masuk jenjang SD.

Rancangan Kegiatan:
·       Biasakan anak menghapal satu dua atau tiga ayat perharinya dengan metode membaca dan mendengar. Putarkan dari kaset di VCD atau di laptop atau di HP kita. Lakukan itu pagi di saat bangun tidur setelah sholat shubuh dan sore setelah sholat maghrib.
·       Setelah itu dapat membaca bersama sama untuk mengecek hapalan si anak dan membenarkan hapalan yang sudah di kuasainya.
·       Lakukan kegiatan ini setiap pagi dan sore setiap hari

Berdasarkan pembelajaran yang di rutinkan setiap hari tersebut kita akan bisa melihat hasil dari pembelajaran yang kita lakukan tersebut jika kita mulai dari umur 4 s.d 5 tahun dari saat TK maka di SD kelas 1 kita sudah akan bisa melihat hasilnya, berupa hapalan yang minimal Juz amma akan selesai dan bahkan mungkin sudah memasuki Juz 1 Al Quran.

Ada hal sangat penting yang perlu kita pahami yaitu bahwa ketika mendidik anak membiasakan hal tersebut di atas akan sangat berat pada awalnya, namun dengan pembiasaan terus menerus akan menjadi hal menyenangkan bagi anak. Perlu di ingat:
·       Tegas tapi bukan keras, jangan mengancam dan menakut nakuti.
·       Jangan pernah memukul, karena satu pukulan akan memutuskan sekian puluh dan ratus dan bahkan ribu sel saraf anak dan bisa berdampak terhadap kepribadian dan kejiawaan.
·       Menghapal Al Quran sejak dini ibarat Komputer yang terus di isi dengan materi dan beragam aplikasi, maka satu saat kita akan mendapati semua hal di Komputer tersebut, apa yang kita cari dan mau tahu ada di Komputer tersebut. Dengan besarnya kapasitas memori anak karena pembiasaan dalam menghapal, mengingat dan mengulang ngulang setiap hari maka kedepannya daya tangkap anak terhadap hal apa pun, pelajaran apa pun akan menjadi luar biasa, termasuk materi pelajaran di sekolahnya. Tapi ingat juga jangan sampai Komputer menjadi hank Karena terlalu over dosis dalam memasukkan data

Ini adalah setitik pengalaman kami dalam membiasakan anak kami untuk belajar dengan menghapal Al Quran. Mudah mudahan dapat bermanfaat bagi kita sesedikit apa pun.