MANFAAT RAPOR MUTU HASIL PMP BAGI SEKOLAH


MANFAAT RAPOR MUTU HASIL PMP BAGI SEKOLAH
Rapor Mutu PMP sangat penting bagi sekolah dan daerah karena berbasis data tersebut dapat di susun perencanaan program sekolah dan daerah.
1. Pemanfaatan Peta Mutu Untuk Perencanaan Program Peningkatan Mutu, Perencanaan Pelatihan, Perencanaan Kurikulum.
Rapor mutu dari hasil Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) membantu untuk mengidentifikasi masalah, penilaian program dan pencapaian sasaran. Sekolah dapat mengidentifikasikan kelebihan serta kekurangannya sendiri dan merencanakan pengembangan ke depan. Memperkuat budaya evaluasi kelembagaan dan analisis-diri. Mendorong sekolah untuk meninjau kembali kebijakan yang telah usang. Memberi informasi tentang status sekolah dibandingkan dengan sekolah lain. Sekolah dapat memiliki data dasar yang akurat sebagai dasar untuk pengembangan dan peningkatan di masa mendatang Sekolah dapat mengidentifikasikan peluang dan tantangan untuk meningkatkan mutu pendidikan.
2. Hasil PMP dapat dimanfaatkan untuk membuat program peningkatan mutu pendidikan melalui BOS dalam rangka penjaminan mutu pendidikan.
3. Hasil PMP dapat dimanfaatkan untuk mendorong sekolah guna meningkatkan mutu sebagai persiapan menghadapi akreditasi atau sistem penjaminan mutu eksternal.
4. Sekolah dapat memberikan laporan formal kepada pemangku kepentingan demi meningkatkan akuntabilitas sekolah.
5. Hasil PMP dapat dimanfaatkan sebagai ukuran jaminan mutu layanan pendidikan sebagai bentuk akuntabilitas bagi masyarakat.
6. Hasil PMP dapat dimanfaatkan untuk menciptakan budaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah secara berkelanjutan.
7. Pemanfaatan untuk Perencanaan Sarana dan Prasarana
Berdasarkan rapor mutu dapat di susun perencanaan pemenuhan sarana prasarana di sekolah. Dapat di susun pemenuhan secara bertahap tahun demi tahun sesuai capaian PMP.

MANFAAT RAPOR MUTU HASIL PMP BAGI PEMERINTAH
1. Menyediakan data dan informasi yang penting untuk perencanaan, pembuatan keputusan dan perencanaan anggaran pendidikan
2. Menyajikan data akurat pencapaian 8 SNP
3. Mengidentifikasikan jenis dukungan yang dibutuhkan terhadap sekolah
4. Mengidentifikasikan keberhasilan sekolah berdasarkan berbagai indikator pencapaian sesuai dengan SNP
5. Sebagai dasar pertimbangan dalam penyusunan perencanaan,analisis kebutuhan sekolah, analisis kebutuhan program pendidikan
6. Untuk menganalisis kinerja bidang pendidikan
7. Memberikan gambaran mutu sekolah yang merupakan cerminan dari totalitas keadaan dan karakteristik masukan, proses dan luaran atau layanan sekolah

PMP memberikan manfaat yang besar bagi upaya peningkatan mutu di sekolah dan daerah karenanya sudah seharusnya proses pengisian PMP yang setiap tahun di laksanakan dapat di lakukan dengan sebaik baiknya. Hal ini demi menjamin keterlaksanaan upaya upaya meningkatkan 8 Standar Nasional Pendidikan secara berkesinambungan.