Rekomendasi Program dan Kegiatan Pemenuhan
Capaian SNP
No
|
SNP
|
Rekomendasi
|
Program
|
Alternatif
Kegiatan
|
1
|
SKL
|
Perlu meningkatkan pengetahuan faktual, prosedural, konseptual,
metakognitif terhadap peserta didik
|
Peningkatan Kompetensi Pengetahuan
dan Keterampilan bagi peserta didik
|
1. Pengembangan standar
pencapaian ketuntasan kompetensi pada tiap tahun atau semester
2. Menyiapkan
anggaran untuk Bimbingan Belajar
3. Supervisi
Manajerial terkait Ekstrakulikuler yang bervariasi; pramuka,
seni, olahraga, sains.
4. Supervisi
Akademik terkait Penerapan Pendekatan Ilmiah dalam
Pembelajaran
5. Menumbuhkan sikap
kreatif, inovatif melalui kegiatan gelar seni, olahraga, bazaar dll
|
Perlu meningkatkan keterampilan berpikir dan bertindak produktif
bagi peserta didik
|
||||
Perlu meningkatkan
keterampilan berpikir dan bertindak kreatif bagi peserta didik
|
||||
2
|
ISI
|
Perlu
memastikan dan memfasilitasi dalam Mengatur beban belajar berdasarkan
bentuk pendalaman materi
|
Program Pengembangan kurikulum satuan pendidikan
(dengan berbagai jenis muatan kurikulum sesuai dengan ketentuan SNP)
|
1.
Workshop pengembangan
kurikulum dengan melibatkan seluruh komponen di sekolah termasuk pelibatan
stake holder
2.
Mereviu kurikulum , RPP, Silabus,
dan penetapan KKM
3.
Penyusunan kalender pendidikan dan
beban belajar
|
Dalam pengembangan
kurikulum perlu melewati tahapan operasional pengembangan kurikulum
|
||||
Perlu memastikan dan memfasilitasi
Pelibatan pemangku kepentingan dalam pengembangan kurikulum
|
||||
3
|
PROSES
|
Perlu memastikan dan memfasilitasi
setiap satuan pendidikan memanfaatkan media pembelajaran dalam meningkatkan
efisiensi dan efektivitas pembelajaran
|
Program
Peningkatan Efektifitas
Proses Pembelajaran
|
1. Workshop
peningkatan kemampuan guru dalam mengajar dan penggunaan media pembelajaran.
2. Supervisi
pelaksanaan penilaian di setiap satuan pendidikan.
3. Peningkatan sumber
belajar tercetak (buku, majalah, brosur, koran, poster, denah, kamus, dll), Peningkatan
sumber belajar noncetak (elektronik) : film, slide, video, komputer,
internet, dll, Peningkatan sumber belajar berupa kegiatan : wawancara, kerja
kelompok, observasi, simutasi, permainan, dll, Peningkatan sumber belajar
berupa lingkungan dimasyarakat : taman, terminal, pasar, toko, pabrik, museum
|
Perlu memastikan dan memfasilitasi pelaksanaan penilaian otentik
secara komprehensif
|
||||
Perlu memastikan dan memfasilitasi pelaksanaan pembelajaran menggunakan
aneka sumber belajar
|
||||
4
|
PENILAIAN
|
Perlu
memastikan agar dalam Menentukan kelulusan siswa berdasarkan
pertimbangan yang sesuai
|
Program Peningkatan Efektifitas Penilaian
|
1.
Perlu di susun syarat kelulusan
secara jelas di pahami semua pihak
2.
Workshop
penyusunan instrumen penilaian sampai
pelaporan.
3.
Supervisi kelengkapan
perangkat penilaian dan laporan hasil penilaian
|
Perlu
memastikan kelengkapan perangkat teknik penilaian
|
||||
Perlu memastikan
penggunaan instrumen penilaian aspek keterampilan
|
||||
5
|
PTK
|
Perlu
meningkatkan ketersediaan guru sehingga Rasio guru kelas terhadap rombongan
belajar seimbang
|
Program Pemenuhan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
|
1.
Pendampingan Kepsek oleh pengawas
dalam melakukan supervisi
2.
Perencanaan penerimaan siswa baru
di sesuaikan dengan ketersediaan guru
3.
Pelaksanaan program peningkatan
kualifikasi pendidikan guru
4.
Perekrutan tenaga honorer dengan
kualifikasi pendidikan S1
|
Perlu
meningkatkan kemampuan Kepsek sehingga berkompetensi supervisi
minimal baik
|
||||
Perlu meningkatkan kualifikasi
pendidikan guru sehingga Berkualifikasi minimal S1/D4
|
||||
6
|
SARPRAS
|
Perlu
meningkatkan fasilitas gudang agar sesuai standar
|
Pengadaan dan peningkatan sarana dan
prasarana
|
1.
Menganggarkan dana untuk membangun/meningkatkan
fasilitas gudang, tempat ibadah dan ruang guru
2.
Rehabilitasi terhadap fasilitas
yang sudah tersedia agar sesuai standar
3.
Pemenuhan sarpras dengan
perencanaan secara bertahap dengan melibatkan stake holder termasuk disdik
dan komite
|
Perlu
meningkatkan fasilitas tempat ibadah agar sesuai standar
|
||||
Perlu
meningkatkan fasilitas ruang guru agar sesuai standar
|
||||
7
|
PENGELOLAAN
|
Perlu
meningkatkan pengelolaan sumber daya
|
Program
Peningkatan Efektifitas
Pengelolaan Sekolah.
|
1.
Melaksanakan Workshop manajemen
pengelolaan sekolah
2.
Pelatihan peningkatan manajerial
kepemimpinan
3.
Pelatihan manajemen SDM
4.
Pengadaan/peningkatan pedoman
pengelolaan sekolah
|
Perlu
meningkatkan jiwa kepemimpinan dalam pengelolaan sekolah
|
||||
Perlu
melengkapi pedoman pedoman pengelolaan sekolah
|
||||
8
|
PEMBIAYAAN
|
Perlu
memfasilitasi agar sekolah mampu mengatur alokasi dana yang berasal dari
APBD/APBN/Yayasan/sumber lainnya
|
Program Peningkatan Efisiensi Pembiayaan
|
1.
Bimtek penyusunan RAKS
2.
Supervisi pelaksanaan kegiatan
sesuai dengan RKAS
3.
Penyusunan kriteria secara jelas menyangkut
siswa mampu/tidak mampu
4.
Kebijakan Subsidi Silang dan
Pembebasan biaya bagi siswa yang tidak mampu
|
Pelu
memfasilitasi agar sekolah mempunyai kemampuan dalam penyusunan laporan
pengelolaan dana
|
||||
Pelu
memfasilitasi agar sekolah mempunyai daftar siswa dengan latar belakang
ekonomi yang jelas
|
No
|
Standar
|
Skor
|
Rekomendasi
|
1
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
5,59
|
1.
Pemerintah Daerah perlu melaksanakan Bimtek Implementasi
PPK di satuan pendidikan.
2.
Pemerintah Daerah perlu
mengembangkan diversifikasi kurikulum yang disesuaikan dengan karakteristikkebutuhan
dan potensi daerah
3.
Pemerintah Daerah perlu
meningkatkan kompetensi pedagogik guru baik di standar proses maupun standar
penilaian dengan mengadakan Bimtek
4.
Pemerintah Daerah perlu
meningkatkan kompetensi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah dalam hal
kemampuan managerial dan supervisi
|
1.2.1.
|
|
3,76
|
|
1.3.1.
|
Memiliki keterampilan berpikir dan
bertindak kreatif
|
5,62
|
|
1.3.2.
|
Memiliki keterampilan berpikir dan
bertindak produktif
|
5,2
|
|
2
|
Standar Isi
|
5,35
|
|
2.1.1.
|
Memuat karakteristik kompetensi
sikap
|
4,26
|
|
2.1.2.
|
Memuat karakteristik kompetensi
pengetahuan
|
4,61
|
|
2.1.3.
|
Memuat karakteristik kompetensi
keterampilan
|
4,29
|
|
2.1.4.
|
Menyesuaikan tingkat kompetensi siswa
|
5,37
|
|
2.1.5.
|
Menyesuaikan ruang lingkup materi
pembelajaran
|
5,4
|
|
3
|
Standar Proses
|
5,78
|
|
3.1.3.
|
Menyusun dokumen rencana dengan
lengkap dan sistematis
|
5,72
|
|
3.1.4
|
Mendapatkan evaluasi dari kepala
sekolah dan pengawas sekolah
|
5,38
|
|
3.2.12
|
Menerapkan metode pembelajaran
sesuai karakteristik siswa
|
5,64
|
|
3.2.13.
|
Memanfaatkan media pembelajaran
dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran
|
5,33
|
|
3.2.14.
|
Menggunakan aneka sumber belajar
|
5,74
|
|
4
|
Standar Penilaian Pendidikan
|
5,32
|
|
4.2.2.
|
Memiliki perangkat teknik penilaian
lengkap
|
4,91
|
|
4.3.2.
|
Melakukan pelaporan penilaian
secara periodik
|
5,03
|
|
4.4.1
|
Menggunakan instrumen penilaian
aspek sikap
|
5,08
|
|
4.4.2
|
Menggunakan instrumen penilaian
aspek pengetahuan
|
5,13
|
|
4.4.3
|
Menggunakan instrumen penilaian
aspek keterampilan
|
4,79
|
|
4.5.3.
|
Menentukan kelulusan siswa
berdasarkan pertimbangan yang sesuai
|
4,36
|
|
5
|
Standar Pendidik dan Tenaga
Kependidikan
|
3,45
|
|
5.1.2.
|
Rasio guru kelas terhadap rombongan
belajar seimbang
|
0
|
Pemerintah Daerah perlu melakukan
supervisi dan evaluasi terhadap
pelaksanaan penerimaan siswa baru
Pemerintah Daerah perlu mengadakan
pelatihan managemen perpustakaan
|
5.1.3.
|
Tersedia untuk tiap mata pelajaran
|
0
|
|
5.1.8.
|
Berkompetensi sosial minimal baik
|
0
|
|
5.3.1.
|
Tersedia Kepala Tenaga Administrasi
|
0,43
|
|
5.4.5
|
Tersedia Tenaga Teknisi Laboran
|
0
|
|
5.5.5
|
Tersedia Tenaga Pustakawan
|
0
|
|
6
|
Standar Sarana dan Prasarana
|
||
6.1.4.
|
Rasio luas bangunan sesuai dengan
jumlah siswa
|
3,25
|
Pemerintah daerah perlu meningkatkan dan menambah sarana dan
prasarana sesuai dengan ketentuan
|
6.1.6.
|
Memiliki ragam prasarana sesuai
ketentuan
|
1,68
|
|
6.2.2.
|
Memiliki laboratorium IPA sesuai
standar
|
0,91
|
|
6.2.3.
|
Memiliki ruang perpustakaan sesuai
standar
|
2,22
|
|
6.2.4
|
Memiliki tempat bermain/lapangan
sesuai standar
|
0,02
|
|
7
|
Standar Pengelolaan Pendidikan
|
4,69
|
|
7.3.2
|
Berjiwa kepemimpinan
|
5,09
|
1.
Peningkatan pengelolaan sekolah melalui Penguatan kemampuan
manajerial kepala sekolah sesuai dengan SPMI (Penguatan yang dilaksanakan
selama ini belum sinkron dengan tuntutan SPMI).
2.
Pemerintah Daerah memberdayakan dan menguatkan peran
pengawas dalam penjaminan mutu pendidikan di sekolah, karena tugas dan fungsi
pengawas bersentuhan langsung dengan sekolah.
3.
Pemerintah Daerah melaksanakan lomba/pemberian penghargaan
terhadap Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah berprestasi dalam implementasi
SPMI
4.
Penyediaan perangkat online bagi sekolah, dalam penjaminan
mutu (dari pemetaan, perencanaan/RKS-RKAS, hingga pemantauan/monev) sangat
urgen untuk dilakukan, terutama di daerah dengan jumlah sekolah besar.
|
7.3.3.
|
Mengembangkan sekolah dengan baik
|
3,28
|
|
7.3.4
|
Mengelola sumber daya dengan baik
|
5,85
|
|
7.3.5
|
Berjiwa kewirausahaan
|
3,24
|
|
7.3.6
|
Melakukan supervisi dengan baik
|
2,58
|
|
8
|
Standar Pembiayaan
|
5,51
|
|
8.3.1
|
Mengatur alokasi dana yang berasal
dari APBD/APBN/Yayasan/sumber lainnya
|
0,12
|
1. Pemerintah daerah perlu
meningkatkan jumlah anggaran dana BOS/siswa agar dapat memenuhi mutu
pendidikan yang menunjang pemenuhan 8 SNP
|
8.3.2
|
Memiliki laporan pengelolaan dana
|
5,07
|
Pemerintah Daerah perlu mereview
Pergub tentang sumbangan atau sekolah gratis (karena di dalam UU Sisdiknas
pasal 54 disebutkan bahwa masyarakat juga memiliki peran dalam oengendalian
dan penyelenggaraan mutu pendidikan)
|
8.3.3
|
Memiliki laporan yang dapat diakses
oleh pemangku kepentingan
|
5,22
|
Contoh Lain
No
|
Standar Nasional
Pendidikan
|
Skor
|
Rekomendasi
|
1
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
1.
Pemerintah daerah perlu
mengembangkan diversifikasi kurikulum yang disesuaikan dengan karakteristik,
kebutuhan dan potensi daerah Kalimantan Timur dengan melibatkan berbagai
pihak, termasuk beragam praktisi
2.
Melaksanakan Bimtek Pengawas
Sekolah dan Kepala Sekolah yang lebih aplikatif dalam proses pelaksanaan SPMI
3.
Menyediakan web atau aplikasi
khusus Pengawas Sekolah untuk mengetahui kinerja Pengawas Sekolah dalam
mendampingi sekolah binaan
4.
Melaksanakan pembelajaran
kontekstual (isu-isu kekinian) dengan cara berkolaboratif
5.
Melaksanakan praktek-praktek
project based learning melalui pembelajaran kontekstual, kolaboratif dan
integratif
6.
Pemerintah daerahperlu
membangun jejaring dengan SKPD, Donor, CSR, BUMN, termasuk Perguruan Tinggi
untuk mendukung tim TPMPD
|
|
1.1.6
|
Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap peduli
|
6.36
|
|
1.1.9
|
Memiliki perilaku
pembelajar sejati sepanjang hayat
|
6.39
|
|
1.2.1
|
Memiliki pengetahuan
faktual, prosedural, konseptual, metakognitif
|
4.04
|
|
1.3.1
|
Memiliki keterampilan
berpikir dan bertindak kreatif
|
5.59
|
|
1.3.2
|
Memiliki keterampilan
berpikir dan bertindak produktif
|
5.33
|
|
2
|
Standar Isi
|
||
2.1.1
|
Memuat karakteristik
kompetensi sikap
|
4.77
|
|
2.1.3
|
Memuat karakteristik
kompetensi keterampilan
|
4.86
|
|
2.2.1
|
Melibatkan pemangku
kepentingan dalam pengembangan kurikulum
|
4.33
|
|
2.2.3
|
Melewati tahapan
operasional pengembangan
|
4.10
|
|
2.3.2
|
Mengatur beban belajar
bedasarkan bentuk pendalaman materi
|
2.28
|
|
3
|
Standar Proses
|
||
3.1.3
|
Menyusun dokumen rencana
dengan lengkap dan sistematis
|
5.82
|
|
3.1.4
|
Mendapatkan evaluasi dari
kepala sekolah dan pengawas sekolah
|
5.96
|
|
3.2.14
|
Menggunakan aneka sumber
belajar
|
5.66
|
|
3.3.1
|
Melakukan penilaian otentik
secara komprehensif
|
5.27
|
|
3.3.4
|
Melakukan supervisi proses
pembelajaran kepada guru
|
5.32
|
|
4
|
Standar Penilaian
|
||
4.2.2
|
Memiliki perangkat teknik
penilaian lengkap
|
5.06
|
|
4.4.1
|
Menggunakan instrumen
penilaian aspek sikap
|
5.15
|
|
4.4.2
|
Menggunakan instrumen
penilaian aspek pengetahuan
|
5.40
|
|
4.4.3
|
Menggunakan instrumen
penilaian aspek keterampilan
|
5.04
|
|
4.5.3
|
Menentukan kelulusan siswa
berdasarkan pertimbangan yang sesuai
|
3.79
|
|
5
|
Standar PTK
|
||
5.1
|
Ketersediaan dan kompetensi
guru sesuai ketentuan
|
4.95
|
Pemerintah daerah perlu memenuhi kebutuhan Pendidik
dan Tenaga Kependidikan di Kalimantan Timur terutama tenaga guru yang sesuai
dengan kualifikasi pendidikannya, tenaga perpustakaan dan laboran serta
tenaga administrasi.
|
5.2
|
Ketersediaan dan kompetensi
kepala sekolah sesuai ketentuan
|
5.08
|
|
5.3
|
Ketersediaan dan kompetensi
tenaga administrasi sesuai ketentuan
|
1.80
|
|
5.4
|
Ketersediaan dan kompetensi
laboran sesuai ketentuan
|
0.79
|
|
5.5
|
Ketersediaan dan kompetensi
pustakawan sesuai ketentuan
|
0.35
|
|
6
|
Standar Sarana dan
Prasarana
|
||
6.1
|
Kapasitas daya tampung
sekolah memadai
|
4.23
|
Pemerintah Daerah memenuhi kebutuhan sekolah akan
sarana Perputakaan, Laboratorium dan IT
Pemerintah daerah perlu membangun jejaring dengan
SKPD, Donor, CSR, BUMN, Dinas Kehutanan, LH, dan PUPR untuk pemenuhan sarana
prasarana di sekolah
|
6.2
|
Sekolah memiliki sarana dan
prasarana pembelajaran yang lengkap dan layak
|
2.02
|
|
6.3
|
Sekolah memiliki sarana dan
prasarana pendukung yang lengkap dan layak
|
2.10
|
|
7
|
Standar Pengelolaan
|
||
7.1.3
|
Melibatkan pemangku
kepentingan sekolah dalam perencanaan pengelolaan sekolah
|
5.38
|
1.
Peningkatan pengelolaan
sekolah melalui Penguatan kemampuan manajerial kepala sekolah sesuai dengan
SPMI (Penguatan yang dilaksanakan
selama ini belum sinkron dengan tuntutan SPMI)
2.
Pemerintah
Daerah memberdayakan dan menguatkan peran pengawas dalam penjaminan mutu
pendidikan di sekolah, karena tugas dan fungsi pengawas bersentuhan langsung
dengan sekolah.
3.
Pemerintah Daerah
melaksanakan lomba/pemberian penghargaan terhadap Kepala Sekolah dan Pengawas
Sekolah berprestasi dalam implementasi SPMI
4.
Penyediaan
perangkat online bagi sekolah, dalam penjaminan mutu (dari pemetaan,
perencanaan/RKS-RKAS, hingga pemantauan/monev) sangat urgen untuk dilakukan,
terutama di daerah dengan jumlah sekolah besar.
|
7.2.1
|
Memiliki pedoman pengelolaan sekolah lengkap
|
5.35
|
|
7.2.2
|
Meningkatkan dayaguna pendidik dan tenaga kependidikan
|
5.44
|
|
7.2.5
|
Membangun kemitraan dan
melibatkan peran serta masyarakat serta lembaga lain yang relevan
|
5.29
|
|
7.3
|
Kepala sekolah berkinerja
baik dalam melaksanakan tugas kepemimpinan
|
3.13
|
|
8
|
Standar Pembiayaan
|
||
8.3.1
|
Mengatur alokasi dana yang berasal dari APBD/APBN/Yayasan/sumber
lainnya
|
0.04
|
1.
Pemerintah daerah perlu
meningkatkan jumlah anggaran dana BOS/siswa agar dapat memenuhi mutu
pendidikan yang menunjang pemenuhan 8 SNP
|
8.3.3
|
Memiliki laporan yang dapat diakses oleh pemangku kepentingan
|
5.43
|