Pendidikan Harus Menjadikan Seseorang Mampu Mangatasi Segala Permasalahan Kehidupan, Bukan Hanya Hapal Teori Dan Rumus


Pendidikan seharusnya menjadikan peserta didik menjadi lebih santun, lebih tahu dan lebih terampil. Bahwa pendidikan harus membawa seseorang mampu menghadapi permasalahan hidup. Maka upaya pendidikan harus di arahkan kepada bagaimana seseorang mampu bertahan hidup dan menjalankan kehidupannya. Maka setumpuk teori dan rumus yang mampu di hapal oleh peserta didik bukanlah tujuan akhir dari pendidikan yang di jalankan, nampu bagaimana implementasi dari teori dan rumus itu dalam kehidupan.

Berdasarkan hasil Pemetaan Mutu Pendidikan yang sudah di laksanakan terlihat bahwa output berupa meningkatnya pengetahuan faktual, prosedural, konseptual, metakognitif terhadap peserta didik, meningkatnya keterampilan berpikir dan bertindak produktif bagi peserta didik, meningkatnya keterampilan berpikir dan bertindak kreatif bagi peserta didik, menjadi hal yang harus terus di tingkatkan. Artinya mungkin aspek pelaksanaan Kurikulum 2013 masih harus terus di perkuat karena jika pembelajaran sudah mengimpelementasikan K13 mestinya hal hal seperti masalah masalah di atas tidak terjadi lagi. K13 secara konsep mengharapkan terciptanya pembelajaran yang menjadikan peserta didik sebagai sentral dan bukan lagi guru sebagai satu satunya sumber belajar.

Pembelajaran di dalam kelas harus membuat peserta didik menjadi aktif dan kreatif. Pembelajaran dengan aneka sumber belajar dan penggunaaan alat peraga juga harus terus di tingkatkan. Semuanya dengan maksud menjadikan peserta didik memahami secara sempurna apa tujuan pembelajaran yang sedang di laksanakan dan bagaimana implementasinya dalam kehidupan.