Penerimaan CPNS 2018, Usaha Harus Maksimal, Apapun Hasilnya Itulah Taqdir Kita

Penerimaan cpns 2018 telah di buka. 230 ribu lebih cpns di cari. Dan hampir dapat di pastikan jumlah pendaftar cpns 2018 ini akan mencapai jutaan. Minat pencari kerja yang demikian luar biasa ini tidak lain karena iming iming gaji pns yang sangat menggiurkan di tambah jaminan pensiunan bagi pns.

Ada satu hal yang harus di ketahui oleh para pelamar cpns 2018. Bahwa sejak reformasi di jalankan kebutuhan pns di dasarkan atas di lakukannya analisis jabatan sehingga formasi yang di butuhkan berdasarkan pada hal tersebut. Maka formasi cpns yang muncul pun akan merujuk kepada jabatan yang masih kurang di satu instansi atau satuan pendidikan. Misal di satu sekolah yang kurang adalah guru IPA ahli pertama dengan lulusan yang bisa mendaftar adalah S1-IPA. Maka ketika muncul formasi kabupaten tertampilkan bahwa kabupaten tersebut akan menerima 1 orang S1-IPA untuk sekolah A, 1 orang untuk sekolah B, 1 orang untuk sekolah C, dst. Dan bukannya tersebut kabupaten A akan menerima 5 orang S-1 tanpa penempatan langsung seperti jaman dulu. Jadi persaingan akan terjadi di tingkat sekolah, bukan tingkat kabupaten. Maka kejelian melihat peluang dan tingkat persaingan akan sangat menentukan kelulusan kecuali satu hal, bahwa pelamar adalah seseorang yang sangat pintar atau jenius sehingga dia tidak kuatir akan persaingan di tempat yang dia pilih.

Hal lain yang perlu di perhatikan pelamar ketika mendaftar di tes cpns 2018 adalah jangan pelit untuk membeli buku buku panduan materi tes cpns di toko buku. Di sana banyak buku dengan ketebalan beraneka lebih dari 20 cm yang membahas tentang soal soal tes cpns yang pernah di laksanakan. Terpenting adalah di sana ada pembahasan soal, dan itulah yang utama. Kita bukan hanya belajar tentang jenis soal tapi juga teknik pengerjaan soal sehinga ketika soal di ganti pun kita tidak akan mengalami kesulitan. Dengan sistem CAT di mana ada passing grade di sana maka latihan soal soal dan pemahaman akan bentuk soal sangat menentukan keberhasilan seseorang dalam melewati tahap demi tahap tes cpns dari seleksi kompetensi dasar(SKD), dan seleksi kompetensi bidang(SKB).

Menjadi PNS jaman sekarang adalah hal yang sangat sulit karena tingkat persingan yang sangat superberat mengingat hanya 1, 2, 3 orang yang di butuhkan untuk setiap jabatan. Namun kita tidak perlu terlalu memikirkannya. Kewajiban kita sebagai manusia adalah berusaha. Apa pun hasilnya itulah taqdir kita.