MEMBUAT ORANG TUA BAHAGIA ITU SEDERHANA CARANYA

Membuat orang tua bahagia itu sederhana, datanglah padanya , luangkan waktumu sesempit apa pun untuk datang mengunjunginya, walaupun tak lama. Jika tak bisa datang secara fisikmu teleponlah beliau orang tua kita setiap hari atau setiap minggu atau minimal setiap bulan jika jarak kita memang sangat jauhnya. Datanglah, sapalah, ciumlah tangannya di saat pertemuan atau pertemuan dengan orang tua kita, maka percayalah orang tua kita akan selalu mengingat kita karenanya.

Membuat orang tua bahagia itu sederhana, berilah sedikit rizki yang engkau dapatkan padanya secara rutin. Sesedikit apa pun sekali pun dia telah mempunyai penghasilan sendiri cobalah untuk senantiasa memberi kepada orang tua kita karena bukan jumlahnya yang paling penting tapi perhatian kita padanya itulah yang terpenting baginya. Alangkah malangnya orang tua jika beliau orang tua kita ternyata sangat membutuhkan uluran tangan dari kita , sementara di lain situasi si anak hidup sangat berkecukupan. Sebagai orang tua percayalah dia pasti tidak akan pernah meminta kepada kita atau menunjukkan kepada kita akan kekurangan kekurangannya. Kitalah yang harus memahami situasi yang di tengah di hadapi orang tua kita. Memberi walau dalam jumlah yang tak berarti tetaplah bermakna besar bagi orang tua kita.

Membuat orang tua bahagia itu sederhana, doakanlah mereka dan mintalah doa dari mereka. Maka pastilah doa kita akan membawa dampak luar biasa pada kita dan disisi lain orang tua pasti akan sangat berbahagia menenerima doa doa kita dan hubungan doa yang perantaranya adalah ALLAH pasti akan sampai dan membawa dampak pada makin mendekatnya hubungan anak dan orang tua..

Membuat bahagia orang tua itu sederhana, tersenyumlah. Jangan pernah berkata ah, jangan pernah berkata tidak, jangan pernah membantah, jangan pernah mendebat apa lagi marah kepadanya. Jangan pernah meninggalkannya bagaimana pun kondisinya. Ketika dia tengah sakit rawatlah dengan penuh kasih sayang dan cinta karena kecintaan seluruh keluarga itu bisa jadi satu satunya obat untuk kesembuhannya. Jangan pernah meninggalkannya sendiri sejengkel apa pun engkau kepadanya. Buatlah hatinya berbahagia dan janganlah sampai menetes air matanya karena perkataan dan perbuatan kita.

Membuat orang tua bahagia itu sederhana, dengarlah setiap bicaranya, pandangilah , sayangilah kedua orang tua kita karena sungguh pada saat semua sudah tiada hanyalah penyesalan semata yang tersisa. dan kita tidak akan bisa lagi berbuat apa apa, menangis pun tidak akan ada gunanya.

QS Al Isra' 17:24:
Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil".

Dan, jika seseorang mencapai usia 40 tahun, Allah memerintahkan untuk berdoa:
QS AL Ahqaf 46:15. Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila Dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: "Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang berserah diri".