Contoh Soal Soal Calon Pengawas 2008

SOAL :
1.      Kedudukan dan Tugas Pokok Pengawas Sekolah dilaksanakan berdasarkan ....
A. Kep. Menpan No. 091/KEP/MENPAN/10/2001
B. Kep. Menpan No. 118/1996
C. SK Menpan No. 091/KEP/MENPAN/10/2001
D. SK Menpan No. 118/1996

2.      Sebagai pejabat fungsional Pengawas Sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya sangat tergantung pada ...
A.    Insruksi dan pengarahan dari Kepala Dinas Pendidikan sebagai atasannya
B.     Kemampuan pengawas sekolah dalam memilih dan menentukan metoda kerjanya
C.     Penerimaan Kepala Sekolah dari sekolah yang menjadi tanggung jawab binaan pengawas sekolah bersangkutan
D.    Tinggi – rendahnya jabatan yang diemban Pengawas Sekolah itu sendiri

3.      Sebagai pejabat fungsional Pengawas Sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya, ia berkedudukan sebagai ...
A.                      Penata program pendidikan di sekolah
B.                       Perencana program pendidikan di sekolah
C.                       Pelaksana teknis pengawasan pendidikan di sekolah
D.                      Pembina sekolah dan Kepala Sekolah.

4.      Supervisi akademik yang menjadi tanggung jawab Pengawas Sekolah ditujukan kepada ....
A.    Kepala Sekolah
B.     Kepala Tata Usaha
C.     Pengelola perpustakaan sekolah
D.    Guru Mata Pelajaran / Pembimbing



5.      Memperhatikan kondisi nyata di lapangan, yang menunjukkan bahwa sebahagian besar guru pada SMA dan SMK telah menduduki jabatan Guru Dewasa, maka seharusnya yang menjadi Pengawas Sekolah pada tingkat SMA dan SMK memiliki jabatan dan pangkat serendah-rendahnya ...
A.    Pengawas Muda, Pangkat Penata Golongan Ruang III/c
B.     Pengawas Muda, Pangkat Penata Tingkat I Golongan Ruang III/d
C.     Pengawas Madya, Pangkat Pembina Golongan Ruang IV/a
D.    Pengawas Madya, Pangkat Pembina Tingkat I Golongan Ruang IV/b

6.      Melaksanakan tugas pengembangan profesi menjadi kewajiban yang harus dipenuhi oleh Pengawas Sekolah yang menduduki jabatan ....
A.                      Pengawas Sekolah Pratama
B.                       Pengawas Sekolah Muda
C.                       Pengawas Sekolah Muda Tingkat I
D.                      Pengawas Sekolah Madya

7.      Di bawah ini merupakan dimensi kompetensi pengawas satuan pendidikan, kecuali ....
A.    kompetensi kepribadian                      C. kompetensi supervisi manajerial
B.     kompetensi profesional                       D. kompetensi evaluasi pendidikan

8.      Menurut ketentuan pengawas sekolah yang berhasil mengikuti pendidikan dan memperoleh gelar doktor yang sesuai bidang tugasnya diberi angka kredit ... .
A.   75                    B. 100                         C. 150                         D. 200

9.      Pengawas sekolah yang bersama-sama membuat karya tulis ilmiah dalam bidang pendidikan sekolah, maka pembagian angka kreditnya untuk penulis utama adalah ... .
A.   30%                 B. 40%                        C. 50%                        D. 60%

10.  Peraturan Pemerintah yang mengatur tentang Standar Nasional Pendidikan adalah ....
A.    PP No. 18 tahun 2005                         C. PP No. 20 tahun 2005
B.     PP No. 19 tahun 2005                         D. PP No. 22 tahun 2005

11. Pernyataan di bawah ini yang tidak termasuk landasan hukum dalam penerapan kurikulum tingkat satuan pendidikan adalah ...
A. UU no 20 tahun 2003
B. UU no 40 tahun 2005
C. PP 19 tahun 2005
D. Permendiknas No.  22 tahun 2006

12. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan disusun oleh ....
A.    Sekolah dan Komite Sekolah              C. Sekolah dan Pengawas
B.     Sekolah dan Dinas Pendidikan           D. Sekolah dan KKG/MGMP



13. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ditetapkan dan dinyatakan mulai diberlakukan oleh ....
A.    Kepala Dinas Pendidikan                   C. Kepala Sekolah
B.     Pengawas Sekolah                              D. Dewan Guru

14. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 22 tahun 2006 berisi tentang ....
A.    Pelaksanaan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
B.     Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
C.     Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
D.    Standar Nasional Pendidikan

15. Standar Kompetensi Lulusan adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup ....
A.    Sikap dan Pengetahuan                       C. Sikap dan Keterampilan
B.     Pengetahuan dan Keterampilan          D. Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan

16. Satuan pendidikan dasar dan menengah harus sudah mulai menerapkan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah paling lambat ....
A.    Tahun ajaran 2007/2008                      C. Tahun ajaran 2009/2010
B.     Tahun ajaran 2008/2009                      D. Tahun ajaran 2010/2011

17. Pembelajaran di suatu jenjang pendidikan dilaksanakan dalam satu kesatuan dengan mengangkat tema-tema tertentu yang memuat mata-mata pelajaran dimaksud, disebut pembelajaran dengan pendekatan ... .
A. Tematik
B. Matematik
C. Realistik
D. Kontekstual

18. Fungsi utama pelaksanaan pembelajaran IPA terpadu ialah agar ..
A.    siswa mudah belajar IPA
B.     beberapa kompetensi lebih cepat dicapai
C.     siswa lebih menyenangi mata pelajaran IPA
D.    beberapa kompetensi dapat dimiliki siswa

19. Jika kita menganalisis beberapa karakter pendekatan pembelajaran, maka pendekatan yang efektif untuk siswa Sekolah Dasar adalah ....
A.    Contextual Teaching and Learning
B.     Jigsaw sebagai pendekatan efektif
C.     Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan
D.    Pendekatan Pembelajaran Tradisional

20.  Proses perpindahan dari pengamatan menjadi pemahaman adalah bagian dari pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk komponen ....
A.    Inquiry                                                         C. Questioning
B.   Konstruktivisme                                          D. Reflection

21.    Penilaian adalah ....
A.    Proses sistematis meliputi pengumpulan informasi (angka, deskripsi verbal), analisis interpretasi informasi untuk membuat keputusan
B.     Proses pengumpulan dan penggunaan informasi oleh guru melalui sejumlah bukti untuk membuat keputusan tentang pencapaian hasil belajar
C.     Jika peserta didik dikelompokkan berdasarkan tingkat kemampuannya untuk beberapa mata pelajaran dan diajarkan sesuai dengan karakteristik mereka
D.    Pengamatan terhadap aktivitas siswa sebagaimana terjadi (unjuk kerja, tingkah laku, interaksi)

22.  “Peserta tidak diperkenankan mengerjakan pekerjaan berikutnya sebelum mampu menyelesaikan pekerjaan dengan prosedur yang benar dan hasil yang baik.”
Pernyataan di atas adalah prinsip ....
A.    Penilaian kelas                                              C. Belajar tuntas
B.     Ciri Penilaian                                                D. Penilaian Otentik

23.   Di bawah ini rambu-rambu penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), kecuali ....
A.    KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran
B.     KKM ditetapkan oleh forum KKG, MGMP Sekolah
C.     Sekolah dapat menetapkan KKM di bawah kriteria ideal
D.    KKM dapat ditetapkan setiap saat, jika dipandang perlu

24.    Kriteria penetapan KKM di bawah ini, kecuali ....
A.    Kesepakatan guru dan siswa                        C. Daya dukung
B.     Kompleksitas indikator                    D. Intake siswa

25.    Di antara komponen berikut ini yang tidak termasuk komponen silabus adalah ....
A.    Standar Kompetensi                                    C. Tujuan Pembelajaran
B.    Materi pokok/pembelajaran              D. Alokasi Waktu

26.  Silabus dikembangkan dengan menggunakan beberapa prinsip. Salah satu prinsip tersebut, yaitu ....
A.    Beragam dan terpadu
B.    Belajar sepanjang hayat
C.    Tanggap terhadap perkembangan IPTEK dan seni
D.    Ilmiah



27.  Menurut PP No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) minimal memuat ....
A.    SK, KD, indikator, kegiatan pembelajaran, dan materi ajar
B.    Tujuan Pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar
C.    SK, KD, indikator, kegiatan pembelajaran, dan penilaian
D.    Tujuan pembelajaran, materi pokok, kegiatan pembelajaran, metode pengajaran, dan penilaian

28.    Sebuah RPP dapat digunakan untuk ....
A.    1 kali pertemuan                                           C. 3 kali pertemuan
B.     2 kali pertemuan                                           D. 1 kali pertemuan atau lebih

29. Inti dari manajemen sekolah adalah kepemimpinan dalam mengelola sekolah, sehingga kepala sekolah perlu menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan berikut, kecuali ... .
A. Demokratis                                                    C. Kesederhanaan
B. Kekeluargaan                                                            D. Sentralistik

30.  Dalam pelaksanaannya untuk menampung aspirasi dan harapan yang merupakan kepentingan sekolah menurut konsep manajemen sekolah ditampung oleh suatu wadah yang disebut komite sekolah. Komite ini berfungsi ... . 
A.    Menyusun rencana strategi sekolah
B.     Melaksanakan proses pembelajaran
C.     Mengadakan evaluasi terhadap sekolah
D.    Mengangkat kepala sekolah

31.  Berikut adalah hal-hal yang harus diaudit berhubungan dengan manajemen sekolah, kecuali ... .
A.    Evaluasi hasil belajar
B.     Kurikulum
C.     Dana
D.    Pengambilan keputusan

32.  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) adalah ....
A.    Kepmendiknas No. 087/u/2002                   C. Permendiknas No. 29 tahun 2005
B.     Kepmendiknas No. 039/u/2003                   D. Permendiknas No. 12 tahun 2007









33.    Di bawah ini merupakan tujuan Akreditasi Sekolah, kecuali ....
A.    Memperoleh gambaran kinerja sekolah
B.     Meningkatkan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan
C.     Memberi jaminan kepada publik bahwa siswa dilayani oleh sekolah yang benar-benar memenuhi persyaratan standar kualitas nasional
D.    Memberikan umpan balik bagi sekolah yang bersangkutan sehingga dapat dilakukan upaya-upaya perbaikan, pengembangan, dan peningkatan kinerja sekolah

34.    Hasil akreditasi sekolah memiliki manfaat di bawah ini, kecuali ....
A.    Memberi umpan balik bagi sekolah
B.     Membantu masyarakat dalam menentukan pilihan sekolah
C.     Membantu pemetaan kelayakan dan kinerja sekolah
D.    Memperoleh gambaran kinerja sekolah

35.    Di bawah ini yang bukan merupakan tujuan utama dari program supervisi klinis adalah ....
A.    Menentukan tujuan pendidikan                  
B.     Merencanakan pembelajaran yang efektif              
C.     Menggunakan alat pelajaran
D.    Menilai kemajuan belajar peserta didik

36.   Berikut adalah prinsip-prinsip umum supervisi pembelajaran, kecuali ....
A.    Ilmiah                                                           C. Kooperatif
B.     Instruktif                                                      D. Konstruktif.

37. Manakah dari pernyataan berikut, yang bukan merupakan prinsip pokok dari supervisi pembelajaran dan klinis ?
A.  Membantu guru dalam meningkatkan karir jabatannya;
B.   Supervisi merupakan bagian integral dari program pendidikan di sekolah;
C.     Program supervisi harus sesuai dengan kebutuhan pembelajaran;
D.    Membantu menjelaskan tujuan dan sasaran pembelajaran serta implikasinya.

38.   Salah satu tahapan yang dapat ditempuh dalam the planning conference adalah ...
A. Klarifikasi konteks pembelajaran, data dan informasi yang akan direkam dalam observasi kelas
B. Guru dan Pengawas sekolah meneliti bersama hasil rekaman dari observasi kelas
C. Guru melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kesepakatan awal dengan pengawas sekolah
D. Supervisor merekam kegiatan secara lengkap sebagai bahan diskusi

39. Merumuskan dan menetapkan keputusan tentang perubahan yang harus dilakukan oleh guru dalam pembelajaran berikutnya, sebagai bagian dari teknik supervisi klinis, dilaksanakan pada tahap :
A. Planning conference                             C. Classroom observation

B. Action planning                                    D. Feedback  conference