SOAL :
1. Kedudukan dan Tugas
Pokok Pengawas Sekolah dilaksanakan berdasarkan ....
A. Kep. Menpan No.
091/KEP/MENPAN/10/2001
B. Kep. Menpan No. 118/1996
C. SK Menpan No. 091/KEP/MENPAN/10/2001
D. SK Menpan No. 118/1996
2. Sebagai pejabat
fungsional Pengawas Sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya sangat tergantung
pada ...
A. Insruksi dan pengarahan
dari Kepala Dinas Pendidikan sebagai atasannya
B. Kemampuan pengawas
sekolah dalam memilih dan menentukan metoda kerjanya
C. Penerimaan Kepala
Sekolah dari sekolah yang menjadi tanggung jawab binaan pengawas sekolah
bersangkutan
D. Tinggi – rendahnya
jabatan yang diemban Pengawas Sekolah itu sendiri
3. Sebagai pejabat
fungsional Pengawas Sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya, ia berkedudukan
sebagai ...
A.
Penata program pendidikan di sekolah
B.
Perencana program pendidikan di sekolah
C.
Pelaksana teknis pengawasan pendidikan di sekolah
D.
Pembina sekolah dan Kepala Sekolah.
4. Supervisi akademik yang
menjadi tanggung jawab Pengawas Sekolah ditujukan kepada ....
A.
Kepala Sekolah
B.
Kepala Tata Usaha
C.
Pengelola perpustakaan sekolah
D.
Guru Mata Pelajaran / Pembimbing
5. Memperhatikan kondisi
nyata di lapangan, yang menunjukkan bahwa sebahagian besar guru pada SMA dan
SMK telah menduduki jabatan Guru Dewasa, maka seharusnya yang menjadi Pengawas
Sekolah pada tingkat SMA dan SMK memiliki jabatan dan pangkat
serendah-rendahnya ...
A. Pengawas Muda,
Pangkat Penata Golongan Ruang III/c
B. Pengawas Muda,
Pangkat Penata Tingkat I Golongan Ruang III/d
C.
Pengawas Madya, Pangkat Pembina Golongan Ruang IV/a
D.
Pengawas Madya, Pangkat Pembina Tingkat I Golongan Ruang
IV/b
6. Melaksanakan tugas
pengembangan profesi menjadi kewajiban yang harus dipenuhi oleh Pengawas
Sekolah yang menduduki jabatan ....
A.
Pengawas Sekolah Pratama
B.
Pengawas Sekolah Muda
C.
Pengawas Sekolah Muda Tingkat I
D.
Pengawas Sekolah Madya
7. Di bawah ini merupakan dimensi kompetensi
pengawas satuan pendidikan, kecuali ....
A. kompetensi kepribadian C. kompetensi supervisi
manajerial
B. kompetensi profesional D. kompetensi evaluasi
pendidikan
8. Menurut ketentuan pengawas sekolah yang
berhasil mengikuti pendidikan dan memperoleh gelar doktor yang sesuai bidang
tugasnya diberi angka kredit ... .
A. 75 B.
100 C. 150 D. 200
9. Pengawas sekolah yang bersama-sama membuat
karya tulis ilmiah dalam bidang pendidikan sekolah, maka pembagian angka
kreditnya untuk penulis utama adalah ... .
A. 30% B.
40% C. 50% D. 60%
10. Peraturan Pemerintah yang mengatur tentang
Standar Nasional Pendidikan adalah ....
A. PP No. 18 tahun 2005 C. PP No. 20 tahun 2005
B. PP No. 19 tahun 2005 D. PP No. 22 tahun 2005
11. Pernyataan di bawah ini
yang tidak termasuk landasan hukum dalam penerapan kurikulum tingkat satuan
pendidikan adalah ...
A. UU no 20 tahun
2003
B. UU no 40 tahun
2005
C. PP 19 tahun
2005
D. Permendiknas
No. 22 tahun 2006
12. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan disusun oleh ....
A. Sekolah dan Komite Sekolah C. Sekolah dan Pengawas
B. Sekolah dan Dinas Pendidikan D. Sekolah dan KKG/MGMP
13. Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan ditetapkan dan dinyatakan mulai diberlakukan oleh ....
A. Kepala Dinas Pendidikan C. Kepala Sekolah
B. Pengawas Sekolah D. Dewan Guru
14. Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 22 tahun 2006 berisi tentang ....
A. Pelaksanaan Standar Isi dan Standar
Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
B. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar
dan Menengah
C. Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan
Pendidikan Dasar dan Menengah
D. Standar Nasional Pendidikan
15. Standar Kompetensi Lulusan
adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup ....
A. Sikap dan Pengetahuan C. Sikap dan Keterampilan
B. Pengetahuan dan Keterampilan D. Sikap, Pengetahuan, dan
Keterampilan
16. Satuan pendidikan dasar
dan menengah harus sudah mulai menerapkan Standar Isi dan Standar Kompetensi
Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah paling lambat ....
A. Tahun ajaran 2007/2008 C. Tahun ajaran 2009/2010
B. Tahun ajaran 2008/2009 D. Tahun ajaran 2010/2011
17. Pembelajaran di suatu
jenjang pendidikan dilaksanakan dalam satu kesatuan dengan mengangkat tema-tema
tertentu yang memuat mata-mata pelajaran dimaksud, disebut pembelajaran dengan
pendekatan ... .
A. Tematik
B. Matematik
C. Realistik
D. Kontekstual
18.
Fungsi utama pelaksanaan pembelajaran IPA terpadu ialah agar ..
A. siswa mudah belajar IPA
B. beberapa kompetensi lebih cepat dicapai
C. siswa lebih menyenangi mata pelajaran IPA
D. beberapa kompetensi dapat dimiliki siswa
19. Jika kita menganalisis beberapa karakter
pendekatan pembelajaran, maka pendekatan yang efektif untuk siswa Sekolah Dasar
adalah ....
A. Contextual Teaching and Learning
B. Jigsaw sebagai pendekatan efektif
C. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan
Menyenangkan
D. Pendekatan Pembelajaran Tradisional
20. Proses perpindahan dari pengamatan menjadi
pemahaman adalah bagian dari pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)
untuk komponen ....
A. Inquiry C.
Questioning
B. Konstruktivisme D.
Reflection
21. Penilaian adalah ....
A. Proses sistematis meliputi pengumpulan
informasi (angka, deskripsi verbal), analisis interpretasi informasi untuk
membuat keputusan
B. Proses pengumpulan dan penggunaan informasi
oleh guru melalui sejumlah bukti untuk membuat keputusan tentang pencapaian
hasil belajar
C. Jika peserta didik dikelompokkan berdasarkan
tingkat kemampuannya untuk beberapa mata pelajaran dan diajarkan sesuai dengan
karakteristik mereka
D. Pengamatan terhadap aktivitas siswa
sebagaimana terjadi (unjuk kerja, tingkah laku, interaksi)
22. “Peserta tidak diperkenankan mengerjakan
pekerjaan berikutnya sebelum mampu menyelesaikan pekerjaan dengan prosedur yang
benar dan hasil yang baik.”
Pernyataan di atas adalah
prinsip ....
A. Penilaian kelas C. Belajar tuntas
B. Ciri Penilaian D. Penilaian Otentik
23. Di bawah ini rambu-rambu penetapan Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM), kecuali ....
A. KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran
B. KKM ditetapkan oleh forum KKG, MGMP Sekolah
C. Sekolah dapat menetapkan KKM di bawah
kriteria ideal
D. KKM dapat ditetapkan setiap saat, jika
dipandang perlu
24. Kriteria penetapan KKM di
bawah ini, kecuali ....
A. Kesepakatan guru dan siswa C. Daya dukung
B. Kompleksitas indikator D. Intake siswa
25. Di antara komponen berikut
ini yang tidak termasuk komponen silabus adalah ....
A. Standar Kompetensi C. Tujuan Pembelajaran
B. Materi pokok/pembelajaran D. Alokasi Waktu
26. Silabus dikembangkan dengan menggunakan
beberapa prinsip. Salah satu prinsip tersebut, yaitu ....
A. Beragam dan terpadu
B. Belajar sepanjang hayat
C. Tanggap terhadap perkembangan IPTEK dan seni
D. Ilmiah
27. Menurut PP No. 19 tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) minimal memuat ....
A. SK, KD, indikator, kegiatan pembelajaran,
dan materi ajar
B. Tujuan Pembelajaran, materi ajar, metode
pengajaran, sumber belajar
C. SK, KD, indikator, kegiatan pembelajaran,
dan penilaian
D. Tujuan pembelajaran, materi pokok, kegiatan
pembelajaran, metode pengajaran, dan penilaian
28. Sebuah RPP dapat digunakan
untuk ....
A. 1 kali pertemuan C. 3 kali pertemuan
B. 2 kali pertemuan D. 1 kali pertemuan atau lebih
29. Inti dari manajemen
sekolah adalah kepemimpinan dalam mengelola sekolah, sehingga kepala sekolah
perlu menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan berikut, kecuali ... .
A. Demokratis C.
Kesederhanaan
B. Kekeluargaan D.
Sentralistik
30. Dalam pelaksanaannya untuk menampung aspirasi
dan harapan yang merupakan kepentingan sekolah menurut konsep manajemen sekolah
ditampung oleh suatu wadah yang disebut komite sekolah. Komite ini berfungsi
... .
A. Menyusun rencana strategi sekolah
B. Melaksanakan proses pembelajaran
C. Mengadakan evaluasi terhadap sekolah
D. Mengangkat kepala sekolah
31. Berikut adalah hal-hal yang harus diaudit
berhubungan dengan manajemen sekolah, kecuali ... .
A. Evaluasi hasil belajar
B. Kurikulum
C. Dana
D. Pengambilan keputusan
32. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI
tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) adalah ....
A. Kepmendiknas No. 087/u/2002 C.
Permendiknas No. 29 tahun 2005
B. Kepmendiknas No. 039/u/2003 D.
Permendiknas No. 12 tahun 2007
33. Di bawah ini merupakan tujuan Akreditasi
Sekolah, kecuali ....
A. Memperoleh gambaran kinerja sekolah
B. Meningkatkan tingkat kelayakan suatu sekolah
dalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan
C. Memberi jaminan kepada publik bahwa siswa
dilayani oleh sekolah yang benar-benar memenuhi persyaratan standar kualitas
nasional
D. Memberikan umpan balik bagi sekolah yang
bersangkutan sehingga dapat dilakukan upaya-upaya perbaikan, pengembangan, dan
peningkatan kinerja sekolah
34. Hasil akreditasi sekolah
memiliki manfaat di bawah ini, kecuali ....
A. Memberi umpan balik bagi sekolah
B. Membantu masyarakat dalam menentukan pilihan
sekolah
C. Membantu pemetaan kelayakan dan kinerja
sekolah
D. Memperoleh gambaran kinerja sekolah
35.
Di bawah ini yang bukan
merupakan tujuan utama dari program supervisi klinis adalah ....
A. Menentukan tujuan pendidikan
B. Merencanakan pembelajaran yang efektif
C. Menggunakan alat pelajaran
D. Menilai kemajuan belajar peserta didik
36. Berikut adalah prinsip-prinsip umum
supervisi pembelajaran, kecuali ....
A. Ilmiah C.
Kooperatif
B. Instruktif D.
Konstruktif.
37. Manakah dari pernyataan berikut, yang bukan
merupakan prinsip pokok dari supervisi pembelajaran dan klinis ?
A. Membantu guru dalam meningkatkan karir
jabatannya;
B. Supervisi merupakan bagian integral dari
program pendidikan di sekolah;
C. Program supervisi harus
sesuai dengan kebutuhan pembelajaran;
D. Membantu menjelaskan
tujuan dan sasaran pembelajaran serta implikasinya.
38. Salah satu tahapan
yang dapat ditempuh dalam the planning
conference adalah ...
A.
Klarifikasi konteks pembelajaran, data dan informasi yang akan direkam dalam
observasi kelas
B.
Guru dan Pengawas sekolah meneliti bersama hasil rekaman dari observasi kelas
C.
Guru melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kesepakatan awal dengan
pengawas sekolah
D.
Supervisor merekam kegiatan secara lengkap sebagai bahan diskusi
39. Merumuskan dan menetapkan keputusan tentang
perubahan yang harus dilakukan oleh guru dalam pembelajaran berikutnya, sebagai
bagian dari teknik supervisi klinis, dilaksanakan pada tahap :
A. Planning
conference C.
Classroom observation
B. Action
planning D.
Feedback conference