SOAL :
1.
Kepala sekolah harus mampu
menjalankan fungsinya sebagai edukator seperti kegiatan dibawah ini, kecuali …
a.
mampu melaksanakan tugas
sebagai guru
b.
mampu melakukan supervisi
pembelajaran
c.
mampu membimbing staf karyawan
d.
mampu membimbing siswa
e.
mampu membina kerjasama dengan
komite
2.
Seseorang mempunyai nilai
kepemimpinan dapat dilihat dari kecenderungan sebagai berikut …
a.
pandai berpidato
b.
mampu menarik perhatian
c.
terampil mengambil keputusan
d.
memahami penderitaan orang lain
e.
bersikap tegas, tidak pandang
bulu
3.
Staf memiliki kemampuan yang
baik tetapi motivasi kurang , maka gaya
kepemimpinan yang efektif adalah …
a.
kepemimpinan delegatif
b.
kepemimpinan partisipatif
c.
kepemimpinan instruktif
d.
kepemimpinan konsultatif
e.
kepemimpinan otoritatif
4.
Hambatan utama dalam penerapan
manajemen perubahan sebuah sekolah adalah…
a.
ketiadaan dana
b.
dukungan otoritas
c.
budaya anggota
d.
kebijakan lembaga terkait
e.
tuntutan pelanggan
5.
Di bawah ini adalah contoh-contoh
kompetensi kepala sekolah dalam kewirausahaan , kecuali …
a. menciptakan iklim kerja yang kondusif
b. menganalisis dan memanfaatkan peluang
c. melakukan promosi dan terobosan
d. kemampuan mandiri untuk mencapai tujuan
e. berani mengambil resiko
6.
Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan dikembangkan menurut prinsip-prinsip berkut ini, kecuali...
a. berpusat pada potensi perkembangan dan
kebutuhan peserta didik dan lingkungan
b. tanggap terhadap perkembangan ilmu
pengetahuan, teknologi dan seni
c. kepentingan otonomi daerah
d. relevan dengan kebutuhan kehidupan
e. menyeluruh dan berkesinambungan
7. Pernyataan di bawah ini yang tidak
termasuk landasan hukum dalam penerapan kurikulum tingkat satuan pendidikan
adalah ...
a. UU no 20 tahun 2003
b. UU no 14 tahun 2005
c. PP no19 tahun 2005
d. Kepmen 22 tahun 2006
e. Kepmen 23 tahun 2006
8. Berikut ini Standar Nasional Pendidikan
yang ditetapkan oleh BSNP , kecuali
...
a. Standar Kelulusan
b. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
c. Standar Proses
d. Standar Sarana dan Prasarana
e. Standar Penilaian Pendidikan
9. Hak dimulainya pemberlakuan kurikulum pada
tingkat satuan pendidikan dimiliki oleh ...
a. Kepala Sekolah
b. Dinas Pendidikan Kecamatan
c. Dinas Pendidikan kabupaten/kota
d. Dinas Pendidikan Nasional
e. Badan Standarisasi Nasional Pendidikan
10. Kegiatan yang tidak termasuk pengembangan
diri adalah ...
a. olahraga prestasi
b. pembiasaan
c. bimbingan belajar
d. kelompok ilmiah remaja
e. program kecakapan hidup
11. Pembelajaran remidial diperuntukkan bagi
siswa yang ...
a. lambat belajar
b. belum tuntas
c. underachiever
d. nakal
e. bermasalah
12. Komponen silabus yang tidak perlu dibuat sendiri oleh guru adalah ...
a. kompetensi dasar
b. indikator
c. kegiatan pembelajaran
d. penilaian
e. alokasi waktu
13. Salah satu prinsip dalam pengembangan
silabus adalah ...
a. Tanggap terhadap perkembangan iptek
b. Tanggap terhadap globalisasi
c. Belajar sepanjang hayat
d. Beragam dan terpadu
e. Ilmiah
14. Menurut Standar Nasional Pendidikan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) minimal memuat ....
a. SK , KD, indikator, kegiatan pembelajaran
dan materi ajar
b. SK, KD, indikator, Materi pokok, kegiatan
pembelajaran dan penilaian
c. Tujuan pembelajaran, materi ajar, metode
pengajaran, sumber belajar
d. SK,KD, Uraian Materi, kegiatan
pembelajaran , dan Penilaian
e. Tujuan pembelajaran , Materi pembelajaran,
Metode , dan Penilaian
15. Berikut ini adalah kegiatan perencanaan
dalam pembelajaran tematik :
1. membuat jaringan tema
2. membuat silabus
3. membuat indikator
4. membuat pemetaan
5. membuat RPP
Urutan kegiatan yang benar adalah :
a. 1-2-3-4-5
b. 3-4-1-2-5
c. 3-4-5-1-2
d. 1-4-3-2-5
e. 3-1-4-2-5
16. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam
merancang penilaian hasil belajar siswa, kecuali...
a. mengacu kepada indikator dari kompetensi dasar
b. menyesuaikan dengan pengalaman belajar
c. menggunakan standar kriteria
d. mempertimbangkan ketersediaan fasilitas
e. menentukan tingkat kesukaran
17. Yang bukan termasuk ciri dari penilaian
kelas adalah ...
a. menggunkan cara dan alat penilaian yang
bervariasi
b. saat penilaian siswa dalam suasana
menyenangkan
c. dapat menemukan kesulitan belajar siswa
d. hasil penilaian berguna sebagai refleksi
pembelajaran guru
e. menentukan rangking dikelas
18. Hal yang sebaiknya tidak dilakukan dalam
penilaian portofilio yaitu ...
a. harus karya asli siswa
b. hal yang tak terpisahkan dengan proses
pembelajaran
c. hasil penilaian merupakan otoritas guru
d. guru-siswa saling percaya
e. hasil penilaian rahasia bersama guru-siswa
19. Soal manakah di bawah ini yang menguji
penguasaan konsep ...
a. Berapakah suhu air mendidih ?
b. Kapan perang Diponegoro terjadi ?
c. Isilah
½ + ¼
= ......
d. Sebutkan ciri-ciri pasar tradisional !
e. Apa tindakanmu jika temanmu mendapat kecelakaan
?
20. Pengembangan profesi guru antara lain...
a. membuat karya tulis ilmiah
b. menemukan teknologi tepat guna
c. membuat alat peraga pembelajaran
d. mengikuti pengembangan kurikulum
e. a,b,c,d, benar
21. Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah
tergolong penelitian ...
a. dasar
b. eksperimen
c. terapan
d. kausalitas
e. korelasionalitas
22.
Penelitian
Tindakan kelas memiliki karakteristik......., kecuali
a. Adanya kolaborasi dalam pelaksanaanya
b. Bertujuan meningkatkan kualitas proses
pembelajaran
c. Berdasar masalah yang dihadapi guru dalam
pembelajaran
d. Adanya siklus : perencanaan – tindakan –
refleksi – perencanaan ulang
e. Sampel penelitian di pilih secara acak
23. Kegiatan memproses data observasi tindakan
seperti menganalisis, mensintesis menafsirkan dan mengekplanasi dalam PTK
adalah termasuk kegiatan ...
a. perencanaan
b. pelaksanaan
c. refleksi
d. validasi
e. rekonstruksi
24. Pemberian informasi tentang bahaya
narkotika bagi pelajar merupakan salah satu implementasi dari fungsi bimbingan
dan konseling, terutama fungsi ...
a. pemahaman
b. pengentasan
c. pemeliharaan
d. penyembuhan
e. pencegahan
25.
Layanan
bimbingan informasi ........, kecuali
a. memperkenalkan fasilitas yang dimiliki
sekolah
b. memperkenalkan personil sekolah tugas dan
tanggungjawabnya
c. daftar karakteristik mata pelajaran yang
akan diikuti
d. strategi meningkatkan motivasi belajar
e. sosialisasi peraturan perpustakaan sekolah
26. Judul penelitian tindakan yang relevan dengan tugas pokok dan fungsi kepala
sekolah adalah ...
a. Pengaruh pembelajaran tematik terhadap
kemampuan calistung siswa kelas rendah di SD
b. Hubungan kondisi sosial ekonomi
orangtua terhadap prestasi belajar siwa
c. Peningkatan kompetensi dan kinerja guru
melalui pemantapan program kerja KKG
d. Teknologi Informasi, Inovasi dalam dunia
pendidikan
e. Pengaruh kualifikasi pendidikan dan pengalaman mengajar guru terhadap kompetensi
dan kinerja guru
27. Berikut adalah tahap-tahap perkembangan
mental atau intelektual siswa menurut teori Piaget, kecuali ... .
a.
Sensori motor
b.
Kongkrit
c.
Preoperasional
d.
Informal
e.
Formal
28.
Anak Sekolah Dasar menurut
teori Piaget tahap berfikirnya masih ada pada tahap semi kongkrit, ini
maksudnya adalah ... .
a.
Yang dipelajari akan dipahami
bila menggunakan model benda asli
b.
Yang dipelajari akan dipahami
bila menggunakan model abstrak
c. Yang dipelajari akan dipahami walaupun
tanpa perantara
d. Yang dipelajari akan dipahami dengan mudah
e. Yang dipelajari akan dipahami secara
deduktif
29. Metode atau pendekatan deduktif sesuai
digunakan dalam pembelajaran untuk siswa yang tahap berfikirnya ... .
a.
Kongkrit
b.
Semi kongkrit
c.
Induktif
d.
Intuitif
e.
Abstrak
30. Sebagai sub sistem dalam kegiatan
pembelajaran, penilaian harus mampu memberikan informasi kepada guru untuk ...
.
a.
Meningkatkan kemampuan
mengajarnya
b.
Kepuasan orang tua
c.
Laporan kepada kepala sekolah
d.
Dokumen pribadi
e.
Digunakan naik pangkat
31.
Standar sarana dan prasarana
pendidikan mencakup hal-hal berikut, kecuali
... .
a.
Tempat bermain
b.
Tempat berekreasi
c.
Tempat keluarga
d.
Tempat beribadah
e.
Tempat berolah raga
32.
Dalam penyelenggaraan
pendidikan pengelolaan dana harus berdasarkan pada prinsip-prinsip berikut, kecuali ... .
a.
Keadilan
b.
Rahasia
c.
Efisiensi
d.
Transparansi
e.
Akuntabilitas publik
33.
Sebagai bentuk
pertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan dalam rangka pengendalian,
penjaminan, dan penetapan mutu pendidikan pada setiap jalur, jenjang, dan jenis
pendidikan dilakukan ... .
a.
Evaluasi
b.
Koordinasi
c.
Inspeksi
d.
Pembinaan
e.
Pengawasan
34.
Kebijakan dan program
pembangunan pendidikan dalam rangka mendukung pelaksanaan prioritas pembangunan
nasional, yaitu ... .
a.
Membangun sarana dan prasarana
b.
Membangun ketahanan nasional
c.
Membangun institusi yang bersih
d.
Membangun kesejahteraan rakyat
e.
Membangun pemerintahan yang
demokrasi
35.
Kebijakan pokok dalam
mengupayakan pemerataan pendidikan dasar dalam rangka wajib belajar 9 tahun
adalah ... .
a.
Menerapkan alternatif pelayanan
pendidikan, khususnya bagi masyarakat kurang beruntung
b.
Menghapus subsidi pendidikan
bagi sekolah swasta
c.
Membebaskan semua pungutan
pendidikan termasuk membebaskan bayar SPP
d. Mengurangi partisipasi masyarakat
dalam penyelenggaraan pendidikan
e.
Memberikan beasiswa kepada
semua siswa
36.
Pelaksanaan pembelajaran suatu mata
pelajaran yang didalamnya terkandung upaya untuk membekali siswa agar mampu
mandiri di dalam kehidupnya nanti, disebut pembelajaran dengan model ... .
a.
Life skill
b.
Tematik
c.
Matematik
d.
Realistik
e.
Kontekstual
37.
Badan yang mewadahi peranserta
masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu, pemerataan, dan efisiensi
pengelolaan pendidikan di kabupaten atau kota
disebut ...
a.
Dewan Nasional
b.
Dewan Daerah
c.
Dewan Pendidikan
d.
Komite Sekolah
e.
Manajemen Berbasis Sekolah
38.
Manajemen berbasis sekolah
merupakan gagasan yang menempatkan kewenangan pengelolaan sekolah dalam suatu
keutuhan entitas sistem dan di dalamnya terkandung adanya ... .
a. Sentralisasi kewenangan yang diberikan
kepada sekolah.
b. Desentralisasi kewenangan yang diberikan
kepada sekolah.
c.
Pembatasan wewenang sekolah.
d.
Peluang agar setiap sekolah
tidak bersaing sehat.
e.
Kebebasan menggunakan sistem
persekolahan.
39.
Inti dari manajemen sekolah
adalah kepemimpinan dalam mengelola sekolah, sehingga kepala sekolah perlu
menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan berikut, kecuali ... .
a.
Demokratis
b.
Kekeluargaan
c.
Kesederhanaan
d.
Sentralistik
e.
Kemandirian
40.
Dalam pelaksanaannya untuk
menampung aspirasi dan harapan yang merupakan kepentingan sekolah menurut
konsep manajemen sekolah ditampung oleh suatu wadah yang disebut komite
sekolah. Komite ini berfungsi ... .
a.
Menyusun rencana strategi
sekolah
b.
Melaksanakan proses
pembelajaran
c.
Mengadakan evaluasi terhadap
sekolah
d.
Mengangkat kepala sekolah
e.
Memberhentikan kepala sekolah
41.
Mutu diukur dari kinerja
produk, yaitu suatu kemampuan produk untuk memuaskan kebutuhan yang diinginkan.
Ditinjau dari sudut pandang ... .
a.
Pembuat produk
b.
Kualitas produk
c.
Penyedia rasa
d.
Pelaksanaan proses
e.
Pemakai produk
42.
Mengembangkan manajemen sekolah
harus realistis atau sesuai dengan kebutuhan dan kondisi sekolah, hal ini mengandung
arti berikut, kecuali ... .
a.
Jenis kegiatannya harus sesuai
tujuan
b.
Rumusan tujuan harus mengandung
harapan dapat dicapai
c.
Hasil harus lebih cepat
tercapai
d.
Sumber daya pelaksanaannya
harus menjamin terlaksananya kegiatan
e.
Jadwal kegiatan dapat dilaksanakan
secara efektif dan efisien
43.
Pengembangan sumberdaya manusia
melalui pelatihan sebelum memasuki dunia kerja pada dasarnya berfungsi untuk
... .
a.
Mengurangi kejenuhan bekerja
b.
Penyegaran agar produktifitas
terjamin
c. Peningkatan keterampilan untuk memasuki
dunia kerja
d.
Memenuhi aturan ketenaga kerjaan
e.
Menyamakan kemampuan tenaga
kerja baru
44.
Salah satu kebutuhan utama bagi
seorang guru dalam rangka meningkatkan proses pembelajaran adalah ... .
a.
Pelayanan Tata Usaha yang
memadai
b.
Peningkatan gaji
c.
Tersedianya fasilitas
d.
Peserta didik yang cerdas
e.
Peningkatan kompetensi diri
45.
Program pengembangan sumberdaya
manusia dikatakan berhasil apabila ... .
a.
Sesuai dengan harapan pekerja
b.
Tujuan tercapai
c.
Banyak tenaga kerja yang
direkrut
d.
Program pengembangan terlaksana
e.
Banyak pengguna mencari tenaga
kerja
46.
Dalam pelaksanaannya, seorang
kepala sekolah baru dapat melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pendidikan
disekolah sat itu dengan cara berikut, kecuali
... .
a.
Mengetes Tata Usaha
b.
Mewawancarai siswa, guru,
kepala sekolah, dan karyawan.
c.
Melakukan observasi kelas
d.
Mengkaji dokumen tertulis
e.
Mengecek kelengkapan fasilitas
47.
Berikut adalah hal-hal yang
harus diaudit terhadap tenaga kependidikan di sekolah, kecuali ... .
a.
Pendidik, pengelola, dan
penunjang
b.
Jumlah pendidik
c.
Kualifikasi pendidik
d.
Laboran dan pustakawan
e.
Hasil belajar peserta didik
48.
Pelaksanaan audit tenaga
kependidikan, seorang kepala sekolah harus mengkaji hal-hal berikut, kecuali
... .
a.
Kejelasan calon siswa baru yang
akan diterima sekolah
b.
Rasio guru dengan siswa
c. Relevansi latar belakang pendidikan dengan
yang akan diajarkan
d.
Kinerja kepala sekolah yang
kompeten
e.
Kinerja tenaga penunjang yang
memadai
49.
Berikut adalah hal-hal yang
harus diaudit berhubungan dengan manajemen sekolah, kecuali ... .
a.
Evaluai hasil belajar
b.
Kurikulum
c.
Dana
d.
Pengambilan keputusan
e.
Sumberdaya manusia
50.
Seorang kepala sekolah saat
mulai bertugas harus mengkaji hal-hal berikut, kecuali
a.
Visi,misi, dan tujuan sekolah
b.
Rasio guru dan siswa yang
memadai serta kualifikasinya
c.
Keterlaksanaan fungsi manajemen
secara utuh
d.
Penerapan kepemimpinan yang
visioner dan transformatif
e.
Memiliki administrasi yang
rapi, efektif, dan efisiensi
51.
Berikut adalah sarana dan
prasarana sekolah diaudit oleh kepala sekolah, kecuali ... .
a.
Jumlahnya
b.
Keindahannya
c.
Kualitasnya
d.
Kesesuaian dengan tuntutan
paedagogik
e.
Kemanfaatannya
52.
Dalam melaksanakan audit sarana
dan prasarana sekolah, seorang kepala sekolah harus mengkaji tersedianya sarana
dan prasarana untuk ... .
a. Koleksi sekolah dalam rangka kelengkapan
dokumentasi
b.
Memenuhi kepercayaan masyarakat
terhadap sekolah
c. Memenuhi tujuan sekolah dan tuntutan
paedagogik
d.
Asesori peralatan ruangan kelas
agar nampak indah
e.
Digunakan sebagai sumber
pendapatan sekolah
53.
Laporan evaluasi hasil belajar
yang berisi informasi tentang pencapaian kompetensi dasar yang telah ditetapkan
dalam kurikulum disebut laporan ... .
a.
Prestasi mata pelajaran
b.
Pencapaian hasil belajar
c.
Akademik akhir semester
d.
Akademik akhir tahun
e.
Kemajuan belajar
54.
Masalah-masalah atau hal-hal
berikut yang perlu dilaporkan sebagai hasil evaluasi, kecuali ... .
a.
Bagaimana siswa belajar di
sekolah?
b. Bagaimana siswa belajar di rumah?
c.
Apakah hasil belajar siswa
cukup baik?
d.
Sejauh mana peningkatan
kemampuan siswa dalam kurun waktu tertentu?
e.
Bantuan apa yang harus
dilakukan orang tua agar siswa berhasil belajar?
55.
Suatu kegiatan yang menyarankan
hubungan face to face antara guru dengan supervisor yang difokuskan pada
perilaku aktual guru di kelas disebut ... .
a.
Supervisi pendidikan
b.
Supervisi akademis
c.
Supervisi klinis
d.
Supervisi psikologis
e.
Supervisi sosiologis
56.
Berikut adalah jenis-jenis
pelayanan supervisi pendidikan, kecuali
... .
a.
Pengembangan kurikulum
b.
Pengembangan bahan-bahan
pelajaran
c.
Pengembangan penilaian
d.
Pengembangan kebijakan
pendidikan
e.
Pengembangan program in-service
57.
Supervisi
pendidikan dapat dilakukan dengan teknik individual. Di
antara teknik berikut yang bukan teknik individual adalah ... .
a.
Kunjungan kelas
b.
Lokakarya
c.
Intervisitation
d.
Self-evaluation
e.
Supervisory Bulletin
58.
Teknik supervisi yang lebih
diarahkan kepada komunikasi di antara
kepala sekolah dengan seluruh staf guru dalam rangka pembinaan sekolah
disebut teknik ... .
a.
Communication
b.
Commite
c.
Workshop
d.
Teacher meeting
e.
Field trips
59.
Berikut adalah jenis-jenis
teknologi informasi yang dimanfaatkan dalam pendidikan, kecuali ... .
a.
Internet
b.
Warnet
c.
Televisi
d.
Radio
e.
Video
60.
Berikut adalah dampak positif
pemanfaatan teknologi informasi, kecuali
... .
a.
Memperoleh data akurat
b.
Berkembang pesat
c.
Informasi tersebar dengan cepat
d.
Up to date
e.
Merusak budaya