Contoh Soal Soal Calon Kepala Sekolah 2008

SOAL :

1.      Kepala sekolah harus mampu menjalankan fungsinya sebagai edukator seperti kegiatan dibawah ini, kecuali
a.       mampu melaksanakan tugas sebagai guru
b.      mampu melakukan supervisi pembelajaran
c.       mampu membimbing staf karyawan
d.      mampu membimbing siswa
e.       mampu membina kerjasama dengan komite

2.  Seseorang mempunyai nilai kepemimpinan dapat dilihat dari kecenderungan sebagai berikut …
a.       pandai berpidato
b.      mampu menarik perhatian
c.       terampil mengambil keputusan
d.      memahami penderitaan orang lain
e.       bersikap tegas, tidak pandang bulu

3.      Staf memiliki kemampuan yang baik tetapi motivasi kurang , maka gaya kepemimpinan yang efektif adalah …
a.       kepemimpinan delegatif
b.      kepemimpinan partisipatif
c.       kepemimpinan instruktif
d.      kepemimpinan konsultatif
e.       kepemimpinan otoritatif

4.      Hambatan utama dalam penerapan manajemen perubahan sebuah sekolah adalah…
a.       ketiadaan dana
b.      dukungan otoritas
c.       budaya anggota
d.      kebijakan lembaga terkait
e.       tuntutan pelanggan

5.      Di bawah ini adalah contoh-contoh kompetensi kepala sekolah dalam kewirausahaan , kecuali
a.       menciptakan iklim kerja yang kondusif
b.      menganalisis dan memanfaatkan peluang
c.       melakukan promosi dan terobosan
d.      kemampuan mandiri untuk mencapai tujuan
e.       berani mengambil resiko

6.      Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dikembangkan menurut prinsip-prinsip berkut ini, kecuali...
a.       berpusat pada potensi perkembangan dan kebutuhan peserta didik dan lingkungan
b.      tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
c.       kepentingan otonomi daerah
d.      relevan dengan kebutuhan kehidupan
e.       menyeluruh dan berkesinambungan

7.      Pernyataan di bawah ini yang tidak termasuk landasan hukum dalam penerapan kurikulum tingkat satuan pendidikan adalah ...
a.       UU no 20 tahun 2003
b.      UU no 14 tahun 2005
c.       PP no19 tahun 2005
d.      Kepmen 22 tahun 2006
e.       Kepmen 23 tahun 2006

8.      Berikut ini Standar Nasional Pendidikan yang ditetapkan oleh BSNP , kecuali ...
a.       Standar Kelulusan
b.      Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
c.       Standar Proses
d.      Standar Sarana dan Prasarana
e.       Standar Penilaian Pendidikan

9.      Hak dimulainya pemberlakuan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan dimiliki oleh ...
a.       Kepala Sekolah
b.      Dinas Pendidikan Kecamatan
c.       Dinas Pendidikan kabupaten/kota
d.      Dinas Pendidikan Nasional
e.       Badan Standarisasi Nasional Pendidikan

10.  Kegiatan yang tidak termasuk pengembangan diri adalah ...
a.       olahraga prestasi
b.      pembiasaan
c.       bimbingan belajar
d.      kelompok ilmiah remaja
e.       program kecakapan hidup

11.  Pembelajaran remidial diperuntukkan bagi siswa yang ...
a.       lambat belajar
b.      belum tuntas
c.       underachiever
d.      nakal
e.       bermasalah

12.  Komponen silabus yang tidak perlu dibuat sendiri oleh guru adalah ...
a.       kompetensi dasar
b.      indikator
c.       kegiatan pembelajaran
d.      penilaian
e.       alokasi waktu

13.  Salah satu prinsip dalam pengembangan silabus adalah ...
a.       Tanggap terhadap perkembangan iptek
b.      Tanggap terhadap globalisasi
c.       Belajar sepanjang hayat
d.      Beragam dan terpadu
e.       Ilmiah

14.  Menurut Standar Nasional Pendidikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) minimal memuat ....
a.       SK , KD, indikator, kegiatan pembelajaran dan materi ajar
b.      SK, KD, indikator, Materi pokok, kegiatan pembelajaran dan penilaian
c.       Tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar
d.      SK,KD, Uraian Materi, kegiatan pembelajaran , dan Penilaian
e.       Tujuan pembelajaran , Materi pembelajaran, Metode , dan Penilaian

15.  Berikut ini adalah kegiatan perencanaan dalam pembelajaran tematik :
1.      membuat jaringan tema
2.      membuat silabus
3.      membuat indikator
4.      membuat pemetaan
5.      membuat RPP
Urutan kegiatan yang benar adalah :
a.       1-2-3-4-5
b.      3-4-1-2-5
c.       3-4-5-1-2
d.      1-4-3-2-5
e.       3-1-4-2-5

16.  Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merancang penilaian hasil belajar siswa, kecuali...
a.       mengacu kepada indikator dari kompetensi dasar
b.      menyesuaikan dengan pengalaman belajar
c.       menggunakan standar kriteria
d.      mempertimbangkan ketersediaan fasilitas
e.       menentukan tingkat kesukaran

17.  Yang bukan termasuk ciri dari penilaian kelas adalah ...
a.       menggunkan cara dan alat penilaian yang bervariasi
b.      saat penilaian siswa dalam suasana menyenangkan
c.       dapat menemukan kesulitan belajar siswa
d.      hasil penilaian berguna sebagai refleksi pembelajaran guru
e.       menentukan rangking dikelas

18.  Hal yang sebaiknya tidak dilakukan dalam penilaian portofilio yaitu ...
a.       harus karya asli siswa
b.      hal yang tak terpisahkan dengan proses pembelajaran
c.       hasil penilaian merupakan otoritas guru
d.      guru-siswa saling percaya
e.       hasil penilaian rahasia bersama guru-siswa

19.  Soal manakah di bawah ini yang menguji penguasaan konsep ...
a.       Berapakah suhu air mendidih ?
b.      Kapan perang Diponegoro terjadi ?
c.       Isilah   ½  +   ¼    =  ......
d.      Sebutkan ciri-ciri pasar tradisional !
e.       Apa tindakanmu jika temanmu mendapat kecelakaan ?

20.  Pengembangan profesi guru antara lain...
a.       membuat karya tulis ilmiah
b.      menemukan teknologi tepat guna
c.       membuat alat peraga pembelajaran
d.      mengikuti pengembangan kurikulum
e.       a,b,c,d, benar

21.  Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah tergolong penelitian ...
a.       dasar
b.      eksperimen
c.       terapan
d.      kausalitas
e.       korelasionalitas

22.  Penelitian Tindakan kelas memiliki karakteristik......., kecuali
a.       Adanya kolaborasi dalam pelaksanaanya
b.      Bertujuan meningkatkan kualitas proses pembelajaran
c.       Berdasar masalah yang dihadapi guru dalam pembelajaran
d.      Adanya siklus : perencanaan – tindakan – refleksi – perencanaan ulang
e.       Sampel penelitian di pilih secara acak

23.  Kegiatan memproses data observasi tindakan seperti menganalisis, mensintesis menafsirkan dan mengekplanasi dalam PTK adalah termasuk kegiatan ...
a.       perencanaan
b.      pelaksanaan
c.       refleksi
d.      validasi
e.       rekonstruksi

24.  Pemberian informasi tentang bahaya narkotika bagi pelajar merupakan salah satu implementasi dari fungsi bimbingan dan konseling, terutama fungsi ...
a.       pemahaman
b.      pengentasan
c.       pemeliharaan
d.      penyembuhan
e.       pencegahan

25.  Layanan bimbingan informasi ........, kecuali
a.       memperkenalkan fasilitas yang dimiliki sekolah
b.      memperkenalkan personil sekolah tugas dan tanggungjawabnya
c.       daftar karakteristik mata pelajaran yang akan diikuti
d.      strategi meningkatkan motivasi belajar
e.       sosialisasi peraturan perpustakaan sekolah

26.  Judul penelitian tindakan  yang relevan dengan tugas pokok dan fungsi kepala sekolah adalah ...
a.       Pengaruh pembelajaran tematik terhadap kemampuan calistung siswa kelas rendah di SD
b.      Hubungan kondisi sosial ekonomi orangtua  terhadap prestasi belajar siwa
c.       Peningkatan kompetensi dan kinerja guru melalui pemantapan program kerja KKG
d.      Teknologi Informasi, Inovasi dalam dunia pendidikan
e.       Pengaruh kualifikasi pendidikan dan  pengalaman mengajar guru terhadap kompetensi dan kinerja guru

27.  Berikut adalah tahap-tahap perkembangan mental atau intelektual siswa menurut teori Piaget, kecuali ... .
a.       Sensori motor
b.      Kongkrit
c.       Preoperasional
d.      Informal
e.       Formal

28.  Anak Sekolah Dasar menurut teori Piaget tahap berfikirnya masih ada pada tahap semi kongkrit, ini maksudnya adalah ... .
a.       Yang dipelajari akan dipahami bila menggunakan model benda asli
b.      Yang dipelajari akan dipahami bila menggunakan model abstrak
c.       Yang dipelajari akan dipahami walaupun tanpa perantara
d.      Yang dipelajari akan dipahami dengan mudah
e.       Yang dipelajari akan dipahami secara deduktif

29.  Metode atau pendekatan deduktif sesuai digunakan dalam pembelajaran untuk siswa yang tahap berfikirnya ... .
a.       Kongkrit
b.      Semi kongkrit
c.       Induktif
d.      Intuitif
e.       Abstrak

30.  Sebagai sub sistem dalam kegiatan pembelajaran, penilaian harus mampu memberikan informasi kepada guru untuk ... .
a.       Meningkatkan kemampuan mengajarnya
b.      Kepuasan orang tua
c.       Laporan kepada kepala sekolah
d.      Dokumen pribadi
e.       Digunakan naik pangkat

31.  Standar sarana dan prasarana pendidikan mencakup hal-hal berikut, kecuali ... .
a.       Tempat bermain
b.      Tempat berekreasi
c.       Tempat keluarga
d.      Tempat beribadah
e.       Tempat berolah raga

32.  Dalam penyelenggaraan pendidikan pengelolaan dana harus berdasarkan pada prinsip-prinsip berikut, kecuali ... .
a.       Keadilan
b.      Rahasia
c.       Efisiensi
d.      Transparansi
e.       Akuntabilitas publik

33.  Sebagai bentuk pertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan dalam rangka pengendalian, penjaminan, dan penetapan mutu pendidikan pada setiap jalur, jenjang, dan jenis pendidikan dilakukan ... .
a.       Evaluasi
b.      Koordinasi
c.       Inspeksi
d.      Pembinaan
e.       Pengawasan

34.  Kebijakan dan program pembangunan pendidikan dalam rangka mendukung pelaksanaan prioritas pembangunan nasional, yaitu ... .
a.       Membangun sarana dan prasarana
b.      Membangun ketahanan nasional
c.       Membangun institusi yang bersih
d.      Membangun kesejahteraan rakyat
e.       Membangun pemerintahan yang demokrasi

35.  Kebijakan pokok dalam mengupayakan pemerataan pendidikan dasar dalam rangka wajib belajar 9 tahun adalah ... .
a.       Menerapkan alternatif pelayanan pendidikan, khususnya bagi masyarakat kurang beruntung
b.      Menghapus subsidi pendidikan bagi sekolah swasta
c.       Membebaskan semua pungutan pendidikan termasuk membebaskan bayar SPP
d.      Mengurangi partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan
e.       Memberikan beasiswa kepada semua siswa

36.  Pelaksanaan pembelajaran suatu mata pelajaran yang didalamnya terkandung upaya untuk membekali siswa agar mampu mandiri di dalam kehidupnya nanti, disebut pembelajaran dengan model ... .
a.       Life skill
b.      Tematik
c.       Matematik
d.      Realistik
e.       Kontekstual

37.  Badan yang mewadahi peranserta masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu, pemerataan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan di kabupaten atau kota disebut ...
a.       Dewan Nasional
b.      Dewan Daerah
c.       Dewan Pendidikan
d.      Komite Sekolah
e.       Manajemen Berbasis Sekolah

38.  Manajemen berbasis sekolah merupakan gagasan yang menempatkan kewenangan pengelolaan sekolah dalam suatu keutuhan entitas sistem dan di dalamnya terkandung adanya ... .
a.       Sentralisasi kewenangan yang diberikan kepada sekolah.
b.      Desentralisasi kewenangan yang diberikan kepada sekolah.
c.       Pembatasan wewenang sekolah.
d.      Peluang agar setiap sekolah tidak bersaing sehat.
e.       Kebebasan menggunakan sistem persekolahan.

39.  Inti dari manajemen sekolah adalah kepemimpinan dalam mengelola sekolah, sehingga kepala sekolah perlu menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan berikut, kecuali ... .
a.       Demokratis
b.      Kekeluargaan
c.       Kesederhanaan
d.      Sentralistik
e.       Kemandirian

40.  Dalam pelaksanaannya untuk menampung aspirasi dan harapan yang merupakan kepentingan sekolah menurut konsep manajemen sekolah ditampung oleh suatu wadah yang disebut komite sekolah. Komite ini berfungsi ... . 
a.       Menyusun rencana strategi sekolah
b.      Melaksanakan proses pembelajaran
c.       Mengadakan evaluasi terhadap sekolah
d.      Mengangkat kepala sekolah
e.       Memberhentikan kepala sekolah

41.  Mutu diukur dari kinerja produk, yaitu suatu kemampuan produk untuk memuaskan kebutuhan yang diinginkan. Ditinjau dari sudut pandang ... .
a.       Pembuat produk
b.      Kualitas produk
c.       Penyedia rasa
d.      Pelaksanaan proses
e.       Pemakai produk

42.  Mengembangkan manajemen sekolah harus realistis atau sesuai dengan kebutuhan dan kondisi sekolah, hal ini mengandung arti berikut, kecuali ... .
a.       Jenis kegiatannya harus sesuai tujuan
b.      Rumusan tujuan harus mengandung harapan dapat dicapai
c.       Hasil harus lebih cepat tercapai
d.      Sumber daya pelaksanaannya harus menjamin terlaksananya kegiatan
e.       Jadwal kegiatan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien

43.  Pengembangan sumberdaya manusia melalui pelatihan sebelum memasuki dunia kerja pada dasarnya berfungsi untuk ... .
a.       Mengurangi kejenuhan bekerja
b.      Penyegaran agar produktifitas terjamin
c.       Peningkatan keterampilan untuk memasuki dunia kerja
d.      Memenuhi aturan  ketenaga kerjaan
e.       Menyamakan kemampuan tenaga kerja baru

44.  Salah satu kebutuhan utama bagi seorang guru dalam rangka meningkatkan proses pembelajaran adalah ... .
a.       Pelayanan Tata Usaha yang memadai
b.      Peningkatan gaji
c.       Tersedianya fasilitas
d.      Peserta didik yang cerdas
e.       Peningkatan kompetensi diri

45.  Program pengembangan sumberdaya manusia dikatakan berhasil apabila ... .
a.       Sesuai dengan harapan pekerja
b.      Tujuan tercapai
c.       Banyak tenaga kerja yang direkrut
d.      Program pengembangan terlaksana
e.       Banyak pengguna mencari tenaga kerja

46.  Dalam pelaksanaannya, seorang kepala sekolah baru dapat melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pendidikan disekolah sat itu dengan cara berikut, kecuali ... . 
a.       Mengetes Tata Usaha
b.      Mewawancarai siswa, guru, kepala sekolah, dan karyawan.
c.       Melakukan observasi kelas
d.      Mengkaji dokumen tertulis
e.       Mengecek kelengkapan fasilitas

47.  Berikut adalah hal-hal yang harus diaudit terhadap tenaga kependidikan di sekolah, kecuali ... .
a.       Pendidik, pengelola, dan penunjang
b.      Jumlah pendidik
c.       Kualifikasi pendidik
d.      Laboran dan pustakawan
e.       Hasil belajar peserta didik

48.  Pelaksanaan audit tenaga kependidikan, seorang kepala sekolah harus mengkaji hal-hal berikut, kecuali ... . 
a.       Kejelasan calon siswa baru yang akan diterima sekolah
b.      Rasio guru dengan siswa
c.       Relevansi latar belakang pendidikan dengan yang akan diajarkan
d.      Kinerja kepala sekolah yang kompeten
e.       Kinerja tenaga penunjang yang memadai

49.  Berikut adalah hal-hal yang harus diaudit berhubungan dengan manajemen sekolah, kecuali ... .
a.       Evaluai hasil belajar
b.      Kurikulum
c.       Dana
d.      Pengambilan keputusan
e.       Sumberdaya manusia

50.  Seorang kepala sekolah saat mulai bertugas harus mengkaji hal-hal berikut, kecuali
a.       Visi,misi, dan tujuan sekolah
b.      Rasio guru dan siswa yang memadai serta kualifikasinya
c.       Keterlaksanaan fungsi manajemen secara utuh
d.      Penerapan kepemimpinan yang visioner dan transformatif
e.       Memiliki administrasi yang rapi, efektif, dan efisiensi

51.  Berikut adalah sarana dan prasarana sekolah diaudit oleh kepala sekolah, kecuali ... .
a.       Jumlahnya
b.      Keindahannya
c.       Kualitasnya
d.      Kesesuaian dengan tuntutan paedagogik
e.       Kemanfaatannya

52.  Dalam melaksanakan audit sarana dan prasarana sekolah, seorang kepala sekolah harus mengkaji tersedianya sarana dan prasarana untuk ... .
a.       Koleksi sekolah dalam rangka kelengkapan dokumentasi
b.      Memenuhi kepercayaan masyarakat terhadap sekolah
c.       Memenuhi tujuan sekolah dan tuntutan paedagogik
d.      Asesori peralatan ruangan kelas agar nampak indah
e.       Digunakan sebagai sumber pendapatan sekolah

53.  Laporan evaluasi hasil belajar yang berisi informasi tentang pencapaian kompetensi dasar yang telah ditetapkan dalam kurikulum disebut laporan ... .
a.       Prestasi mata pelajaran
b.      Pencapaian hasil belajar
c.       Akademik akhir semester
d.      Akademik akhir tahun
e.       Kemajuan belajar

54.  Masalah-masalah atau hal-hal berikut yang perlu dilaporkan sebagai hasil evaluasi, kecuali ... .
a.       Bagaimana siswa belajar di sekolah?
b.      Bagaimana siswa belajar di rumah?
c.       Apakah hasil belajar siswa cukup baik?
d.      Sejauh mana peningkatan kemampuan siswa dalam kurun waktu tertentu?
e.       Bantuan apa yang harus dilakukan orang tua agar siswa berhasil belajar?

55.  Suatu kegiatan yang menyarankan hubungan  face to face antara guru dengan supervisor yang difokuskan pada perilaku aktual guru di kelas disebut ... .
a.       Supervisi pendidikan
b.      Supervisi akademis
c.       Supervisi klinis
d.      Supervisi psikologis
e.       Supervisi sosiologis

56.  Berikut adalah jenis-jenis pelayanan supervisi pendidikan, kecuali ... . 
a.       Pengembangan kurikulum
b.      Pengembangan bahan-bahan pelajaran
c.       Pengembangan penilaian
d.      Pengembangan kebijakan pendidikan
e.       Pengembangan program in-service

57.  Supervisi pendidikan dapat dilakukan dengan teknik individual. Di antara teknik berikut yang bukan teknik individual adalah ... .
a.       Kunjungan kelas
b.      Lokakarya
c.       Intervisitation
d.      Self-evaluation
e.       Supervisory Bulletin

58.  Teknik supervisi yang lebih diarahkan kepada komunikasi di antara  kepala sekolah dengan seluruh staf guru dalam rangka pembinaan sekolah disebut teknik ... .
a.       Communication
b.      Commite
c.       Workshop
d.      Teacher meeting
e.       Field trips

59.  Berikut adalah jenis-jenis teknologi informasi yang dimanfaatkan dalam pendidikan, kecuali ... .
a.       Internet
b.      Warnet
c.       Televisi
d.      Radio
e.       Video

60.  Berikut adalah dampak positif pemanfaatan teknologi informasi, kecuali ... .
a.       Memperoleh data akurat
b.      Berkembang pesat
c.       Informasi tersebar dengan cepat
d.      Up to date

e.       Merusak budaya