IMPLEMENTASI KETERLAKSANAAN SISTEM PENJAMINAN MUTU EKSTERNAL/TPMPD DI KABUPATEN/KOTA

Kabupaten Situbondo
1.      Situbondo merupakan pilot project kegiatan SPMP Prov Jawa Timur
2.      Sk tim dari kepala dinas pendidikan kab situbondo
3.      Alokasi anggaran untuk TPMPD tidak ada sampai tahun 2019, anggaran tahun 2020 sudah diajukan dan disetujui
4.      Keanggotaan: sekretaris dispendikbud, kabid pembinaan dasar, kasi sd smp, operator dinas pddkn, pengawas tk sd smp, KKKS/MKKS, fasda SPMI
5.      Integrasi dengan tim lain: tim uks, tim adiwiyata, tim gls, tim sekolah ramah anak, tim antinarkoba
6.      Karena tidak ada dana maka terintegrasi dengan tugas harian tim TPMPD masing-masing
7.      Kegiatan di sekolah melibatkan pengawas yang merupakan tugas harian pengawas
8.      Ketua tpmpd adalah kabid pendidikan dasar, kasi kasi masuk anggota TPMPD dan kadis sebagai penanggungjawab kegiatan secara umum
9.      Kendala : untuk sekolah imbas tidak ada anggaran khusus sehingga bermacam macam alasan ketika diminta memaparkan (kurang siap dsb) sehingga kadang hanya copi paste dari sekolah induk dan bukan berdasar kondisi real sekolah
10.  Kendala lain: koneksi internet kurang sempurna, karena sekolah harus UNBK maka ada upaya pemerintah untuk mengatasinya
11.  Praktek baik: memfasilitasi satuan pendidikan menyelesaikan permasalahan SNP, membantu pemerintah daerah menyusun peta mutu wilayah
12.  Situbondo merupakan daerah 3T
13.  Beberapa program diintegrasikan dengan tupoksi pengawas
14.  Dinas mengalokasikan anggaran untuk TPMPD tahun 2020 setelah melihat rekom TPMPD
15.  Rapor mutu daerah naik karena meminta para pengawas mencermati indikator2 rapor mutu yang nilainya rendah
16.  Koordinasi TPMPD di kab situbondo memang kurang, sehingga banyak rekomendasi TPMPD yang lepas.
17.  Kemitraan dengan lembaga lain include dengan tugas hariannya
18.  MGMP dianggarkan oleh pemda sesuai dengan masukan dari TPMPD (sesuai kebutuhan) dengan narasumber dari Provinsi
19.  Untuk MGMP diusulkan oleh TPMPD 8 kali pertemuan karena sebelumnya Cuma 4 kali pertemuan dan ga dapat apa-apa
 
 TPMPD Provinsi Jawa Timur Cabang Diknas wilayah Probolinggo
1.      TPMPD dibentuk berdasarkan SK kadisdik Prov Jatim yang beranggotakan TPMPD Cabang Dinas
2.      Alokasi anggaran belum ada
3.      Anggota tim: pengawas sekolah dan anggota cabang dinas pendidikan
4.      Peran TPMPD; mengawal pemetaan mutu, pemanfaatan data mutu dst
5.      Analisa capaian SNP pada peta mutu, terdapat kecenderungan peningkatan dari tahun 2016 sampai dengan 2018 (alur supervisi)
6.      Belum semua pengawas memiliki pemahaman yang sama tentang SPMI
7.      Mengatasi masalah: analisa capaian SNP pada peta mutu wilayah bersama pengawas Pembina masing-masing untuk bisa membuat rekomendasi kepada TPMPD Provinsi melalui optimalisasi peran kacabdin sebagai anggota TPMPD
8.      Melaksanakan FGD tentang pelaksanaan di TPMPS
9.      Strategi: analisa bersama pgws Pembina, meningkatkan kompetensi pengawas/penguatan kompentensi pgwas, meningkatkan spmi melalui forum FGD di TPMPS, memfasilitasi bidang manajeman dan akademik, mencari peluang dari perguruan tinggi ( ada program pengabdian masyarakat).
10.  Ketika niai akreditasi A tapi capaian SNP rapor mutu jelek,maka pengawas melakukan validasi pada sekolah binaan masing-masing yang memiliki capaian SNP rendah.
 
Kota Mojokerto
1.      Merupakan pilot project pertama nasional
2.      MOU dengan direktorat dan sudah 2x ganti walikota dan 3x ganti kadis
3.      Walikota dulunya merupakan ketua dewan pendidikan kota mojokerto
4.      TPMPD berusaha menterjemahkan visi dan misi kota melalui fasilitasi pelaksanaan pmp, …..
5.      Membuat jargon jargon dan dipajang
6.      Membangun komitmen operator
7.      Kolaborasi rakor kepala sekolah sd smp dan paud berdasarkan rapor mutu (pemahaman rapor mutu, validasi rapor mutu dengan melihat indikator mutu, review spmi dan instrument pmp, kerja kelompok, sd (I gugus per standar), smp kelompok akademis dan kelompok manajerial,presentasi pleno lanjut perumusan mkks/kkks
8.      Kesimpulan: terbentuknya budaya mutu di satuan pendidikan dan pemda, tersusunnya rekomendasi, strategi dan program peningkatan mutu
9.      Sekolah diusahakan ada spot selfi biar ga bosan…ada payung2 di gantung2