Indikator Keberhasilan Program UKS di Sekolah


INDIKATOR KEBERHASILAN UKS

A.   Pendidikan Kesehatan
No.
Pernyataan
1
2
3
4
Rubrik
1
Siswa mencuci tangan pakai sabun secara bersama di sekolah.




Nilai 1 jika tidak pernah dilakukan
Nilai 2 jika dilakukan 1 kali dalam 3-4 minggu
Nilai 3 jika dilakukan 1 kali dalam 2 seminggu
Nilai 4 jika dilakukan 1 kali/lebih dalam seminggu
2
Siswa menggosok gigi bersama disekolah.




Nilai 1 jika tidak pernah dilakukan
Nilai 2 jika dilakukan 1 kali dalam 3-4 minggu
Nilai 3 jika dilakukan 1 kali dalam 2 minggu
Nilai 4 jika dilakukan 1 kali/lebih dalam seminggu
3
Siswa sarapan dengan gizi seimbang secara bersama di sekolah.




Nilai 1 jika tidak pernah dilakukan
Nilai 2 jika dilakukan 1 kali dalam 3-4 minggu
Nilai 3 jika dilakukan 1 kali dalam 2 minggu
Nilai 4 jika dilakukan 1 kali/lebih dalam seminggu
4
Siswa minum air dalam jumlah cukup selama di sekolah (minimum 600 mL atau 3 gelas).




Nilai 1 jika tidak pernah dilakukan
Nilai 2 jika dilakukan 2-3 hari dalam seminggu
Nilai 3 jika dilakukan 4-5 hari dalam seminggu
Nilai 4 jika dilakukan setiap hari dalam seminggu
5
Siswa membaca materi kesehatan selama di sekolah.




Nilai 1 jika tidak pernah dilakukan
Nilai 2 jika dilakukan 1 hari dalam seminggu
Nilai 3 jika dilakukan 2 hari dalam seminggu
Nilai 4 jika dilakukan 3 - 5hari dalam seminggu
6
Siswa melakukanolah raga.




Nilai 1 jika tidak pernah dilakukan
Nilai 2 jika dilakukan 1hari dalam 3 seminggu
Nilai 3 jika dilakukan 1 hari dalam 2 seminggu
Nilai 4 jika dilakukan 1 atau lebih dalam seminggu
7
Sekolahmelaksanakan kegiatan ekstrakurikuler aktivitas fisik seperti bela diri, pramuka, dll.




Nilai 1 jika tidak pernah dilakukan
Nilai 2 jika dilakukan 1 kali dalam 3 minggu
Nilai 3 jika dilakukan 1 kali dalam 2 minggu
Nilai 4 jika dilakukan 1 kali/lebih dalam seminggu
8
Siswa mendapatkan pendidikan kesehatan reproduksi.




Nilai 1 jika tidak pernah dilakukan
Nilai 2 jika dilakukan 1 kali dalam 2 tahun
Nilai 3 jika dilakukan 1 kali dalam 1 tahun
Nilai 4 jika dilakukan 1 kali atau lebih dalam 6 bulan
9
Siswa mendapatkan materi pendidikan keterampilan hidup sehat (…)




Nilai 1 jika tidak pernah memperoleh
Nilai 2 jika memperoleh 1 kali/lebih dalam 3 bulan
Nilai 3 jika memperoleh 1 kali/lebih dalam 2 bulan
Nilai 4 jika memperoleh 1 kali/lebih dalam 1 bulan
10
Siswa peduli keselamatan diri dan hidup bersih (3 perilaku: tidak jajan sembarangan, tidak banyak main HP/game, menjaga kebersihan)




Nilai 1 jika tidak peduli semuanya
Nilai 2 jika peduli terhadap 1 perilaku
Nilai 3 jika peduli terhadap 2 perilaku
Nilai 4 jika peduli terhadap 3 perilaku
11
Siswa mendapatkan pembinaan dokter kecil.




Nilai 1 jika tidak pernah dilakukan
Nilai 2 jika dilakukan 1 kali dalam 3 minggu
Nilai 3 jika dilakukan 1 kali dalam 2 minggu
Nilai 4 jika dilakukan 1 kali/lebih dalam seminggu

B.   Pelayanan Kesehatan
No.
Pernyataan
1
2
3
4
Rubrik
1
Sekolah melaksanakan pengukuran tinggi badan berkoordinasi dengan Puskesmas.




Nilai 1 jika tidak pernah dilakukan
Nilai 2 jika dilakukan 1 kali dalam 3 tahun.
Nilai 3 jika dilakukan 1 kali dalam 2 tahun.
Nilai 4 jika dilakukan 1 kali atau lebih dalam setahun.
2
Sekolah melaksanakan pengukuran berat badan berkoordinasi dengan Puskesmas.




Nilai 1 jika tidak pernah dilakukan.
Nilai 2 jika dilakukan 1 kali dalam 3 tahun.
Nilai 3 jika dilakukan 1 kali dalam 2 tahun.
Nilai 4 jika dilakukan 1 kali atau lebih dalam setahun.
3
Sekolah berkoordinasi dengan Puskesmas dalam pelaksanaan imunisasi.




Nilai 1 jika tidak pernah dilakukan
Nilai 2 jika dilakukan 1 kali dalam 3 tahun.
Nilai 3 jika dilakukan 1 kali dalam 2 tahun.
Nilai 4 jika dilakukan 1 kali atau lebih dalam setahun.
4
Sekolah melaksanakan P3K/penanganan siswa sakit.
(memiliki 3 kriteria: prosedur operasi standar (SOP), perlengkapan P3K, koordinasi dengan orang tua/tenaga medis)




Nilai 1 jika tidak memiliki semuanya
Nilai 2 jika memiliki 1 kriteria
Nilai 3 jika memiliki 2 kriteria
Nilai 4 jika memiliki 3 kriteria
5
Sekolah berkoordinasi (bekerja sama) dengan Puskesmas dalam pemberian obat cacing.





Nilai 1 jika tidak pernah dilakukan.
Nilai 2 jika dilakukan 1 kali dalam 3 tahun.
Nilai 3 jika dilakukan 1 kali dalam 2 tahun.
Nilai 4 jika dilakukan 1 kali/lebih dalam setahun
6
Sekolah melaksanakan konseling kesehatan siswa.





Nilai 1 jika tidak pernah dilakukan
Nilai 2 jika dilakukan 1 kali dalam 3 minggu
Nilai 3 jika dilakukan 1 kali dalam 2 minggu
Nilai 4 jika dilakukan 1 kali/lebih dalam seminggu
7
Sekolah melaksanakan tes kebugaran fisik.





Nilai 1 jika tidak pernah dilakukan
Nilai 2 jika dilakukan 1 kali dalam 3 bulan
Nilai 3 jika dilakukan 1 kali dalam 2 bulan
Nilai 4 jika dilakukan 1 kali/lebih dalam sebulan
8
Sekolah memberitahukan hasil penjaringan kesehatan ke orangtua/wali.





Nilai 1 jika tidak pernah dilakukan
Nilai 2 jika dilakukan 1 kali dalam 3 tahun
Nilai 3 jika dilakukan 1 kali dalam 2 tahun
Nilai 4 jika dilakukan 1 kali/lebih dalam 1 tahun
9
Sekolah merujuk peserta didik yang sakit ke Puskesmas (contoh 3 kriteria: sudah berkoordinasi, fasilitas pendukung, kendaraan operasional)




Nilai 1 jika tidak memiliki semuanya
Nilai 2 jika memiliki 1 kriteria
Nilai 3 jika memiliki 2 kriteria
Nilai 4 jika memiliki 3 kriteria
10
Sekolah melakukan pemeriksaan kebersihan tubuh peserta didik (kuku, rambut, kulit, pakaian, dll).




Nilai 1 jika tidak pernah atau jarang dilakukan
Nilai 2 jika dilakukan 1 kali dalam 3 minggu
Nilai 3 jika dilakukan 1 kali dalam 2 minggu
Nilai 4 jika dilakukan 1 kali/lebih dalam seminggu

C.   Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat

No.
Pernyataan
1
2
3
4
Rubrik
1
Tersedia toilet yang bersih




Nilai 1 jika toilet tidak bersih dan berbau
Nilai 2 jika toilet kurang bersihdan berbau
Nilai 3 jika toilet cukup bersih dan masih berbau
Nilai 4 jika toilet bersih dan tidak berbau.
2
Sekolah memiliki kamar mandi/WC, yang terpisah antara laki-laki dan perempuan, dengan jumlah memadai (3 kriteria).




Nilai 1 jika tidak memiliki semuanya
Nilai 2 jika memiliki 1 kriteria
Nilai 3 jika memiliki 2 kriteria
Nilai 4 jika memiliki 3 kriteria
3
Sekolah memiliki sarana cuci tangan, dilengkapi air mengalir, dan sabun yang memadai (3 kriteria).





Nilai 1 jika tidak memiliki semuanya
Nilai 2 jika memiliki 1 kriteria
Nilai 3 jika memiliki 2 kriteria
Nilai 4 jika memiliki 3 kriteria
4
Sekolah memiliki air bersih dengan jumlah cukup, dan tersedia sepanjang waktu (3 kriteria).




Nilai 1 jika tidak memiliki semuanya
Nilai 2 jika memiliki 1 kriteria
Nilai 3 jika memiliki 2 kriteria
Nilai 4 jika memiliki 3 kriteria
5
Sekolah memiliki kebun yang terawat karena memiliki 3 aspek: jadwal perawatan, adanya bimbingan, dan melibatkan siswa.





Nilai 1 jika tidak memiliki kebun
Nilai 2 jika memiliki 1 aspek
Nilai 3 jika memiliki 2 aspek
Nilai 4 jika memiliki 3 aspek
6
Sekolah memiliki saluran pembuangan air kotor, yang berfungsi, dan tidak mengganggu lingkungan                    (memenuhi 3 kriteria).




Nilai 1 jika tidak memiliki semuanya
Nilai 2 jika memiliki 1 kriteria
Nilai 3 jika memiliki 2 kriteria
Nilai 4 jika memiliki 3 kriteria
7
Tersedia kantin bersih dan sehat.





Nilai 1 jika tidak tersediakantin.
Nilai 2 jika tersediakantin yang tidak bersih/sehat.
Nilai 3 jika kantin yang kurang bersih dan sehat.
Nilai 4 jika tersediakantin bersih dan sehat.
8
Terdapat sarana dan prasarana olah raga (memenuhi 3 kriteria: jumlah, keselamatan, dan kemudahan)





Nilai 1 jika tidak memiliki semuanya
Nilai 2 jika memiliki 1 kriteria
Nilai 3 jika memiliki 2 kriteria
Nilai 4 jika memiliki 3 kriteria
9
Terdapat peraturan sekolah tentang penerapan sekolah sebagai Kawasan Tanpa Rokok (KTR).
Sekolah memiliki peraturan dan mampu menerapkan Kawasan Tanpa Rokok (KTR).





Nilai 1 tidak memiliki peraturan dan belum mampu menerapkan KTR.
Nilai 2 memiliki peraturan tetapi belum menerapkan KTR.
Nilai 3 memiliki peraturan dan baru menerapkan sebagian KTR.
Nilai 4 jika sekolah memiliki peraturan dan telah menerapkan KTR.
10
Terdapat peraturan sekolah tentang penerapan sekolah sebagai Kawasan Tanpa NAPZA (KTN).
Sekolah memiliki peraturan dan mampu menerapkan Kawasan Tanpa NAPZA (KTN).





Nilai 1 jika tidak memiliki peraturan dan belum menerapkan KTN.
Nilai jika 2 memiliki peraturan tetapi belum menerapkan KTN.
Nilai 3 jika memiliki peraturan dan telah menerapkan sebagian KTN.
Nilai 4 jika sekolah memiliki peraturan dan telah menerapkan KTN.
12
Tersedia tempat sampah tertutup dan terpisah di sekolah.

Sekolah memiliki tempat sampah tertutup dan terpisah (organik dan nonorganik)





Nilai 1 jika tidak memiliki tempat sampah.
Nilai 2 jika memiliki tempat sampah terbuka dan tidak terpisah.
Nilai 3 jika memiliki tempat sampah terbuka tetapi terpisah.
Nilai 4 jika memiliki tempat sampah tertutup dan terpisah.

13
Terdapat dokumentasi kegiatan pemberantasan sarang nyamuk.
Sekolah memiliki program pemberantasan nyamuk dan terdokumentasi





Nilai 1 jika tidak memiliki program.
Nilai 2 jika memiliki program sesuai kebutuhan.
Nilai 3 memiliki program tetapi tidak terdokumentasi dengan baik.
Nilai 4 jika memiliki program dan terdokumentasi dengan baik.

14
Sekolah memiliki ruang kelas yang sehat (memenuhi 3 kriteria: bersih, cukup ventilasi, dan pencahayaan yang baik).





Nilai 1 jika tidak memiliki semuanya
Nilai 2 jika memiliki 1 kriteria
Nilai 3 jika memiliki 2 kriteria
Nilai 4 jika memiliki 3 kriteria
15.








D.   Pengelolaan UKS

No.
Pernyataan
1
2
Rubrik
1
Terdapat kegiatan UKS dalam Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS).


Nilai 1 jika tidak ada kegiatan UKS yang diprogramkan di RKAS.
Nilai 2 jika kegiatan UKS diprogramkan di RKAS.
2
Terdapat susunan Tim Pelaksana UKS.



Nilai 1 jika tidak terdapat Tim Pelaksana UKS
Nilai 2 jika terdapat susunan Tim Pelaksana UKS yang ditetapkan dengan SK oleh kepala sekolah.
3
Terdapat jadwal kegiatan UKS.



Nilai 1 jika tidak terdapat jadwal UKS
Nilai 2 jika terdapat jadwal kegiatan UKS
4
Tersedia rapor kesehatanku dan/atau terdapat buku bacaan lainnya tentang kesehatan.



Nilai 1 jika  tidak tersedia rapor kesehatanku, atau buku bacaan lainnya tentang kesehatan
Nilai 2 jika tersedia rapor kesehatanku, atau buku bacaan lainnya tentang kesehatan.
5
Terdapat Buku Pegangan Kesehatan bagi Guru/Wali Kelas.



Nilai 1 jika tidak terdapat Buku Pegangan Kesehatan
Nilai 2 jika terdapat Buku Pegangan Kesehatan bagi Guru/Wali Kelas
6
Terdapat buku Pedoman UKS bagi sekolah.


Nilai 1 jika tidak terdapat buku Pedoman UKS
Nilai 2 jika terdapat buku Pedoman UKS
7
Terdapat Buku Pegangan bagi Kader Kesehatan Sekolah.



Nilai 1 jika tidak terdapat Buku Pegangan bagi Kader Kesehatan Sekolah.
Nilai 2 jika terdapat Buku Pegangan bagi Kader Kesehatan Sekolah.
8
Terdapat Poster dan KIE Kesehatan.


Nilai 1 jika tidak terdapat poster/KIE Kesehatan
Nilai 2 jikaterdapat poster dan KIE Kesehatan
9
Terdapat guru pembina UKS terlatih UKS.



Nilai 1 jika tidak terdapat guru pembina UKS
Nilai 2 jika terdapat guru pembina UKS yang terlatih UKS
10
Kepala Sekolah Terorientasi UKS.



Nilai 1 jika kepala sekolah belum terorientasi UKS
Nilai 2 jika kepala sekolah sudah terorientasi UKS
11
Guru dan wali kelas terorientasi UKS.


Nilai 1 jika guru/wali kelas belum terorientasi UKS
Nilai 2 jika guru/wali kelas sudah terorientasi UKS
12
Partisipasi Komite Sekolah dan Orang Tua/Wali dalam pelaksanaan program UKS.


Nilai 1 jika tidak ada partisipasi komite dan orang tua/wali peserta didik.
Nilai 2 jika ada partisipasi komite dan orang tua/wali
13
Tersedia ruang atau pojok UKS.



Nilai 1 jika tidak ada ruang/pojok UKS
Nilai 2 jika terdapat ruang/pojok UKS
14
Terdapat kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) pelaksanaan UKS.


Nilai 1 jika tidak pernah dilakukan monev UKS
Nilai 2 jika dilakukan monev pelaksanaan UKS