Belajar Online Gratis Di Portal Rumah Belajar Kemdikbud


Rumah belajar , adalah portal yang di siapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mempermudah insan pendidikan untuk mengakses konten konten tentang pembelajaran secara online. Jika selama ini massif di iklankan tentang portal ruang guru yang berbayar, maka Portal Rumah Belajar adalah gratis sehingga di harapkan dapat di akses oleh lebih banyak insan pendidikan di tanah air.

Rumah Belajar berisi konten bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sebagai sumber media pembelajaran. Dengan jargon: Belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja, Rumah Belajar sangat mudah diakses. Begitu di-klik, langsung muncul halaman pertama dengan berbagai menu pilihan kelompok materi belajar. Pada menu Fitur Utama terdapat delapan kelompok konten, yaitu Sumber Belajar, Buku Sekolah Elektronik, Bank Soal, Laboratorium Maya, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan Kelas Maya. Sedangkan pada menu Fitur Pendukung terdapat tiga kelompok konten, yaitu Karya Guru, Karya Komunitas, serta Karya Bahasa dan Sastra. Ada pula materi pembelajaran yang terhimpun dalam Fitur Pendukung.

Selain itu, Rumah Belajar juga memberikan layanan ketersediaan sumber media pembelajaran dalam bentuk bahan belajar interaktif yang dilengkapi dengan media pendukung gambar, animasi, video dan simulasi, serta dalam bentuk buku digital. Konten-konten yang ada pada Rumah Belajar tersebut disediakan untuk berbagai tujuan, agar pendidik dan peserta didik dapat melaksanakan pembelajaran secara komprehensif.

Melalui sosialisasi secara terus menerus di harapkan portal rumah belajar akan menjadi semakin bermanfaat bagi insan pendidikan, bagi siswa yang pada masa sekarang sangat lekat pada gadget. Dengan demikian di harapkan proses pembelajaran dapat terus berlangsung di mana saja dan kapan saja sesuai dengan jargon Rumah Belajar “ Belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja”.

https://belajar.kemdikbud.go.id/