Paradigma dan Visi Guru Penggerak
Capaian Pembelajaran
Calon Guru Penggerak mampu memahami filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan melakukan refleksi kritis atas hubungan nilai-nilai tersebut dengan konteks pendidikan lokal dan nasional pada saat ini.
Calon Guru Penggerak mampu menjalankan strategi sebagai pemimpin pembelajaran yang mengupayakan terwujudnya sekolah sebagai pusat pengembangan karakter dengan budaya positif.
Calon Guru Penggerak
mampu mengembangkan dan mengkomunikasikan visi sekolah yang berpihak pada murid
kepada para guru dan pemangku kepentingan.
Topik Pembelajaran
- Filosofi Pendidikan Indonesia
- Nilai-nilai dan peran Guru
Penggerak
- Membangun visi sekolah
- Membangun budaya positif di
sekolah
Durasi
pembelajaran: Dua (2) bulan
Praktik Pembelajaran
Berpihak Pada Murid
Capaian Pembelajaran
Calon Guru Penggerak dapat mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi untuk mengakomodasi kebutuhan belajar siswa yang berbeda.
Calon Guru Penggerak mampu mengelola emosi dan mengembangkan keterampilan sosial yang menunjang pembelajaran.
CGP mampu melakukan praktik komunikasi yang memberdayakan sebagai keterampilan dasar seorang coach .
Calon Guru Penggerak
mampu menerapkan praktik coaching sebagai pemimpin
pembelajaran.
Topik Pembelajaran
- Pembelajaran berdifferensiasi
- Pembelajaran emosi dan sosial
- Coaching
Durasi pembelajaran: Dua (2) bulan
Pemimpin Pembelajaran
dalam Pengembangan Sekolah
Capaian Pembelajaran
Calon Guru Penggerak mampu melakukan praktik pengambilan keputusan yang berdasarkan prinsip pemimpin pembelajaran.
Calon Guru Penggerak mampu melakukan strategi pengelolaan sumber daya manusia, keuangan, waktu, dan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang berdampak pada murid.
Calon Guru Penggerak mampu merencanakan, mengorganisasikan, dan mengarahkan program perbaikan dan perubahan sekolah, serta memantaunya agar berjalan sesuai rencana dan mengarah pada tujuan.
Calon Guru Penggerak
mampu mengembangkan kegiatan berkala yang memfasilitasi komunikasi murid,
orangtua dan guru serta menyediakan peran bagi orangtua terlibat dalam proses
belajar yang berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran.
Topik Pembelajaran
- Pengambilan keputusan sebagai
pemimpin pembelajaran
- Pemimpin dalam pengelolaan
sumber daya
- Pengelolaan program yang
berdampak pada murid
Durasi
pembelajaran: Dua (2) bulan
Selebrasi, Kolaborasi,
Refleksi, Aksi
Capaian Pembelajaran
CGP merefleksikan perannya sebagai GP dan strategi yang telah dijalankan sebagai guru penggerak.
CGP berbagi praktik baik dengan rekan sejawat.
CGP membuat rencana tindak lanjut dan kolaborasi dengan rekan sejawat.
Calon guru penggerak
membuat rencana tindak lanjut dan berkolaborasi dengan rekan sejawat.
Topik Pembelajaran
- Menjadi fasilitator kelompok
dan perubahan
- Penyegaran topik-topik inti di
modul 1, 2, dan 3
- Mengevaluasi proses mentoring
bersama mentor
- Membagikan praktik baik
kepemimpinan pembelajaran.
Durasi pembelajaran: Tiga (3) bulan